Makanan Yang Mengandung Sumber Vitamin E

Makanan yang mengandung sumber vitamin E. Vitamin E adalah jenis vitamin yang dapat melarutkan lemak dan anti oksidan. Vitamin E memiliki 8 bentuk dan dikategorikan menjadi 2 yaitu tokoferol dan tocotrienols. Pamor vitamin E makin dikenal luas oleh masyarakat karena diyakini mampu menjaga kondisi kulit dan menghambat penuaan dini.

Artikel makanan sumber vitamin E ini akan dibagi kedalam topik manfaat, kebutuhan harian, dan makanan yang mengandung vitamin E. Meskipun banyak suplemen vitamin E dijual dipasaran, namun mendapatkan vitamin E secara alami semestinya menjadi prioritas bagi Anda yang ingin terhindar dari efek samping vitamin E. Oleh sebab itu lebih baik konsumsi makanan yang mengandung vitamin E daripada menggantungkan diri kita pada suplemen vitamin E.

Manfaat Vitamin E

Fungsi vitamin E yaitu :

  • Antioksidan pada vitamin E bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan.
  • Mencegah penyakit jantung dan kanker.
  • Mempercepat penyembuhan dan merangsang sel baru pada bekas luka.
  • Menjaga sistem imun dan menjaga hati dan ginjal tetap sehat.
  • Mampu menunda penuaan dan mencegah pigmentasi.
  • Melembabkan kulit dan rambut.
  • Mengatasi kram perut saat mensturasi, dismenore dan mencegah komplikasi saat kehamilan.
  • Mencegah terjadinya pembekuan darah, meningkatkan jaringan otot, menurunkan berat badan.
  • Membantu meningkatkan hormon atau kesuburan pada para pria.
  • Mencegah gangguan mental, demensia dan alzheimer.
vitamin-e

Makanan Yang Mengandung Sumber Vitamin E (© Shutterstock)

Kebutuhan Harian Vitamin E Harian

Dosis vitamin E setiap orang berbeda-beda tergantung dari kondisinya masing-masing.

1. Jenis kulit

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Adapun dosis vitamin E harian untuk setiap jenis kulit yaitu :

  • Jenis kulit normal 100-300 IU.
  • Jenis kulit kering 300 IU.
  • Jenis kulit yang berminyak 100-200 IU.

2. Usia

Kebutuhan Vitamin E bertambah seiring bertambahnya usia. Tapi dosis vitamin E harus memperhatikan jenis kulit. Kondisi kulit usia muda rata-rata masih bagus dan level kolagennya juga masih baik, sehingga proses regenerasi kulit berjalan dengan baik. Untuk usia muda kebutuhan harian Vitamin E sebesar 100 IU. Saat usia 20-an ke atas, mulai terjadi penurunan kondisi kulit akibat metabolisme kulit yang menurun akibat radiasi, polusi, dan kontaminasi, dengan demikian membutuhkan dosis yang lebih besar daripada usia muda.

3. Aktivitas

Aktivitas anda akan menentukan dosis vitamin E. Semakin sering anda terkena sinar matahari setiap harinya maka semakin butuh vitamin E. Bagi usia dewasa yang memiliki kulit kering dan sering beraktivitas outdoor di bawah sinar matahari, maka dosis vitamin E yang dianjurkan adalah 200-300 IU. Namun bagi remaja muda yang memiliki kulit berminyak dan jarang beraktivitas di luar maka dosis vitamin E nya sebesar 100-200 IU.

Makanan Sumber Vitamin E Tinggi

Setelah kita memahami kebutuhan vitamin E harian tubuh yang ternyata berbeda-beda untuk setiap orang, kini timbul pertanyaan makanan apakah yang mengandung sumber vitamin E? Nah berikut sumber vitamin E tinggi yang terdapat dalam makanan.

1. Almond

Almond kaya dengan vitamin E. Selain dapat dikonsumsi mentah, almond juga baik dikonsumsi dalam bentuk minyak dan susu almond.

2. Biji-bijian

Sumber vitamin E yang ada pada biji-bijian seperti biji wijen, biji labu dan biji bunga matahari cukup baik untuk dikonsumsi. ¼ cangkir dari biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E sekitar 90 persen dari kebutuhan setiap harinya.

3. Selada Swiss

Sayuran selada swiss memiliki kandungan vitamin E hampir 17% dari kebutuhan setiap harinya.

4. Mustard greens

Sayuran ini sangat bergizi, sayuran ini berbentuk seperti sayur sawi. Selain kaya vitamin E sayur ini mengandung folat, vitamin A, C dan juga vitamin K.

5. Bayam

Tidak hanya kaya zat besi, bayam juga mengandung vitamin E yang cukup. Selain itu juga antioksidan dan beberapa nutrisi yang lain, kalsium dan folat.

6. Turnip hijau

1 cangkir turnip hijau memberi kita vitamin E, vitamin A, vitamin C dan juga asam folat.

7. Kale

Ini adalah sayuran yang memiliki kandungan vitamin E di dalamnya. Dengan mengkonsumsi 1 cangkir kale rebus akan memberikan vitamin E 6% untuk kebutuhan harian anda.

8. Minyak nabati

Minyak nabati atau wheat germ oil mempunyai kandungan vitamin E yang sangat tinggi. Yang mengandung vitamin E lainnya adalah hemp seed, minyak kelapa dan minyak zaitun.

9. Kacang pinus

Ini adalah produk kacang import yang memiliki kandungan vitamin E.

10. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya vitamin E dan banyak yang menyukai buah ini karena rasanya yang lezat dan harganya yang tidak mahal.

11. Brokoli

Pada beberapa sayuran, brokoli berada tertinggi diantara yang lainnya. Sayur ini dikenal sebagai pendetoks tubuh. 1 cangkir brokoli memberikan vitamin E 4% dari kebutuhan setiap harinya.

Cukupilah kebutuhan vitamin E harian anda dengan konsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin E. Semoga informasi kesehatan ini dapat memberikan wawasan pada keluarga anda menuju jalan hidup yang sehat.




Tags: