Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan – Daun seledri merupakan salah satu daun yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit yang terbilang berbahaya dan menjaga tubuh agar tetap memiliki stamina yang fit.

Apa saja manfaat daun seledri untuk kesehatan ? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut. Kita ketahui terlebih dahulu kandungan daun seledri.

Tanaman seledri merupakan tanaman yang rendah kalori, dimana pada daun seledri hanya mengandung 16 kalori per 100 gram dan memiliki kandungan serat tidak larut, sehingga berkhasiat dapat menurunkan berat badan dan kolesterol dalam darah. Daun seledri juga kaya antioksidan flavonoid seperti zea xanthin, lutein, dan beta karoten. Fungsi Flavanoid adalah sebagai pelindung tubuh, meningkatkan imunitas tubuh dan pencegahan kanker.

Seledri juga merupakan salah satu makanan sumber vitamin A. Vitamin A dan antioksidan flavonoid diperlukan untuk menjaga kesehatan selaput lendir sehat dan kulit, dan mata. Selain vitamin A, daun seledri juga mengandung asam folat, riboflavin, niasin, dan vitamin C yang penting untuk kesehatan metabolisme tubuh kita.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Manfaat seledri untuk kesehatan antara lain sebagai berikut :

a. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun seledri yang paling mujarab adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk seseorang yang mengalami gejala pusing yang terus menerus di kepala bagian belakang, biasanya akan memicu tekanan darah untuk naik dan gejala tersebut adalah merupakan tanda-tanda dari penyakit darah tinggi dan ini sangat berbahaya jika tidak dengan segera untuk ditangani, karena akan dapat berdampak pada penyakit jantung dan juga stroke.

daun-seledri

Nah dengan menggunakan mengkonsumsi tanaman seledri akan dapat menangkal semua itu yang akan menjadikan tekanan darah pada tubuh akan normal kembali.

Cara meramunya daun seledri sebagai obat hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah :

  1. Siapkan daun seledri kurang lebihnya 100 gram.
  2. Bersihkanlah dengan air yang benar-benar bersih atau lebih baiknya dengan menggunakan air yang mengalir langsung dari kran agar terjaga kebersihanya. Kemudian haluskanlah dengan di tumbuk atau di blender.
  3. Kemudian setelah itu siapkan air bersih sebanyak 100 mili untuk memasaknya hingga mendidih.
  4. Setelah agak dingin atau hangat, saring dan minumlah sampai habis.

b. Mengobati Rematik, Asam Urat, dan Kejang-kejang

Khasiat tanaman seledri selain daunya yang dapat digunakan untuk kesehatan, bagian lain seperti biji atau buahnya juga dapat bermanfaat untuk menurunkan penyakit rematik, asam urat dan juga kejang-kejang. Dan untuk akarnya juga sangat berkhasiat untuk merangsang enzim pada pencernaan.

c. Menghitamkan Rambut

Daun seledri ini hampir sama bagusnya dengan khasiat yang dimiliki urang-aring dalam hal untuk menghitamkan rambut. Memang sudah terbukti dan tak perlu diragukan lagi manfaat daun seledri untuk menghitamkan rambut dan juga menyehatkanya. Bagi anda yang suka merawat rambut di salon agar tapak lebih hitam berkilau dengan biaya yang mahal, sekarang cobalah dengan ramuan yang cukup murah dan hemat dengan menggunakan ramuan daun seledri untuk menghitamkan rambut anda yang kusam.

d. Menyuburkan Rambut

Bagi anda yang mengalami kerontokan rambut pastinya ingin memiliki rambut kembali normal dan lebat kembali seperti sedia kala. Dengan menggunakan bahan alami seperti seledri juga dapat efektif untuk menyuburkan rambut anda kembali selain dari lidah buaya yang sudah terkenal ampuh dalam menyuburkan rambut. Untuk anda yang mengalami kerontokan yang parah sebaiknya gunakanlah air perasan daun seledri ini secara teratur minimal dua hari sekali untuk membilas rambut.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga info kesehatan di atas bisa menginspirasi kesehatan dan kecantikan alami anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.