Manfaat Kentang Untuk Diet

Manfaat kentang untuk diet perlu diketahui bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Kentang memiliki nama ilmiah Solanum Tuberosum L dan termasuk dalam suku Solonaceae. Tanaman ini banyak dijumpai dan dibudidayakan di Indonesia.

Manfaat kentang untuk diet berasal dari kandungan gizi yang terdapat didalamnya. Kentang menjadi salah satu makanan menurunkan berat badan terbaik. Manfaat kentang akan begitu terasa bilamana disajikan dalam bentuk kentang rebus.

Kandungan Gizi Kentang

Apa kandungan gizi kentang itu? Untuk mengetahuinya simak berikut ini :

kentang

1. Serat, Lemak, Protein, kalori

Kentang yang di rebus baik dikupas maupun tidak dikupas akan menghasilkan kandungan berupa gula alami, serat, lemak, protein dan kalori yang sangat membantu di dalam tubuh manusia.

2. Vitamin

Untuk mendapatkan vitamin C yang sempurna pada kentang, dianjurkan dalam merebusnya jangan di kupas terlebih dahulu. Karena apabila kentang di kupas terus direbus maka akan terjadi penyusutan sampai setengah dari kandungan vitamin C nya.

Selain vitamin C di dalam kentang rebus juga terdapat vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk mengurai lemak dan karbohidrat dari makanan, pembentukan sel darah, dan juga dapat mengurai energi di dalam protein.

3. Mineral

Kandungan mineral dalam kentang rebus berupa magnesium, fosfor dan potassium. Kandungan mineral ini bermanfaat untuk membangun fungsi otot, jaringan syaraf dan kesehatan tulang.

Dari kandungan gizi yang terdapat pada kentang, maka sangat tepat jika anda gunakan sebagai makanan diet alami. Khasiat kentang untuk diet akan lebih bagus jika disajikan dalam dalam bentuk kentang rebus.

Manfaat Kentang Untuk Diet

Manfaat kentang rebus untuk diet tersebut diantaranya yaitu :

1. Menghilangkan Lemak

Salah satu kandungan dalam kentang rebus berfungsi menyerap lemak dan membuangnya lewat kotoran. Sehingga sangat bagus untuk program diet.

2. Menahan Lapar

Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi sangat cocok untuk program diet. Untuk mendapat hasil yang lebih maksimal, maka kentang dianjurkan untuk di rebus atau di panggang jangan di goreng. Karena kalau di goreng maka akan menyebabkan kandungan lemak dalam kentang akan meningkat. Dengan asupan karbohidrat yang banyak bisa menahan lapar bagi yang mengkonsumsi kentang tersebut.

3. Memberikan Energi

Kentang menghasilkan energi yang dapat di gunakan untuk melakukan berbagai macam aktifitas manusia sehingga jangan risau apabila mau diet menggunakan kentang nantinya tidak memiliki kekuatan untuk beraktivitas.

4. Tidak Mudah Tergiur Makanan

Apabila mengkonsumsi kentang maka perut akan terasa penuh karena sifat dari daging kentang atau sari kentang ini akan memenuhi dari isi perut. Sehingga tidak heran bila setelah mengkonsumsi kentang dengan kandungan kalori yang sangat tinggi tidak tergoda oleh makanan lain karena sudah merasa kenyang.

5. Memudahkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat di dalam kentang dapat membantu dalam sistem pencernaan tubuh.

6. Tubuh Tetap Fit

Banyak kandungan yang ada di dalam kentang yang dapat membuat tubuh tetap segar dan fit. Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi di tambah dengan kandungan vitamin B dan Vitamin C sangat membantu pada tubuh manusia.

7. Mengatasi Rasa Lapar

Kandungan air pada kentang juga sangat banyak bisa membantu untuk menunda makan dan mampu menahan lapar sehingga program diet akan lebih maksimal.

Dari manfaat kentang untuk diet di atas, ada sebagian orang yang mengganti kentang sebagai makanan pokok. Selain itu ada istilah diet dengan kentang dalam upaya mendapatkan tubuh langsing. Kentang juga merupakan bahan dasar yang sangat di cari dalam program diet. Namun perlu di ingat juga bagaimana caranya memanfaatkan kentang sebagai program diet agar lebih maksimal hasilnya. Semoga info kesehatan ini dapat bermanfaat bagi pembaca.




Tags: