Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Manfaat kencur untuk kesehatan sudah diketahui oleh orang tua zaman dahulu. Nah bagi anda yang belum tahu khasiat kencur, temukan cara meramu Khasiat Kencur Bagi Kesehatan tubuh manusia. Khasiat kencur sudah teruji oleh berbagai penelitian dalam menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit.

Kencur sering digunakan dalam jamu karena memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Kencur merupakan tanaman obat tradisional yang banyak mengandung alkoloid yang berguna untuk stimulan dan minyak astiri. Di dalam minyak astiri sendiri terdapat beberapa kandungan yaitu alkaloid dangom, bomeol, asam anisat, etil ester asammetil kanil, sineol, asammetil kanil, asam sinamat, dan paraeumarin. Sebagai tanaman obat tradisional, kencur digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Berikut ini khasiat kencur bagi kesehatan tubuh dan cara meramunya :

1. Masuk angin

Penggunaan kencur untuk masuk angin dengan cara dimakan langsung yang di tambah dengan sedikit garam. Setelah itu minum satu gelas air putih. Akan lebih bagus apabila dilakukan dalam sehari sebanyak 2 kali.

2. Sakit kepala

Mengobati sakit kepala dengan daun kencur, yaitu dengan cara tumbuk kencur hingga halus kemudian dioleskan pada dahi.

kencur

3. Influenza pada bayi

Kencur dan daun kemukus ditumbuk halus kemudian di kasih air hangat. Setelah itu dioleskan ke sekitar hidung.

4. Radang lambung

Cara mengobati radang lambung dengan kecur yaitu terlebih dahulu Kencur yang sudah dikuliti kemudian di bersihkan. Setelah bersih langsung dikunyah. Air kunyahan itu di telan sedangkan ampasnya dibuang. Dilanjutkan dengan minum air putih . Cara tradisional ini bisa dilakukan sampai sembuh.

5. Batuk

Manfaat kencur untuk mengobati batuk yaitu terlebih dahulu kencur diparut dan ditambah air hangat. Parutan kencur kemudian di peras. Air perasan ini ditambahi dengan sedikit garam kemudian bisa langsung di minum sebagai obat batuk tradisional.

6. Diare

Cara mengobati diare dengan kencur, yaitu pada bagian perut diolesi ramuan kencur. Ramuan ini bisa di dapat dengan memarut kencur kemudian diberi sedikit air. Setelah itu diperas dan hasil perasan di kasih sedikit garam.

7. Membersihkan darah kotor

Cara membersihkan darah kotor dengan menggunakan kencur yaitu dengan meminum ramuan 2 kali sehari secara rutin. Namun untuk membersihkan darah kotor adalah dengan merebus kencur yang di campur dengan cengkih kering, daun trengguli dan sedikit adas peluwaras. Setelah mendidih kemudian di saring. Air saringan ini merupakan ramuan untuk membersihkan darah kotor.

8. Keseleo

Kencur yang dicampur dengan rendaman beras yang dihaluskan dan dicampur sedikit air bisa jadi ramuan untuk keseleo. Ramuan ini dioleskan pada bagian yang keseleo.

9. Mata pegal

Dengan cara menggosok pada kelopak mata dengan kencur yang sudah dibelah. Belahan kencur yang pakai adalah pada bagian yang masih basah.

10. Memperlancar haid

Manfaat kencur yang satu ini sudah digunakan sejak lama. Ramuan kencur yang digunakan memperlancar haid sama seperti ramuan yang di pakai untuk membersihkan darah kotor. Supaya lebih maksimal ramuan kencur di minum secara rutin sehari sebanyak 2 kali.

11. Menghilangkan lelah

Dengan meminum ramuan dari bahan dasar kencur. Ramuan ini bisa didapat dengan cara merebus kencur yang di campur dengan cabai beras yang telah di sangrai dan air secukupnya. Setelah air mendidih kemudian saring. Air saringan ini telah menjadi ramuan untuk penghilang rasa lelah.

12. Alat KB tradisional

Ramuan untuk KB tradisional bisa meracik sendiri dengan cara kencur, kunyit putih, daun sirih dan kunyit di haluskan dan tambahkan sedikit air panas, setelah itu dip eras airnya. Hasil perasan ini di tambahi sedikit air kapur sirih. Ramuan ini akan bekerja maksimal apabila di minum rutin dalam seminggu sebanyak 2 kali.

13. Mempercepat anak untuk bisa jalan

Ramuan ini terdiri dari kencur, daun kemangi dan beras yang di tumbuk secara halus. Hasil tumbuhan kemudian di kasih sedikit air dan setelah itu diperas. Air perasan ini dalam sehari di minum sebanyak 3 kali.

Banyak sekali manfaat kencur untuk dunia pengobatan. Jadi keberadaan kencur tidak bisa diabaikan lagi. Demikian info kesehatan mengenai beberapa khasiat dan manfaat kencur bagi kesehatan tubuh, semoga menginspirasi keluarga sehat anda.




Artikel ini memuat topik:
kencur ; manfaat minum perasan kencur ; manfaat kencur di tambah garam ; manfaat minum perasan air kencur ; Apa manfaat minum perasan air kencur ; manfaat kencur bila dimakan langsung ; Cara membuat ramuan kencur untk anak yg lum bs jln ; Khasiat minum air kencur ;