Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Kabar baik untuk anda yang suka buah melon. Studi membuktikan terdapat manfaat buah melon untuk kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Buah melon banyak mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh. Buah yang habitat aslinya berasal dari Timur Tengah ini memiliki nama ilmiah curcumas melo. Buah melon adalah buah yang masih satu keluarga dengan buah semangka dan buah blewah yang merupakan jenis dari cucurbitaceae. Jenis-jenis buah tersebut juga memiliki rasa yang manis dengan tekstur lembut dan mempunyai banyak kandungan air di dalamnya. Buah tersebut juga merupakan buah yang biasa disajikan untuk cuci mulut setelah melakukan makan atau biasa disebut dengan buah meja. Selain dapat dikonsumsi langsung, buah melon dapat diolah menjadi jus atau campuran minuman segar dingin seperti es campur.

Selain menyegarkan, buah melon juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Mengapa demikian, karena buah tersebut banyak mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh dan menyehatkan. Inilah beberapa manfaat buah melon bagi kesehatan yang bisa anda dapatkan jika rajin mengkonsumsinya.

manfaat-buah-melon-untuk-kesehatan

Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Beberapa khasiat buah melon bagi kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu vitamin penting untuk tubuh yaitu vitamin C. Karena dengan mengkonsumsi vitamin C, kebutuhan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi dengan baik sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh semakin baik. Vitamin C memiliki sifat anti-oksidan yang tinggi yang dapat menangkal radikal bebas dan sekaligus menjaga kekebalan tubuh kita.

Dosis yang tepat dalam mengkonsumsi vitamin C bagi orang dewasa yaitu minimal 90 mg per harinya. Dengan mengkonsumsi buah melon dengan ukuran satu cangkir itu sama dengan kita mengkonsumsi kebutuhan vitamin C sebanyak 90 mg atau memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar sepertiga dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Obat sariawan dan Panas Dalam

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah melon dapat menjadi obat sariawan. Buah melon mengandung air sejumlah 95% sehingga memberi efek dingin menyejukkan dan meredam panas dalam. (Baca juga : Obat sariawan alami yang ampuh)

3. Menjaga Kesehatan Mata, Kulit Gigi, Tulang

Selain vitamin C, buah melon juga memiliki kandungan vitamin A. Vitamin A berperan penting menjaga kesehatan mata, kulit, gigi, selaput lendir dan tulang. Dalam setiap 1 buah melon yang kita konsumsi akan memberikan vitamin A pada tubuh kita 25% lebih banyak dari kebutuhan pokok pada tubuh umumnya.

4. Anti Kanker

Beberapa penelitian yang sudah dilakukan para ahli kesehatan dan gizi menyatakan bahwa kandungan likopen dan karetonoid yang terdapat pada buah melon sangat bermanfaat untuk menjaga dari ancaman serangan kanker yang dapat menyerang tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah melon kurang lebihnya 1 cangkir, akan memberikan dampak positif bagi kita karena tubuh akan terpenuhi kebutuhan likopen sekitar 9-13 mg. (Baca: Ini dia penyebab kanker tulang)

5. Anti Stroke

Buah melon mengandung senyawa bersifat anti-koagulan bernama adenosine. Senyawa ini mampu menghentikan penggumpalan yang terjadi pada sel darah dan berpotensi menyebabkan serangan jantung dan penyakit stroke. Pada sisi medis, buah melon diketahui dapat membantu kelancaran aliran darah dalam tubuh manusia sehingga meminimalisir penyakit stroke.

6. Menjaga kestabilan Tensi

Fungsi kalium atau nama lainnya potassium yaitu untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Kebutuhan harian kalium untuk orang dewasa adalah sekitar 4700 mg. Maka dengan mengkonsumsi 1 buah melon segar dalam setiap harinya itu sudah mencukupi kebutuhan dari pada tubuh kita agar terhindar dari tekanan darah tinggi dan menjaga fungsi jantung tetap sehat. (Baca juga : Cara menurunkan tekanan darah tinggi)

7. Melancarkan BAB

Buah melon kaya serat alami yang dapat melancarkan buang air besar. Dengan mengkonsumsi buah melon maka BAB akan teratur dan mencegah sembelit.

8. Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah melon bersifat diuretik sehingga orang yang konsumsi buah melon akan sering buang air kecil. Secara langsung akan membantu organ ginjal tetap sehat.

Baca juga :

Manfaat buah melon bagi kesehatan memang sangat banyak. Buah melon dapat mencegah beberapa macam penyakit yang terbilang berat yang menimbulkan resiko kematian. Demikian informasi kesehatan tentang khasiat buah melon yang bisa anda peroleh jika rutin mengkonsumsinya. Semoga informasi kesehatan di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi pola hidup sehat anda.