Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan sangat banyak. Daun pepaya juga sering dijadikan menu makanan bagi keluarga. Dalam pohon pepaya, terdapat dua bagian yang dapat diambil bagi kesehatan kita yaitu buah dan daun pepaya. Di tulisan kali ini akan dibahas khasiat daun pepaya bagi kesehatan.

Rasa daun pepaya terbilang biasa-biasa saja. Namun ada manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat. Apa saja khasiat daun pepaya itu ? Yuk kita baca uraian sehat dibawah ini.

daun-pepaya

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Berikut merupakan khasiat daun pepaya bagi kesehatan, yaitu :

1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Dalam satu gelas jus daun pepaya memiliki 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain. Senyawa karpain berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri, jamur dan cacing. Daun pepaya juga memiliki kandungan senyawa tanin. Fungsi Tanin yaitu menghindari cacing menempel pada dinding usus. Dengan demikian, fungsi daun pepaya dapat mencegah penyakit usus.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri, jus daun pepaya juga dapat meningkatkan imun tubuh. Kemampuan daun pepaya untuk melawan virus sangat luar biasa, salah satunya dalam hal mengobati virus flu biasa. Cara mengobati flu biasa salah satunya dengan mengonsumsi jus daun pepaya secara teratur.

3. Mencegah Penyakit Malaria

Berdasarkan penelitian terbaru, Manfaat daun pepaya terbukti dapat mencegah malaria. Caranya dengan membuat jus daun pepaya yang diminum sebagai obat malaria tradisional.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Daun pepaya merupakan daun yang kaya serat. Kita tahu bahwa serat merupakan nutrisi yang dibutuhkan dalam sistem pencernaan. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi dan pepaya secara teratur, akan memperlancar sistem pencernaan pada tubuh anda. Tidak hanya itu, daun pepaya juga dapat digunakan sebagai obat sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

5. Mengurangi Nyeri Haid

Perempuan pada jaman dahulu bahkan sudah menggunakan sari daun pepaya untuk mengurangi rasa nyeri ketika datang bulan. Teori itu telah dibuktikan dalam dunia medis modern. Tidak perlu diragukan lagi manfaat daun pepaya untuk mengurangi nyeri haid.

6. Mengobati Jerawat

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia seperti organ dalam dan lain sebagainya. Daun pepaya juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah seperti mengobati jerawat. Daun pepaya kaya akan vitamin A dan vitamin C yang sangat baik untuk kecantikan wajah anda.

7. Anti kanker

Penelitian telah membuktikan jika daun ppaya memiliki kandungan enzim anti kanker. Enzim ini mencegah pertumbuhan sel-sel kanker hingga mencegah munculnya benjolan tumor, terutama pada rahim. Jadi daun pepaya memiliki khasiat mencegah kanker, khususnya kanker rahim dan juga kanker-kanker lainnya.

8. Mencegah Penyakit Katarak

Daun pepaya memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, sehingga sangat bagus untuk kesehatan mata. Disamping itu daun pepaya juga dapat menurunkan kolesterol, dimana kolesterol yang terlalu tinggi dapat menimbulkan penyakit katarak.

Itulah informasi mengenai manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, rutinlah dalam berolahraga dan cukupi kebutuhan istirahat anda. Jangan lupa mencukupi kebutuhan harian nutrisi anda.