Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Kunyit adalah salah satu tanaman rempah-rempah yang banyak tumbuh di Indonesia yang biasanya digunakan untuk memberi warna pada makanan serta untuk bahan pengawet. Selain itu, manfaat kunyit untuk kesehatan sangat banyak. Kunyit dapat dibuat sebagai jamu untuk menyehatkan badan yang diantaranya adalah sebagai obat anti kejang, untuk mengurangi pembengkakan pada selaput lendir mulut dan dapat juga digunakan untuk menyembuhkan gatal-gatal. Manfaat lain dari kunyit untuk kesehatan yaitu bisa digunakan untuk membuat salep sebagai obat penyembuh bengkak dan juga terkilir, serta menyembuhkan hidung tersumbat.

Manfaat Kunyit Untuk kesehatan

Berikut khasiat kunyit bagi kesehatan yang perlu anda ketahui :

Kunyit

Manfaat Kunyit Sangat Banyak Untuk Kesehatan

1. Mengobati penyakit tifus

Cara untuk meramu rempah-rempah tersebut untuk menyembuhkan penyakit tifus adalah dengan menumbuknya sampai halus dan dilengkapi dengan bahan lain seperti batang sereh dan daun sambito untuk menambah keefektifan dari ramuan ini.

Setelah kunyit dihaluskan kemudian ramuan tersebut dicampur dengan 1 gelas air panas kemudian saringlah air tersebut sampai bersih. Lalu minumlah setiap hari selama kurang lebih 1 minggu. Dan anda akan mendapatkan khasiat kunyit untuk kesehatan.

2. Mengobati diabetes

Kunyit dapat mengobati penyakit diabetes karena memiliki kandungan zat kurkumin yang bisa mengurangi resistansi insulin pada tubuh. Sehingga kadar glukosa dalam darah mudah di kendalikan sehingga dapat menetralisir resiko serangan diabetes.

3. Untuk pengobat anemia

Anemia dapat berangsur-angsur berkurang dengan mengkonsumsi kunyit. Dikarenakan kandungan zat besi didalamnya sangat tinggi sehingga anemia akan mudah untuk disembuhkan.

4. Untuk pengobat Alzheimer

Dari kandungan zat yang memiliki anti inflamasi dan antioksidan yang ada pada kunyit, maka Alzheimer atau penyakit yang dapat memperlambat ingatan seseorang ini akan dapat teratasi dengan baik.

5. Untuk mengobati panas dalam

Cara pengolahan ramuan tersebut yaitu dengan menyediakan kunyit yang sudah dikupas kulitnya dengan bersih, kemudian parut kunyit lalu seduh dengan air panas dengan ditambahkan gula merah secukupnya sebagai pemanis rasa getir kunyit, peras dan saring, kemudian minum selagi masih hangat.

6. Sebagai penyembuh luka

Senyawa antibakteri dan antiseptik yang terkandung dalam rempah kunyit ini dapat menjadi desinfektan yang sangat ampuh untuk menyembuhkan luka pada kulit, seperti luka bakar dan lainnya.

7. Mengatasi keputihan wanita

Cara mengatasi keputihan yang memiliki bau yang tak sedap yaitu dengan menggunakan perasan air kunyit yang dicampur dengan asam, daun beluntas dan gula aren secukupnya. Cara penggunaanya yaitu dengan diminum setiap hari satu gelas. Dengan demikian masalah keputihan yang anda alami akan berangsur-angsur sembuh.

8. Mengatasi kanker

Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh manusia adalah dapat mengatasi penyakit yang paling ditakuti dan mematikan, yaitu kanker. Dengan memiliki kandungan senyawa kurkumin maka akan dapat menangkal bakteri yang akan menjadi sel kanker pada tubuh manusia.

9. Mengobati penyakit kulit atau gatal-gatal

Untuk mengobati penyakit kulit atau garat-gatal, anda bisa meramunya dengan cara kunyit tersebut yang dikombinasikan dengan biji cengkih dan bunga melati. Kemudian ketiga bahan tersebut ditumbuk atau di blender sampai halus, lalu gunakan untuk mengolesi gatal-gatal pada kulit anda.

Konsumsi kunyit sebaiknya dalam takaran yang cukup, jangan terlalu berlebihan. Karena jika terlalu berlebihan akan dapat menimbulkan efek samping. Semoga info kesehatan mengenai manfaat kunyit untuk kesehatan dan pengolahannya di atas bisa menambah wawasan pembaca. Salam sehat.




Artikel ini memuat topik:
penetralisir kunyit getir ;