6 Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

Jika mendengar kata kurma pasti yang terbayang dalam pikiran kita adalah buah untuk bulan puasa dan oleh-oleh haji/umroh. Memang buah kurma sangat identik dengan hal itu. Karena memang buah ini berasal dari daratan Timur Tengah yaitu pohon kurma dari Arab. Pohon kurma ini hanya dapat tumbuh di tanah yang memiliki suhu panas yang ekstrim seperti di Timur Tengah. Ukuran buahnya memang kecil tetapi manfaat buah kurma untuk ibu hamil dan janin sangat penting selama masa kehamilan.

Khasiat Kurma untuk kesehatan ibu hamil dan janin sangat banyak. Hal ini terjadi karena kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki kurma yang sangat diperlukan bagi kesehatan ibu hamil. Mari kita simak dibawah ini.

manfaat-buah-kurma-untuk-ibu-hamil

Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

Inilah manfaat buah kurma untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dianjurkan untuk dikonsumsi :

1. Sebagai penambah energi

Kandungan glukosa yang tinggi pada buah kurma akan membuat tubuh anda menjadi lebih berstamina. Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi kurma karena buah ini dapat memberikan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Dengan rutin mengkonsumsi buah kurma maka ibu hamil akan lebih merasa lebih kuat dalam menjalankan aktivitas baik di kantor maupun di rumah.

2. Dapat merangsang syaraf dengan baik

Kurma memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi yang dapat meningkatkan kinerja syaraf lebih baik. Selain itu juga dapat mempertajam daya ingat dan meningkatkan kecerdasan IQ. Jadi tak heran dokter kandungan menganjurkan pasiennya untuk banyak mengkonsumsi buah kurma saat hamil. Karena dapat menutrisi janin dalam kandungan sehingga ketika bayi anda lahir akan memiliki tingkat kecerdasan IQ yang lebih baik.

3. Dapat menguatkan tulang

Buah kurma bukan hanya dikhususkan untuk ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan, tetapi dapat juga untuk kesehatan bayi setelah lahir. Manfaat tersebut untuk bayi adalah dapat memperkuat tulang serta memudahkan proses tumbuhan kembang sang bayi.

4. Merangsang pembentukan gigi lebih cepat

Selain memperkuat tulang, manfaat tambahan buah kurma yaitu berkontribusi dalam pembentukan gigi sang bayi dengan lebih cepat. Karena kalsium tinggi yang terdapat pada buah kurma ini dapat merangsang pertumbuhan gigi. Dengan demikian, wanita hamil yang sering mengkonsumsi kurma akan membuat bayinya mudah tumbuh gigi setelah dilahirkan.

5. Dapat mengatasi kekurangan darah atau anemia

Kandungan gula yang terdapat dalam kurma bukan hanya untuk menambah energi saja, tetapi juga dapat berfungsi untuk mengatasi kekurangan darah atau yang biasa disebut dengan anemia. Dengan mengkonsumsi buah kurma maka anemia yang biasanya terjadi pada ibu hamil akan dapat disembuhkan.

6. Mengatasi gangguan pencernaan

Biasanya pada saat mengandung ibu atau para wanita akan sering terjadi masalah dalam proses pencernaan. Dengan rajin mengkonsumsi buah kurma akan dapat memperlancar proses pencernaan yang menganggunya.

Manfaat buah kurma untuk ibu hamil memang istimewa karena memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral. Kandungan tersebut sangat jarang dimiliki buah lainnya. Selain itu kadar gula juga sangat banyak dibandingkan buah manis lainnya. Jadi tak aneh jika buah manis yang berasal dari Arab ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan khususnya bagi ibu hamil serta janin yang ada dalam kandunganya.

Demikian informasi tentang manfaat kurma untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Diharapkan setelah membaca artikel ini dapat menambah wawasan kesehatan anda dan sebagai bahan pelajaran ketika anda hamil nanti. Jangan lupa konsumsi kurma selama anda hamil.




Artikel ini memuat topik:
buah kurma untuk ibu hamil ; manfaat kurma untuk bumil ; khasiat buah kurma untuk ibu mengandung ; kurma untuk ibu hamil ; manfaat kurma bagi ibu hamil ;