Makanan Yang Mengandung Sumber Vitamin D Terbaik

Makanan yang mengandung sumber vitamin D. Vitamin D adalah vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan sistem imun, melawan infeksi dan penyakit, memperkuat tulang, mencegah diabetes, kanker dan mencegah pikun. Kita dapat memperoleh vitamin D melalui sinar matahari pagi dan mengkonsumsi makanan sumber vitamin D.

Kebutuhan vitamin D harian tubuh setiap orang berbeda-beda, dimana kebutuhan orang dewasa sebesar 400 UI, remaja di bawah 28 tahun sebesar 200 UI, dan lansia dibutuhkan lebih dari yang dibutuhkan oleh orang dewasa untuk mencegah osteoporosis. Kebutuhan Vitamin D tidak akan cukup jika hanya mengandalkan dari sinar matahari, oleh sebab itu kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin D sehingga mendapatkan manfaat bagi tubuh kita.

Vitamin D yang kita dapatkan dari sinar matahari mencapai 80 persen, waktu yang tepat untuk mendapatkan vitamin ini yatu jam 6-9 pagi.

vitamin-d

Sumber Vitamin D

Makanan Sumber Vitamin D

Berikut ini daftar makanan yang mengandung sumber vitamin D.

1. Ikan Salmon

Ikan salmon, mackerel dan ikan tuna adalah salah satu sumber vitamin D yang cukup tinggi. Selain kandungan tersebut, ikan ini juga memiliki kandungan omega 3, ikan laut juga kaya akan mineral yang penting, yaitu kalsium.

2. Susu

Baik susu sapi maupun susu kambing etawa memiliki kandungan vitamin D dan juga nutrisi yang lain. Pada 1 gelas susu, memiliki kandungan vitamin D sekitar 100 IU.

3. Telur

Dianjurkan untuk anda yang ingin mendapatkan asupan vitamin D dengan mudah, yaitu dengan mengkonsumsi 2 butir telur per hari. Tidak hanya mengandung vitamin D, telur juga mengandung beberapa mineral dan protein yang berfungsi untuk membangun tubuh.

4. Minyak ikan

Dalam satu sendok minyak ikan Cod memiliki kandungan vitamin D mencapai 1360 UI. Yang berarti hanya dengan 1 sendok minyak ikan Cod cukup untuk kebutuhan setiap hari.

5. Sereal

Sereal baik dikonsumsi pada pagi hari untuk sarapan, karena bermanfaat esensial untuk kesehatan. Kandungan vitamin D yang terdapat pada sereal yang satu dengan yang lainnya berbeda. Sebelum membeli periksalah kandungan dan komposisi terlebih dahulu.

6. Jamur

Selain sereal, jamur juga memiliki kandungan vitamin D.

7. Keju

Jenis keju yang mengandung sumber vitamin D tinggi adalah keju Riccota. Kandungan keju segar Italia ini lebih tinggi dibandingkan dengan keju yang lain.

8. Udang

Dalam setiap 85 gram udang mengandung 129 UI vitamin D. Udang juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin D hingga 32 persensetiap harinya. Selain vitamin D, udang juga memiliki protein dan mineral yang baik bagi daya tahan tubuh.

9. Tiram

Kandungan vitamin D dalan 85 gram tiram adalah 272 IU. Hanya dengan mengkonsumsi tiram, anda akan mendapatkan 68% kebutuhan vitamin D, tiram juga kaya dengan sejumlah mineral seperti zinc.

10. Kedelai

Selain mengandung protein, kedelai menjadi sumber vitamin D tinggi. Disarankan untuk anda mengkonsumsi makanan yang terbuat dari bahan kedelai, contohya tempe, tahu, dan susu kedelai. Makanan tersebut adalah makanan yang mudah ditemui dan tidak perlu merogoh dompet.

11. Hati sapi

Tidak hanya untuk penambah darah, hati sapi juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin D pada tubuh kita.

12. Alfalfa

Alfalfa adalah jenis tanaman yang biasa dipakai sebagai makanan untuk ternak sapi perah, kuda, domba. Sekarang tanaman ini sudah berkembang menjadi obat untuk mengatasi berbagai penyakit. Tanaman Alfalfa mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Itulah daftar makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik, semoga bermanfaat untuk menginspirasi keluarga anda mejalani hidup sehat. Konsumsilah makanan di atas untuk mencukupi kebutuhan vitamin D harian anda.