11 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih untuk kesehatan sudah dikenal sejak zaman dahulu. Bawang putih merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Bawang putih sering dijadikan sebagai bumbu dapur yang hampir selalu ada di setiap dapur rumah. Dalam bahasa latin bawang putih dinamakan Allium sativum dan dalam bahasa Inggris dinamakan garlic.

>Manfaat bawang putih untuk kesehatan tidak hanya dikenal oleh ahli pengobatan tradisional, namun juga diakui dari sisi medis. Bawang putih memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi, yang membuat bawang putih memiliki aroma khas yang sangat menyengat. Bawang putih juga mengandung senyawa anti virus, anti bakteri, anti jamur dan antioksidan, senyawa tersebut adalah allicin (alisin). Selain beberapa hal di atas, bawang putih juga merupakan salah satu sumber selenium yang dibutuhkan oleh tubuh.

manfaat bawang putih untuk kesehatan

Manfaat Bawang Putih

Bawang putih mengandung sejumlah khasiat untuk kesehatan tubuh. Di bawah ini adalah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan :

a. Anti bakteri, anti virus, dan antibiotik alami

Khasiat bawang putih yang paling utama adalah kemampuannya dalam mencegah pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur. Selain itu bawang putih juga dapat menjadi penghancur racun yang masuk ke dalam tubuh. Bawang putih adalah raja anti bakteri dan anti biotik alami.

b. Menyembuhkan Infeksi Kulit

Bawang putih memiliki kandungan senyawa kimia yang disebut ajoene. Senyawa kimia ini dapat berfungsi sebagai penyembuh gangguan kulit karena bakteri dan jamur seperti penyakit panu dan kurap. Nah, orang tua zaman dahulu ternyata sudah mengenal bawang putih sebagai obat penyakit kulit alami untuk kurap dan panu.

c. Mengentalkan darah

Apabila darah mudah mengental, akan membantu mempercepat penyembuhan luka luar dan meminimalisir pendarahan. Khasiat bawang putih tersebut karena memiliki kandungan ajoene.

d. Mengatasi diabetes

Dengan mengonsumsi bawang putih, akan meningkatkan pelepasan insulin. Hal ini sangat baik untuk penderita diabetes dan bahkan sangat baik untuk mencegah terjadinya diabetes.

e. Meningkatkan metabolisme tubuh

Bawang putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini karena bawang putih kaya protein yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Dengan tercukupinya zat besi, maka akan melancarkan metabolisme tubuh.

f. Melancarkan pencernaan

Bawang putih kaya serat yang baik untuk melancarkan pencernaan, salah satu contohnya adalah saat anda terkena sembelit, cobalah untuk mengonsumsi bawang putih dan rasakan khasiat dari bawang putih.

g. Melawan Alergi

Bawang putih juga memiliki kandungan anti inflamasi, hal ini membuat bawang merah memiliki khasiat untuk melawan berbagai alergi yang mungkin muncul pada tubuh. Selain itu jus bawang putih dapat digunakan untuk mengobati ruam atau gatal-gatal akibat gigitan serangga dengan cepat.

h. mengatasi masalah pernafasan

Bawang merah memiliki kandungan anti bakteri yang dapat mengatasi gangguan tenggorokan. Selain itu dengan mengonsumsi bawang putih, akan mengurangi frekuensi demam. Bawang putih juga dapat mengatasi berbagai gangguan pernafasan lain mulai dari asma hingga gangguan paru-paru lainnya.

i. Mengobati sakit gigi

Untuk mengobati sakit gigi, anda cukup menempelkan tumbukan bawang putih pada gigi yang sakit, kemudian tunggu beberapa saat. Namun perlu diingat jika penggunaan bawang putih yang terlalu sering untuk mengobati sakit gigi dapat merusak gusi.

j. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung sangat berkaitan dengan kesehatan pembuluh darah arteri, semakin tua usia kita, arteri akan semakin kendor. Dengan mengonsumsi bawang putih dapat mencegah hal tersebut terjadi, bawang putih dapat menjaga arteri tetap kencang.

k. Mencegah Kanker

Kandungan antivirus, anti bakteri dan anti inflamasi pada bawang putih memiliki khasiat untuk mencegah datangnya virus dan juga sel-sel kanker.

Itulah 11 manfaat bawang putih untuk kesehatan. Semoga informasi ini menambah wawasan anda mengenai bawang putih yang biasa anda jumpai dan anda konsumsi sebagai bumbu dapur. Mulai sekarang, tambahkan ekstrak bawang putih dalam setiap masakan anda agar anda bisa merasakan khasiat bawang putih. Baca juga uraian sehat tentang khasiat bawang merah bagi kesehatan.




Artikel ini memuat topik:
kulit bawang putih memiliki kandungan yang berfungsi sebagai ; Kulit bawang putih memiliki kandungan yang berfungsi ; kulit bawang putih memiliki kandungan yg berfungsi sebagai ; bawang putih merusak gigi ; kulit bawang putih berfungsi ; manfaat bawang putih dapur ;