Manfaat Kunyit Untuk Kulit

Indonesia memiliki begitu banyak rempah-rempah, salah satunya yaitu kunyit. Kunyit yang selama ini dikenal sebagai bumbu dapur oleh masyarakat ternyata bisa di jadikan sebagai bahan ramuan obat-obat tradisional dan juga jamu. Tak terhitung banyak manfaat kunyit untuk kulit. Hal ini terbukti dengan ekstrak kunyit yang dijadikan sebagai jamu maupun produk kecantikan seperti lotion.

Manfaat kunyit untuk kulit bersumber dari kandungan yang dimilikinya yaitu vitamin C, protein, karbohidrat, zat besi, fosfor dan kalsium. Kandungan inilah yang membuat banyak yang memanfaatkan sebagai obat tradisional seperti jamu dan digunakan oleh perusahaan dalam kemasan produk kecantikan.

manfaat-kunyit-untuk-kulit

Manfaat Kunyit Untuk Kulit

Disamping bermanfaat sebagai bahan dasar jamu, kandungan Vitamin C yang terdapat pada kunyit sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit secara alami dan berguna untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh menjadi lancar. Apabila metabolisme pada tubuh lancar, maka sel dalam tubuh yang sudah tua akan tergantikan dengan sel yang baru sehingga kulit akan kelihatan lebih cerah. Pembakaran kalori juga akan lebih cepat apabila metabolism dalam tubuh berjalan lancar sehingga dapat menurunkan berat badan dan membantu bentuk tubuh yang ideal.

Khasiat kunyit untuk kulit dari kandungan antioksidan yang ada didalamnya bisa menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Cara membuat lotion dari kunyit yaitu sebagai berikut :

  1. Kupas kunyit kemudian bersihkan.
  2. Kunyit yang telah bersih tersebut di haluskan.
  3. Kunyit yang telah halus campur dengan perasan air jeruk nipis , minyak zaitun , susu dan madu.
  4. Tambahkan mentega atau tepung agar terbentuk lotion.
  5. Oleskan pada bagian kulit yang rusak secara teratur dan tidak berlebihan. Diamkan sejenak kemudian bilas dengan air hangat.

Lotion kunyit ini bisa mengatasi kulit kasar dan kering terutama pada bagian siku dan tumit. Manfaat tambahan lainnya yaitu mencerahkan kulit anda.

Dari uraian sehat di atas, maka tidak mengherankan apabila banyak masyarakat yang masih peduli dengan obat tradisional akan memanfaatkan kunyit sebagai bahan dasar dalam pembuatannya. Disamping sangat mudah untuk dibudidayakan, harga dari kunyit juga sangat terjangkau. Dalam hal bahan baku pembuatan obat tradisional, bahan baku kunyit termasuk tidak kekurangan.

Untuk itu bagi anda yang ingin mencoba manfaat kunyit untuk kulit, anda bisa mencoba cara tersebut. Semoga informasi mengenai manfaat kunyit untuk kulit di atas bisa bermanfaat bagi anda.




Tags: