Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Tanaman kacang hijau adalah jenis polong-polongan yang mengandung nutrisi gizi yang sangat penting bagi kesehatan anda. Kandungan gizi kacang hijau meliputi asam folat, vitamin A, vitamin B1, protein, omega 3, omega , fosfor, serat, kalium. Dengan kandungan gizi tersebut, tak heran manfaat kacang hijau untuk kesehatan tak perlu diragukan lagi.

Tentunya masyarakat sudah tak asing lagi dengan kacang hijau. Dan untuk menemukannya juga sangat mudah karena banyak terdapat di warung-warung di pasaran. Kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai variasi makanan seperti kue, onde-onde, es kacang hijau, bubur kacang hijau, pudding, sereal. Namun yang perlu anda ketahui, manfaat kacang hijau untuk kesehatan akan optimal jika kita tidak merebusnya terlalu matang. Merebus kacang hijau terlalu matang hanya akan membuat kandungan nutrisi menjadi hilang sehingga manfaatnya pun tidak bisa anda rasakan.

Manfaat kacang hijau Untuk kesehatan

Beberapa khasiat kacang hijau bagi kesehatan antara lain :

kacang-hijau

Kacang Hijau Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1. Untuk mengobati kolerterol

Dengan kandungan lemak tak jenuh dan kalori yang ada dalam kacang hijau akan dapat menurunkan kadar kolesterol yang naik pada tubuh seseorang yang mengkonsumsinya. Untuk mencegah kolesterol, sebaiknya anda rutin makan kacang hijau setiap harinya.

2. Untuk menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang terkandung dalam kacang hijau dapat menjaga kesehatan mata sekaligus mencegah infeksi pada mata. Konsumsi kacang hijau juga dianjurkan bagi anda yang sedang dalam proses penyembuhan luka pasca operasi.

3. Dapat mengatasi kanker usus

Dengan kandungan serat tinggi pada kacang hijau dapat membersihkan pencernaan dari bakteri dan zat racun. Manfaat kacang hijau disini adalah menetralisir gangguan pencernaan sehingga terhindar dari penyakit kanker usus.

4. Untuk kesehatan ibu hamil dan janin

Dokter kandungan menyarankan untuk ibu hamil agar rutin mengkonsumsi kacang hijau. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan janin yaitu untuk memperoleh asupan nutrisi untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Nutrisi kacang hijau yang diperlukan oleh ibu hamil yaitu asam folat, vitamin B1, vitamin B2, karbohidrat, kalsium, lemak tak jenuh, protein dan fosfor.

5. Dapat melancarkan aliran darah

Lemak jenuh yang terdapat pada arteri akan hilang jika kita sering makan kacang hijau sehingga peredaran darah akan lancar.

6. Dapat berguna sebagai anti-oksidan

Dengan kandungan nutrisi dan vitamin pada kacang hijau, maka dapat membantu Anda dalam mencegah penuaan dini dan terhindar dari penyakit kanker yang mematikan.

7. Untuk meningkatkan sistem syaraf

Dengan memiliki kandungan vitamin B1, ekstrak kacang hijau bermanfaat untuk kesehatan sistem syaraf.

8. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Dengan adanya kandungan kalsium dan fosfornya, kacang hijau juga dapat menjaga dan membantu regenerasi pembentukan tulang dan gigi anda.

9. Menyembuhkan luka dan memperhalus kulit

Selain kacang hijau nya sendiri, ternyata air rebusan dari kacang hijau mengandung khasiat yaitu dapat menyembuhkan luka dan menghaluskan kulit.

Nah itulah khasiat makan kacang hijau bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga info tentang manfaat kacang hijau untuk kesehatan dapat bermanfaat bagi pembaca. Baca juga uraian sehat lain tentang manfaat buah kesemek.




Artikel ini memuat topik:
kacang hijau untuk ibu pasca oprasi ; kacang hijau untuk penyembuhan luka operasi ;