9 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Mungkin belum banyak yang mengetahui manfaat bawang merah untuk kesehatan, yang diketahui hanya kegunaan bawang merah sebagai bumbu masak. Dibandingkan dengan bawang putih, popularitas bawang merah di dunia kesehatan masih berada dibawah bawang putih. Meskipun begitu manfaat bawang merah untuk kesehatan tidak bisa disepelekan.

Dibalik bau khas menyengat, terdapat banyak sekali manfaat bawang merah untuk kesehatan yang perlu anda ketahui. Simak uraian sehat dibawah ini.

manfaat bawang merah untuk kesehatan

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Beberapa manfaat penting bawang merah untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

a. Dapat membantu mengontrol tekanan darah

Seperti halnya bawang putih, mengonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah dengan cara di jus, akan melancarkan peredaran darah. Dalam bawang merah terkandung senyawa quercetin. Quercetin adalah senyawa flavonol antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Selain itu juga meningkatkan produksi darah dan juga mencegah gangguan jantung. Mengonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah, baik dalam salad atau di jadikan jus akan membuang racun yang ada di dalam tubuh.

b. Dapat membantu menurunkan kolesterol

Khasiat bawang merah dapat keseimbangan kolesterol dalam tubuh. Bawang merah dapat mencegah terjadinya gangguan jantung.

c. Dapat membantu menyembuhkan sembelit

Bawang merah memiliki kandungan serat tinggi, hal ini berfungsi untuk memisahkan dan mengeluarkan makanan yang sulit dicerna oleh usus. Jika anda mengalami sembelit, coba konsumsi bawang merah mentah-mentah.

d. Dapat Membantu meredakan sakit tenggorokan

Bawang merah dikenal sebagai obat pelega tenggorokan. Oleh sebab itu, jika anda mengalami masalah tenggorokan, haluskan bawang merah kemudian campurkan jahe dan juga madu kemudian diminum dan lihat hasilnya.

e. Dapat membantu menurunkan resiko diabetes

Dengan mengonsumsi bawang merah mentah, akan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Hal ini baik untuk mengobati penyakit diabetes. Dianjurkan makan bawang merah mentah-mentah bagi penderita diabetes karena bawang merah adalah obat alami penyakit diabetes.

f. Dapat membantu mengurangi resiko gangguan hati

Dengan mengonsumsi bawang merah mentah, akan meningkatkan kesehatan hati dan juga koroner, selain itu mengonsumsi bawang merah mentah juga dapat membuka arteri yang tersumbat.

g. Dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker

Bawang merah memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi, hal ini baik untuk menjaga tubuh tetap steril dari virus dan bakteri penyebab kanker. Selain itu bawang merah juga dapat digunakan untuk mengobati saluran kemih.

h. Dapat membantu mengatasi wasir

Berdasarkan beberapa riset dari para ahli, membuktikan jika bawang merah dapat mengurangi pendarahan pada dubur akibat wasir. Selain itu juga mengurangi rasa perih pada dubur saat wasir.

i. Dapat menjaga kesehatan rambut

Khasiat bawang merah untuk kesehatan rambut yaitu mencegah kerontokan dan menjaga rambut tetap subur. Jadi bawang merah adalah obat alami rambut rontok.

Demikian beberapa manfaat bawang merah untuk kesehatan. Bumbu dapur masyarakat Indonesia ini ternyata memiliki segudang khasiat yang sayang jika disepelekan.




Artikel ini memuat topik:
khasiat bawang merah untuk darah ; apakah bawang merah menaikan darah ; baik mana bawang putih atau bawang merah untuk peredaran darah ; bawana merah menaikan atau menurunkan darah ; bawang merah untuk kelncaran darah ; khasiat bawang merah untuk radang tenggorokan ; Manfaat jahe dan bawang merah ; mkn bawang merah berfungsi untuk ;