Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh sangat banyak. Kayu manis memiliki tiga jenis yaitu kayu manis ceylon, saigon dan cassia. Jenis kayu manis ceylon memiliki rasa yang lebih manis dan lembut dibandingkan dengan jenis lain. Kayu manis jenis Ceylon memiliki warna coklat muda. Sedangkan kayu manis jenis lain seperti saigon yang masih family dari kayu manis cassia ini memiliki rasa yang lebih manis dari kayu manis jenis cassia dan harganya pun paling mahal. Selain itu kayu manis cassia sendiri memiliki tekstur rasa yang kurang manis dibandingkan dengan jenis saigon dan memiliki warna coklat yang cenderung dominan gelap.

Manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh sudah dirasakan oleh nenek moyang kita. Rempah kayu manis merupakan salah satu rempah yang banyak dicari oleh ahli pengobatan zaman dahulu, seperti yang tertulis dalam buku pengobatan kuno di negeri China. Manfaat kayu manis untuk pengobatan juga sudah digunakan olah masyarakat Mesir Kuno. Pada abad pertengahan rempah-rempah seperti kayu manis ini juga sudah sangat dikenal oleh masyarakat Eropa dan menjadi salah satu produk perdagangan unggulan. Penghasil utama tanaman kayu manis dari jenis cassia adalah Indonesia, Vietnam, dan China. Sedangkan penghasil kayu manis dari jenis ceylon adalah India, Srilanka, Madagaskar, Brazil, dan Kepulaun Karibia.

Untuk perawatan agar tetap dapat digunakan sampai 1 tahun lamanya, kayu manis harus di simpan pada tempat yang aman, tertutup yang kedap udara dan juga pada tempat yang gelap. Tetapi untuk rempah kayu manis yang sudah dihaluskan biasanya akan tidak tahan terlalu lama setelah beberapa bulan dalam penyimpanannya, bubuk kayu manis ini akan hilang rasanya atau hambar. Dan jika anda ingin memiliki kayu manis yang lebih awet, anda harus membeli batangan dan disimpan seperti yang telah diterangkan di atas.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan antara lain :

kayu-manis

Kayu Manis Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

1. Mengatasi gangguan pencernaan, flu, dan kram

Di negara seperti India dan China sudah lama mempercayai akan khasiat dan manfaat kayu yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit mulai dari penyakit ringan sampai penyakit kronis. Beberapa penyakit yang dapat diobati oleh kayu manis antara lain gangguan pencernaan, flu dan juga kram.

2. Meningkatkan vitalitas pria

Manfaat rempah kayu manis juga dapat untuk meningkatkan kebugaran, menambah energi, untuk memperlancar sirkulasi darah dan obat vitalitas pria. Berbagai khasiat kayu manis terjadi karena zat yang terkandung dalamnya yaitu senyawa organik cinnamaldehyde.

3. Obat asam urat

Ekstrak yang terkandung pada kayu manis jenis cassia ini sudah melampaui dari ramuan herbal lainnya dari China tentang kegunaanya untuk mengatasi asam urat. Karena ekstraknya dapat sangat efektif melawan bakteri asam urat, apalagi jika dicampur dengan madu asli, akan lebih mujarab dalam proses penyembuhanya.

4. Sebagai obat diabetes tipe 2

Intisari dari kayu manis ini memang efektif sekali untuk meningkatkan metabolisme glukosa hingga 20 kali sehingga dapat memuluskan regulasi gula darah secara signifikan yang dapat menurunkan kadar gula darah yang meningkat.

5. Baik untuk kesehatan jantung, usus, dan menghindari dari ancaman penyakit kanker

Manfaat kayu manis lainnya yaitu untuk menyehatkan jantung dan menghindari penyakit leukemia, kanker usus besar dan penyakit lainnya. Untuk menggunakanya cukup mudah, yaitu hanya mencampurkan sedikit kayu manis pada masakan atau minuman anda. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi kayu manis karena malah akan dapat menjadi racun yang membahayakan metabolisme tubuh kita.

Demikian manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat bagi pembaca. Baca juga uraian sehat lain tentang manfaat buah manggis dan semangka.