6 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Ibu rumah tangga yang sering masak di dapur tentunya mengenal asam jawa sebagai bumbu dapur. Ternyata selain digunakan sebagai bumbu dapur, manfaat asam jawa untuk kesehatan yaitu dapat digunakan sebagai bahan untuk ramuan tradisional. Kandungan asam jawa sendiri yaitu senyawa ectin, asam tartrat, gula invert, asam apel, asam sitrat, asam suksinat, dan asam anggur. Setiap 100 gram asam jawa akan menghasilkan sejumlah nutrisi diantaranya adalah : 62,5 miligram hidrat arang, 0,6 gram lemak, 239 kal kalori, 74 miligram kalsium, dan 2,8 gram protein.

Manfaat asam jawa untuk kesehatan tubuh sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai bahan ramuan herbal dan juga sebagai salah satu bumbu dapur. Sebagai bumbu dapur biasanya asam jawa ini dipakai untuk mengasamkan rasa agar-agar, manisan, makanan dan juga untuk minuman hangat. Selain itu asam jawa juga biasa dipakai untuk membersihkan alat dapur yang terbuat dari logam agar lebih mengkilat. Kandungan asam jawa lainnya berupa vitamin C, antioksidan, potassium, magnesium dan beta karotin sangat cocok dipakai untuk perawatan kecantikan kulit.

Asam Jawa dapat digunakan sebagai lulur herbal yang alami, yaitu dengan cara dilarutkan ke dalam air hangat dan di campur dengan sedikit bubuk kunyit. Lulur herbal asam jawa bisa mencerahkan kulit sehingga tampak berseri dan bersih. Selain itu, di dalam asam jawa yang terkandung Alpha Hydroxy Acid ( AHA ) dapat mengangkat sel kulit mati. Ternyata masih banyak manfaat asam jawa untuk kesehatan kulit seperti dapat digunakan sebagai pencegahan rambut rontok, menghilangkan selulit pada permukaan kulit dan juga mempercepat penyembuhan luka.

manfaat asam jawa untuk kesehatan

Manfaat Jawa Untuk Kesehatan

Asam jawa memiliki banyak manfaat sebagai perawatan kulit dan juga ada beberapa manfaat yang bisa digunakan dalam kesehatan. Diantara manfaat asam jawa untuk kesehatan adalah :

1. Mengendalikan Tekanan Darah

Khasiat asam jawa yaitu dapat mengendalikan tensi. Ya betul. Asam jawa mengandung Kalium dan potassium yang terdapat di dalam asam jawa diyakini bisa mengendalikan Tekanan Darah.

2. Kekuatan Tulang

Kandungan magnesium yang terdapat di dalam asam Jawa memiliki fungsi untuk menjaga tulang agar lebih kuat dan baik. (Baca juga : Ini dia vitamin untuk tulang dan sendi)

3. Mencegah Sembelit

Pencegahan sembelit dapat menggunakan Asam Jawa karena salah satu kandungan dari asam jawa ini berupa serat asam jawa.

4. Membantu Kerja Sistem syaraf

Sistem syaraf dalam tubuh manusia akan selalu bekerja. Dalam bekerjanya sistem syaraf maka sangat dibutuhkan beberapa kandungan gizi dan vitamin. Salah satu vitamin yang terdapat di asam jawa berupa Vitamin B yang dapat membantu dalam bekerjanya sistem syaraf.

5. Menyembuhkan Sariawan

Asam Jawa dipercaya berkhasiat dapat menyembuhkan sariawan. Caranya pun cukup mudah. Rebus asam jawa sebanyak 2 buah kemudian dicampur satu gelas air, satu buah gula aren, dan 2 buah rimpang temulawak yang kecil seukuran dengan ibu jari. Setelah mendidih, didiamkan sejenak agar dingin dan dituangkan ke gelas. Hasil dari rebusan ini dapat di minum sebagai obat herbal sariawan. (Baca juga: obat sariawan alami)

6. Menyembuhkan Sakit Perut

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit perut dengan asam jawa ini. Cara yang pertama dengan di buat minuman, yaitu dengan mencampurkan asam jawa sebanyak tiga buah dan gula aren. Cara yang ke dua adalah dengan digosokkan langsung ke bagian perut, yaitu dengan mencampurkan tiga buah asam jawa minyak kayu putih dan kapur sirih.

Asam jawa bukan hanya sebagai bahan bumbu dapur, namun dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah penyakit. Semoga info kesehatan mengenai manfaat asam jawa untuk kesehatan dapat menambah wawasan pembaca.




Artikel ini memuat topik:
perut bawah kanan kiri sakit ; asam jawa bagi persendian ; asam jawa untuk kaku persendian ; kebaikan air asam jawa pada sembelit ; manfaat asam jawa untuk tulang ; perut kanan ke kiri ;