Manfaat Daun Sirih Untuk Gigi

Manfaat daun sirih untuk gigi sudah tidak diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan pemanfaatan ekstrak daun sirih untuk produk perawatan kesehatan gigi dan mulut. Tanaman sirih mempunyai nama Latin Piper Betle. Sejak zaman dahulu daun sirih memiliki banyak manfaat dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Dalam dunia kesehatan, yang paling dikenal dari khasiat daun sirih adalah untuk mengobati sakit gigi. Berbagai gangguan gigi dapat di atasi dengan menggunakan daun sirih.

Manfaat daun sirih untuk gigi terbukti dari kebiasaan orang tua dalam melakukan aktivitas “nyirih”. Nyirih adalah aktifitas bermanfaat untuk kesehatan gigi. Kebanyakan dari orang yang memiliki kebiasaan “nyirih” akan memiliki gigi yang sehat dan utuh meskipun sudah lanjut usia. Hal ini merupakan suatuh bukti dari khasiat daun sirih untuk kesehatan gigi. Meskipun rasa daun sirih itu pahit, namun bagi sebagian orang yang sudah memiliki kebiasaan nyirih akan menikmati daun sirih.

manfaat-daun-sirih-untuk-gigi

Selain itu daun sirih juga memiliki aroma khas karena mengandung minyak esensial yaitu terpen, fenol, dan kavikol. Minyak esensial dari daun sirih berfungsi sebagai antiseptik alami untuk membunuh bakteri. Fenol dan kavikol terbukti sebagai antibakteri yang kekuatannya 3x lebih ampuh daripada senyawa fluoride. Selain itu berbagai studi juga membuktikan jika daun sirih dapat bermanfaat sebagai anti bakteri, anti jamur, mencegah diabetes, dan anti inflamasi.

Banyak sekali khasiat daun sirih untuk gigi. Bahkan beberapa riset telah membuktikan jika seseorang yang rutin mengunyah daun sirih maka giginya akan sehat. Setelah kita mengetahui banyak sekali manfaat daun sirih, maka tidak heran jika saat ini banyak sekali produk-produk kesehatan dan kecantikan yang menggunakan daun sirih sebagai bahan utamanya. Dalam hal ini yang berkaitan dengan kesehatan gigi adalah produk pasta gigi dari ekstrak daun sirih dan obat kumur.

Manfaat daun sirih untuk gigi bukan hanya mitos belaka, semuanya sudah dapat dibuktikan kebenarannya secara medis. Jadi jangan ragu lagi jika anda mengalami gangguan pada gigi anda, carilah daun sirih terlebih dahulu sebelum menggunakan obat-obatan kimia. Berbeda dengan menggunakan obat-obatan kimia, mengobati sakit gigi dengan menggunakan daun sirih tidak memiliki efek samping. Dan yang paling penting anda akan mendapatkan efek positif tambahan, karena dengan menggunakan daun sirih untuk mengobati sakit gigi anda, anda juga dapat membersihkan mulut dari bakteri dan bau mulut.

Terlepas dari berbagai manfaat daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut, ada persepsi masyarakat jika mengonsumsi sirih dapat menyebabkan kanker dalam rongga mulut. Namun pernyataan itu tidak sepenuhnya benar. Kebanyakan orang mengonsumsi sirih dengan tambahan kapur, pinang dan tembakau. Bahan-bahan itulah yang menjadi penyebab kanker bukan karena daun sirih, jadi pakai saja daun sirih untuk mengobati gigi dan mulut.

Demikian info kesehatan tentang manfaat daun sirih untuk gigi, semoga menambah wawasan anda dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jangan ragu untuk menggunakan sirih sebagai obat alami untuk kesehatan gigi dan mulut yang terbukti efektif.