7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Manfaat daun singkong untuk kesehatan, singkong merupakan salah satu tanaman yang ada di Indonesia. Kandungan karbohidrat yang tinggi menjadikan singkong sebagai salah satu alternatif makanan pokok bagi sebagian masyarakat. Saat ini singkong sudah banyak diolah menjadi berbagai variasi masakan yang enak, seperti keripik hingga makanan olahan singkong lainnya.

Dari berbagai variasi menu masakan yang ada, ada yang mengambil daun singkong sebagai bahan masakan. Rasa daun singkong yang punya cita rasa khas membuat banyak orang yang menyukainya. Selain rasanya yang enak, ternyata terdapat sejumlah manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui oleh pembaca.

daun-singkong

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Di bawah ini terdapat beberapa manfaat daun singkong untuk kesehatan :

1. Mengobati Penyakit Stroke

Daun singkong memiliki banyak kandungan isoflavon yang baik untuk mencegah penyakit stroke.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Daun singkong mengandung vitamin A dalam dosis yang tinggi, oleh sebab itu daun singkong sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain memiliki kandungan vitamin A, daun singkong juga kaya vitamin C. Hal ini sangat baik untuk membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi daun singkong terbukti memperbaiki metabolisme tubuh dan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

4. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah gangguan tulang belakang yang akan mempengaruhi postur tubuh, biasanya terjadi ketika seseorang sudah menginjak usia kepala tiga. Namun dengan mengonsumsi daun singkong, hal tersebut dapat dihindari. Daun singkong memiliki kandungan fosfor dan juga kalsium. Kedua hal tersebut adalah kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

Baca: Jenis penyakit kelainan pada tulang

5. Mencegah Penuaan Dini

Masalah penuaan dini kadang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang terutama kaum wanita. Berbagai cara dilakukan supaya dapat mencegah penuaan dini. Nah cara mudah melawan penuaan dini kenapa tidak mencoba dengan konsumsi daun singkong? Selain tidak berdampak negatif seperti operasi plastik, daun singkong punya sejumlah khasiat yang dapat mencegah penuaan dini dan membuat anda awet muda.

Baca : Khasiat bawang merah

6. Mengobati luka

Khasiat daun singkong yaitu dapat menyembuhkan luka. Daun singkong dapat mempercepat penyembuhan luka. Hal ini karena daun singkong kaya akan serat dan zat besi. Kedua zat tersebut diperlukan untuk membantu penyembuhan luka dan meminimalisir bekas luka.

7. Mengobati rematik

Daun singkong memiliki kandungan fosfor dan kalsium tinggi sehingga baik untuk kesehatan tulang dan persendian. Oleh sebab itu daun singkong dapat berfungsi untuk menyembuhkan penyakit rematik dan gangguan sendi lainnya.

Baca: Inilah beda asam urat dan rematik

Demikian tujuh manfaat daun singkong untuk kesehatan, masih banyak lagi sebenarnya khasiat daun singkong yang lainnya. Mulai saat ini ubah persepsi anda mengenai daun singkong sebagai makanan kampungan. Semoga informasi kesehatan ini bermanfaat untuk pembaca.