Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Manfaat buah semangka untuk kesehatan sangat banyak. Konsumsi buah semangka dapat menyegarkan tubuh setelah dehidrasi akibat olah raga. Buah semangka pertama kali di temukan di Afrika bagian selatan dengan kondisi wilayahnya yang setengah gurun. Dengan kondisi wilayah tersebut, buah semangka bisa dibudidayakan di lahan kering dengan sinar matahari yang memadai. Oleh sebab itu budidaya buah semangka harus di lahan terbuka dengan pancaran sinar matahari langsung.

Buah semangka muda berwarna hijau dengan bergaris-garis. Apabila sudah masak akan berubah warna menjadi kuning. Dengan kulit yang lumayan tebal, buah semangka akan tetap segar isinya. Isi dari semangka berwarna dan memiliki banyak biji diantara daging buah buahnya. Buah semangka kaya akan kandungan air sehingga sangat tepat untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah akibat kurang cairan. Manfaat buah semangka untuk kesehatan lainnya yaitu untuk pencuci mulut setelah makan sehingga lidah akan terasa basah. Dapat juga di buat minuman dalam bentuk jus.

Dalam buah semangka terdapat banyak nutrisi seperti air, gula, serat pangan, protein, lemak, energi dan karbohidrat. Selain dari kandungan tersebut, buah semangka mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral. Vitamin yang terdapat dalam buah semangka yaitu Vitamin B1 dalam bentuk Tiamin, Vitamin B2 dalam bentuk Riboflavin, Vitamin B3 dalam bentuk Niacin, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin C, Betakaroten, pantotenat dan folat. Sedangkan mineral yang terdapat dalam buah semangka adalah zat besi, kalium, kalsium, seng, magnesium dan fosfor.

buah-semangka

Manfaat Buah Semangka

Buah semangka memiliki kandungan vitamin, air, dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa khasiat buah semangka bagi kesehatan antara lain :

1. Obat Sariawan

Sariawan di bibir sangat mengganggu sekali, apalagi jika makan makanan yang pedas akan terasa perih. Penyebab sariawan dapat terjadi karena kehadiran bakteri sehingga menyebabkan bibir pecah-pecah dan sedikit menganga. Munculnya bakteri dan bibir kering ini karena kurangnya Vitamin C dan terlalu bayak kehilangan cairan. Dengan Vitamin C dan kandungan air yang ada pada buah semangka diharapkan akan dapat mengatasi masalah penyakit sariawan tersebut. Untuk memperoleh khasiat buah semangka bagi kesehatan mulut, bisa didapatkan dengan cara konsumsi semangka langsung ataupun diolah dalam bentuk jus semangka.

2. Obat Jerawat Alami

Cara mengatasi jerawat secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan buah semangka. Caranya yaitu bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu tempelkan air yang ada dalam buah semangka ke wajah dengan menggunakan kapas. Setelah ditempeli cairan semangka diamkan sejenak sekitar 15 menit sampai cairannya mengering sendiri. Kemudian bilas wajah menggunakan air dingin.

3. Antioksidan

Salah satu kandungan yang terdapat di semangka adalah senyawa Likopen. Senyawa ini berguna sebagai penangkal radikal bebas yang menyerang tubuh manusia yang berasal dari makanan, sistem imun yang lemah dan polusi udara.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Senyawa Karetonid yang terdapat di semangka dapat berfungsi sebagai penurun tekanan darah akan kembali normal. Apabila tekanan darah terlalu tinggi maka akan mudah terkena penyakit seperti stroke dan penyakit jantung.

5. Memberi Kesegaran Kulit

Kandungan gizi yang terdapat di buah semangka dapat mencegah penuaan dini dan bermanfaat untuk menyegarkan kulit dan membuat kulit terlihat lebih kencang.

Demikian informasi uraian sehat tentang manfaat buah semangka untuk kesehatan. Cukup banyak bukan khasiat semangka ini, jadi jangan abaikan buah ini lagi ya. Baca juga khasiat bawang merah bagi kesehatan.




Artikel ini memuat topik:
buah semangka ; cara dan obat alami menghilangkn penuaan dini /flek hitam ; Manpaat buah semangka ; Apa manpaat buah semangka ; manpaat semangka ;