12 Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Belimbing merupakan salah satu buah yang berasal dari daerah beriklim tropis. Rasa buah belimbing yang segar mampu menggetarkan lidah kita karena sensasi dari rasa manis campur rasa asam yang dapat dirasakan oleh indera pengecap begitu kita menelannya akan terasa sangat menyegarkan tubuh. Buah kuning kehijaun ini tidak cuma menyegarkan, namun yang paling penting adalah karena ada banyak Manfaat belimbing bagi kesehatan tubuh. Apa saja khasiat belimbing? Mari kita kupas dibawah ini

Dibandingkan jeruk, Belimbing merupakan salah satu jenis buah yang relatif jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, mungkin akibat ketidaktahuan akan berbagai manfaat dari buah belimbing itu sendiri.

manfaat belimbing bagi kesehatan

Belimbing memiliki berbagai kandungan nutrisi yang seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, protein, karbohidrat, kalsium, kalium, sodium, seng, asam pantotenat, tembaga, besi, gula, serat, folat, dan kalori. Berbagai kandungan nutrisi belimbing inilah yang berperan menjaga kesehatan tubuh kita.

Manfaat Penting Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut manfaat belimbing bagi kesehatan tubuh kita yang tidak perlu anda ragukan :

  1. Meningkatkan daya imunitas tubuh. Buah belimbing kaya vitamin C yang dapat memperkuat imunitas tubuh Anda.
  2. Men-charge tubuh yang lelah. Buah belimbing memiliki kandungan air yang berlimpah dan kandungan mineral yang cukup baik, sehingga dapat mengganti ion-ion tubuh yang hilang setelah beraktivitas berat.
  3. Dapat menyembuhkan penyakit sariawan, demam, sakit tenggorokan, dan batuk, dan diabetes.
  4. Dengan kandungan antioksidan tinggi yang dimilikinya, Belimbing mampu membentengi kita dari ancaman radikal bebas penyebab penyakit kanker yang mematikan.
  5. Menjaga kesehatan Organ Pencernaan. Kandungan serat yang dimiliki oleh buah belimbing mampu membantu kerja organ pencernaan lebih maksimal serta mencegah dari gangguan sembelit atau gangguan yang ditimbulkan oleh kesulitan BAB atau buang air besar.
  6. Dapat membantu menurunkan berat badan Anda yang sedang menjalani program diet. Rata-rata setiap buah belimbing memiliki kandungan kalori sejumlah 30 kalori. Sehingga sangat baik bagi Anda yang ingin diet menurunkan berat badan. Dalam menjalani program diet sebaiknya makanlah buah belimbing setiap hari 1 buah.
  7. Mencegah penyakit stroke dan jantung. Berbagai kandungan nutrisi vitamin yang ada dalam belimbing dapat membantu dalam mencegah datangnya berbagai penyakit mematikan seperti stroke dan jantung.
  8. Mencegah rambut rontok. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dari buah belimbing dapat menutrisi setiap helai rambut dan menghindarkan dari potensi gejala rambut rontok pada kepala Anda.
  9. Mencegah jerawat. Buah belimbing mengandung zinc yang berperan mencegah tumbuhnya jerawat pada kulit wajah.
  10. Menambah nafsu makan. Buah belimbing mengandung vitamin A dan retional yang dapat meningkatkan nafsu makan.
  11. Mengatasi berbagai masalah kulit seperti komedo, kulit berminyak berlebih, kulit wajah yang kusam, masalah pori-pori diwajah, dan bisul.
  12. Meremajakan kulit. Buah belimbing mengandung vitamin A dan C yang didalamnya mencegah penuaan dini seperti kerutan diwajah, flek hitam, garis halus, dan kusam.

Begitu banyak manfaat dan khasiat dahsyat belimbing bagi kesehatan tubuh anda yang rasanya sayang dilewatkan. Buah ini disukai bukan hanya karena bentuk dan warnanya yang menarik, tetapi juga rasa dan manfaat belimbing bagi kesehatan akan dapat anda rasakan setelah mengkonsumsi buah ini. Bagi Anda yang peduli dengan kesehatan tubuh, mulai sekarang cobalah mengkonsumsi dan memanfaatkan buah beliming secara rutin agar tubuh anda tetap sehat.