6 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Penting bagi anda untuk mengetahui apa manfaat buah tomat untuk kesehatan. Buah tomat memiliki nama ilmiah licopersicum esculentum, pertama kali di temukan di Benua Amerika. Pohon tomat sekarang sudah dibudidayakan di banyak tempat termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah banyak petani yang membudidayakan tanaman tomat sebagai salah satu komoditas pertanian. Buah ini mudah dijumpai di pasar-pasar baik tradisional maupun modern, karena buah berwarna merah ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk keperluan sayuran, buah, dan diolah dalam bentuk jus tomat.

Manfaat buah tomat untuk kesehatan sangat luar biasa. Kebutuhan akan tomat tidak terlepas dari kandungan yang ada pada buah tomat itu sendiri. Kandungan yang terdapat pada tomat antara lain adalah kalsium, vitamin A, kalori, vitamin C, protein, lemak dan karbohidrat. Dilihat dari kandungan yang ada pada buah tomat, maka pembaca dapat melihat begitu banyak khasiat buah tomat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Buah-Tomat

Khasiat buah tomat untuk kesehatan yaitu :

1. Menjaga kesehatan mata

Salah satu kandungan yang terdapat pada buah tomat adalah vitamin A. Mata manusia sangat membutuhkan vitamin A sehingga dapat mengkonversi sinyal molekul yang diterima oleh retina untuk diubah menjadi bentuk gambar. Dalam perubahan ini, vitamin A sangat diperlukan. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan mata seperti katarak.

2. Mencegah penggumpalan darah

Apabila darah dalam tubuh menggumpal, maka akan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan stroke. Penggumpalan darah dalam tubuh manusia akan menghambat proses sirkulasi peredaran darah. Untuk itu perlu dipastikan agar peredaran darah normal.

Nah, tomat bermanfaat dalam mencegah penggumpalan darah karena dalam setiap buah tomat terdapat zat yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah. Zat tersebut berada di gel yang berwarna kuning di luar biji tomat.

3. Antioksidan

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan menangkal berbagai macam virus penyakit maka diperlukan sistem imunitas tubuh yang baik. Salah satu manfaat buat tomat untuk kesehatan adalah menjaga kekebalan tubuh karena buah ini memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Fungsi anti oksidan yang ada pada buah tomat bisa dilihat dengan adanya kandungan lycopene di dalamnya. Lycopene (Likopen) berfungsi sebagai penghancur radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia seperti polusi udara, asap rokok dan senyawa kimia lainnya. Sehingga radikal bebas itu bisa hilang dan bersih di dalam tubuh manusia. Fungsi lycopene lainnya yaitu sebagai pencegah dalam kerusakan sel yang bisa berakibat terjadinya penyakit kanker rahim, kanker lambung, kanker prostat, penyakit usus besar dan tenggorokan.

4. Anti Inflamasi

Inflamasi atau radang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti jerawat, diabetes, luka, dan kanker. Untuk mencegah penyakit tersebut bisa mengkonsumsi buah tomat sebagai asupan makanan setiap harinya.

5. Mencegah wasir dan sembelit

Dalam buah tomat terdapat banyak serat yang bermanfaat dalam membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Apabila sistem pencernaan lancar maka penyakit wasir dan sembelit bisa kita hindari.

6. Meningkatkan jumlah produksi sperma

Zat lycopene pada buah tomat juga berfungsi sebagai penambah dalam memproduksi jumlah sperma pada pria. Sehingga buah tomat merupakan salah satu buah atau obat alami kesuburan pria.

Itulah 6 manfaat buah tomat untuk kesehatan. Jangan lupa untuk menghidangkan tomat sebagai salah satu buah yang patut dikonsumsi oleh keluarga anda karena khasiat tomat bagi kesehatan sangat penting. Baca juga artikel uraian sehat tentang makanan sumber vitamin E.