Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Manfaat cengkeh untuk kesehatan – Cengkeh banyak terdapat di Indonesia karena memang sudah terkenal sejak jaman dahulu. Kebanyakan masyarakat umum mengetahui cengkeh hanya sebatas sebagai campuran dalam pembuatan rokok. Padahal masih banyak manfaat yang terkandung di dalam cengkeh. Bahkan masyarakat Eropa dahulu datang ke Indonesia karena tertarik cengkeh sebagai rempah-rempah dalam bumbu dapur. Selain dipakai buat bumbu dapur untuk orang Indonesia juga memanfaatkan cengkeh sebagai bahan untuk obat herbal.

Senyawa utama penyusun cengkeh adalah senyawa eugenol (72-90%) penyusun minyak atsiri cengkeh. Eugenol pula lah yang menjadikan aroma cengkeh begitu khas. Eugenol mempunyai sifat antiseptik dan anestetik. Selain eugenol, minyak atsiri cengkeh juga mengandung senyawa asetil eugenol, beta-caryophyllene, dan vanilin. Terdapat pula tanin, asam galotanat, metil salisilat (zat penghilang nyeri), asam krategolat, flavonoid (eugenin, kaemferol, rhamnetin, dan eugenitin), triterpenoid (asam oleanolat, stigmasterol, dan kampesterol), serta seskuiterpen. Kandungan vitamin Cengkeh antara lain vitamin A, B, D, dan E. Selain itu, terdapat kandungan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, zinc, fiber, gula, karbohidrat. Karena begitu banyak kandungan cengkeh, maka manfaat cengkeh untuk kesehatan sangat banyak sekali.

manfaat-cengkeh-untuk-kesehatan

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Berikut beberapa khasiat manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Sumber Energi

Cengkeh mempunyai kandungan kalsium dan magnesium yang merupakan serat yang bagus dan juga bisa memasok energi dalam tubuh manusia.

2. Anti Bakteri dan Anti Jamur

Dalam kandungan cengkeh bisa melawan bakteri yang dapat menimbulkan kerusakan di dalam perut. Kandungan eugenol dalam cengkeh sangat efektif untuk melawan jamur pada kulit.

3. Analgesik

Kandungan minyak cengkeh bisa menjadi obat penahan rasa sakit.

4. Mengatasi Mual

Dengan kandungan yang dimiliki cengkeh berguna untuk mengatasi mual. Untuk mengobati mual bisa menggunakan ramuan cengkeh yaitu cengkeh, gula aren dan asam jawa di rebus dengan air sampai mendidih dan tinggal setengah airnya. Ramuan ini di minum selagi hangat.

5. Mencegah Stroke

Kandungan eugenol yang ada di dalam cengkeh bisa membantu mencegah stroke dan mencegah pembekuan dalam darah.

6. Mencegah Kanker

Khasiat cengkeh di yakini dapat membantu mencegah kanker saluran pernafasan, kanker kulit dan paru-paru.

7. Obat Rematik

Kandungan flavanoid yang terdapat di cengkeh memiliki fungsi anti inflamasi yang dapat membantu dalam penyembuhan penyakit rematik. Fungsi akspektoran dari cengkeh juga dapat mengobati saluran pernafasan.

8. Obat Nyamuk

Cengkeh dapat digunakan sebagai obat pengusir nyamuk alami. Caranya letakkan di ruangan yang bernyamuk, dengan aroma cengkeh yang menyengat mampu mengusir nyamuk baik malaria, demam berdarah dan nyamuk lainnya.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cengkeh sangat baik untuk membatu dalam peningkatan daya tahan tubuh sehingga bisa melawan berbagai macam penyakit.

10. Obat Sakit Gigi

Minyak atsiri cengkeh dapat dimanfaatkan untuk mengobati rasa nyeri pada saat sakit gigi. Untuk sakit gigi berlubang bisa menggunakan minyak cengkeh yang di teteskan ke kapas kemudian di masukkan ke lobang gigi.

11. Menebalkan Alis

Bunga cengkeh kering di bakar sampai hangus setelah itu di tumbuk sampai halus dan di kasih minyak kemiri secukupnya. Ramuan ini bisa di pakai untuk alis agar lebih hitam. Ramuan tersebut di oleskan ke alis setiap sore hari.

12. Mengobati Penyakit Campak

Bunga cengkeh direndam dengan air hangat selama semalam. Setelah itu di kasih sedikit gula bat uterus diaduk. Di minum setiap hari secara teratur, bisa mengobati penyakit campak.

13. Memperkuat Lambung Dan Usus

Cengkeh kering dapat langsung di kunyah sampai halus dan minyaknya bisa langsung di telan. Cara ini mampu menambah jumlah darah putih, memperkuat lambung dan lender usus.

14. Mengobati Sinusitis

Cengkeh kering apabila di giling sampai terbentuk bubuk dan bubuk cengkeh ini bisa mengatasi sinusitis. Cara pakainya yaitu dengan meniupkan bubuk cengkeh memakai sedotan.

15. Mengatasi Sakit Kepala Dan Migrain

Ramuan cengkeh dapat dapat dijadikan sebagai obat sakit kepala dan migrain. Caranya yaitu cengkeh pala, kayu manis dan merica ditumbuk secara halus kemudian di seduh dengan menggunakan air hangat.

16. Mencegah Ejakulasi Dini

Cengkeh bisa digunakan sebagai obat ejakulasi dini herbal dan obat impotensi. Sifat afrodisiak yang terdapat di dalam cengkeh bermanfaat untuk mencegah ejakulasi dini dan menambah gairah pasutri.

Dalam ilmu pengobatan tradisional Tiongkok, disebutkan bahwa Cengkeh (Ding Xiang) mempunyai sifat pedas, hangat, aromatik yang dapat menjaga kehangatan pada ginjal dan energi panas tubuh. Bagi ibu hamil, cengkeh juga bermanfaat dalam mengatasi keluhan ibu hamil seperti morning sickness. Demikian informasi kandungan, khasiat, manfaat cengkeh untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.




Tags: