4 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Daun salam sering digunakan ibu rumah tangga sebagai penambah rasa kelezatan masakan, karena memiliki aroma khas yang harum. Kegunaan daun salam tidak hanya sekedar untuk masakan saja. Karena berdasarkan penelitian, terdapat manfaat daun salam untuk kesehatan. Daun Salam dapat digunakan sebagai ramuan obat tradisional untuk kesehatan tubuh dari penyakit seperti asam urat, hipertensi, dan kolesterol.

Beberapa penelitian menghasilkan adanya kandungan beberapa mineral dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Tetapi khasiat daun salam ini sebetulnya sudah sering dimanfaatkan oleh nenek moyang kita untuk mengobati beberapa penyakit yang kini telah terbukti berdasarkan hasil riset. Bagi anda yang ingin tahu manfaat daun salam untuk kesehatan, simak dibawah ini.

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

1. Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan gangguan pada organ dalam yang menyerang persendian pada tulang. Kebanyakan penyakit ini akan menyerang para manula atau manusia lanjut usia. Dan ini sangat membahayakan akan kebugaran para manula tersebut jika tidak dengan segera di atasi.

Obat alternatif asam urat selain resep dari dokter ataupun obat generik adalah dengan menggunakan daun salam. Karena zat yang terdapat ada daun salam dapat meringankan rasa sakit pada persendian dan menurunkan kadar daripada asam urat. Cara menggunakannya adalah dengan merebus daun salam sampai mendidih, disaring, kemudian minumlah secukupnya. Lakukan secara rutin agar penyakit asam urat anda segera sembuh.

daun-salam

2. Hipertensi Atau Darah Tinggi

Dengan kandungan mineral yang ada pada daun salam, akan dapat melancarkan sirkulasi darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh kita. Sehingga akan dapat menurunkan hipertensi atau tekanan darah yang naik atau tinggi. Semakin efektif jika dalam mengkonsumsi daun salam ini dicampur dengan daun sambiloto. Caranya adalah dengan merebus daun salam dan daun sabiloto bersamaan sampai mendidih. Setelah itu saring dan minumlah rutin setiap hari, dan anda akan merasakan khasiatnya.

3. Kesehatan mata

Banyak sekali manfaat yang dimiliki daun salam untuk kesehatan yang tak terkecuali adalah untuk mengobati mata yang sakit serta menjaganya dari penyakit. Caranya dalam menggunakan daun salam yakni dengan merebusnya sampai mendidih kemudian teteskan pada mata dan usapkan pada area mata anda secara rutin sampai infeksi tersebut sembuh.

4. Menyehatkan pencernaan

Selain sebagai pelengkap bumbu masakan, daun salam dengan kandungan vitamin dan mineralnya juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare. Minum air rebusan daun salam dengan dicampur sedikit garam pada saat anda sedang merasakan sembelit ataupun diare.

Manfaat air rebusan daun salam juga dapat mengatasi kadar kolesterol pada tubuh. Vitamin dan mineral yang ada akan merangsang kolesterol sehingga akan menjadi normal kembali. Jadi bagi anda yang mengalami atau menderita kolesterol, disarankan untuk rutin mengkonsumsi air rebusan daun salam sebagai langkah penyembuhan. Demikian informasi manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh. Semoga info kesehatan ini bermanfaat bagi pembaca.