Makanan Yang Mengandung Sumber Zat Besi

Makanan yang mengandung sumber zat besi perlu diperhatikan, karena zat besi adalah salah satu mineral penting bagi kesehatan tubuh. Manfaat zat besi adalah untuk membantu jantung mengedarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, untuk pembentukan hemoglobin, dan menjaga daya tahan tubuh.

Dampak kekurangan zat besi yaitu produksi hemoglobin di dalam tubuh akan menurun dan akan mengalami kekurangan sel darah merah yang pada akhirnya akan menjadi penyakit anemia. Gejala yang akan dirasakan adalah merasa lemas, cepat merasa lelah dan tidak bergairah, selain itu juga tubuh menjadi sensitive dan mudah sakit. Nah untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan zat besi, maka anda mesti mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber zat besi.

Daftar Makanan Sumber Zat Besi

makanan-zat-besi

Beberapa makanan yang mengandung sumber zat besi adalah sebagai berikut :

1. Kulit Kentang

Jika memasak kentang, pernahkah anda mengikutsertakan kulit kentang untuk dimasak? Kebanyakan dari kita memasak kentang hanya kentangnya saja. Padahal kulit kentang makanan yang mengandung sumber zat besi tinggi yaitu lima kali lebih tinggi daripada sumber zat besi kentangnya sendiri.

2. Daun Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak sekali manfaatnya, salah satu manfaat daun bayam adalah sebagai sumber zat besi dan membantu mengobati penyakit anemia. Jadi jangan ragukan lagi khasiat daun bayam. Konsumsilah daun bayam karena kaya akan zat besi dan vitamin A.

3. Jagung

Jagung sering ditemukan sebagai pengganti nasi atau digunakan untuk menjadi tepung jagung. Tahukah anda apa saja yang terkandung di dalam jagung?. Jagung memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C, selain itu jagung juga kaya akan karbohidrat dan juga zat besi.

4. Kangkung

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang paling dikenal sebagai bahan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi. Dalam kangkung terdapat kandungan nutrisi yang sangat beragam, mulai dari vitamin A, vitamin B dan vitamin C, kalsium dan zat besi.

5. Yoghurt

Saking tingginya kandungan zat besi di dalam yoghurt, anda akan mendapatkan sepertiga kebutuhan zat besi yang diperlukan tubuh terdapat dalam satu cangkir yoghurt.

6. Daging sapi

Sumber zat besi yang berasal dari hewani adalah daging, paling banyak terdapat dalam daging sapi. Dalam 100 gram daging sapi terdapat 2,8 mg zat besi.

7. Telur

Selain daging sapi, sumber zat besi yang berasal dari hewani lainnya adalah telur. Telur kaya akan berbagai mineral yang diperlukan tubuh seperti vitamin B dan Zat besi. Telur sangat cocok dikonsumsi untuk sarapan pagi sebagai sumber energi.

8. Roti gandum

Roti gandum merupakan makanan yang cocok digunakan oleh orang yang sedang mengikuti program diet. Selain itu gandum juga memiliki kandungan besi yang cukup banyak. Hal ini dapat membantu anda untuk mencukupi kebutuhan zat besi anda tanpa mempengaruhi berat badan anda.

9. Kacang kedelai

Banyak sekali manfaat dan kandungan nutrisi dalam kacang kedelai, salah satunya adalah kandungan zat besinya. Di dalam 100 gram kedelai, ternyata terdapat 10 mg zat besi, sisanya adalah nutrisi vitamin yang baik untuk tubuh.

10. Beras merah

Beras merah juga kaya akan zat besi, selain itu beras merah memiliki kandungan serat, asam folat dan vitamin E.

Itulah beberapa makanan yang mengandung sumber zat besi tinggi. Semoga informasi uraian sehat dapat memberikan manfaat bagi pembaca dalam meraih hidup sehat. Konsumsilah makanan-makanan di atas agar kebutuhan zat besi harian dalam tubuh anda bisa tercukupi dengan baik.