Makanan Yang Mengandung Sumber Vitamin C Tinggi

Makanan yang mengandung sumber vitamin C. Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang berperan dalam menjaga imunitas dan mempercepat proses pemulihan terhadap penyakit. Vitamin ini tidak diproduksi dalam tubuh sehingga kita harus mengkonsumsinya setiap hari.

Kebutuhan vitamin C yang diperlukan oleh pria dan wanita itu berbeda, yaitu 90 mg per hari untuk pria, 75 gr per hari untuk wanita, dan 85-120 mg per hari untuk ibu hamil atau menyusui. Nutrisi dari makanan yang mengandung vitamin C tidak bisa terserap semuanya oleh tubuh dan akan dibuang melalui melalui urine. Vitamin ini dikenal dengan asam askorbat, yang merupakan nutrisi penting membantu fungsi pada tubuh kita.

Fungsi Vitamin C

Fungsi vitamin C tersebut diantaranya adalah :

  • Membantu memproduksi kolagen untuk tulang dan gigi.
  • Penyerapan zat besi, mencegah rusaknya sel-sel dan mengurangi resiko kanker.
  • Melindungi tubuh dari infeksi, batuk, pilek dan menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit.

Tips agar vitamin C dapat diserap dengan baik oleh tubuh, maka :

  • Konsumsi makanan sumber vitamin C saat mentah, jangan direbus atau kukus karena kualitas nutrisi yang ada di dalamnya akan berkurang hingga 25%. Jangan lupa cuci terlebih dahulu sebelum dimakan dan pastikan bebas pestisida.
  • Jangan bekukan sayuran atau buah dalam kulkas, karena akan mengurangi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.
  • Jangan masak sayuran lebih dari 30 menit.
sumber-vitamin-c

Sumber vitamin C (© manfaatalami.com)

Sumber vitamin C terdapat pada sayuran atau buah-buahan. Selain itu vitamin C juga dapat diperoleh dalam bentuk suplemen bubuk, minuman campuran, tablet, kapsul atau kristal. Vitamin C yang ada pada tanaman jumlahnya tergantung pada variasi, kondisi tanah, dan iklim.

Sumber Vitamin C Tinggi

Daftar makanan yang mengandung sumber vitamin C tinggi adalah :

1. Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C, dimana dalam setiap 1 buah jeruk yang berukuran sedang memiliki kandungan 70 mg vitamin C dan 62 kalori.

2. Cabe

Dengan rasanya yang pedas, cabai ternyata banyak mengandung vitamin C adalah cabe hijau, yaitu dengan 182% dari yang dibutuhkan. Sedangkan cabe merah dan rawit memiliki kandungan kurang lebih 65 mg vitamin C dan memberikan 102% dari yang dibutuhkan kita untuk sehari-harinya.

3. Paprika

Paprika yang akan dibahas adalah paprika merah, paprika merah ini mengandung sumber vitamin C. Dalam 1 cangkir paprika yang mentah dapat mengandung vitamin C hingga 142 mg dan 20 kalori. Tetapi paprika yang sudah dimasak hanya memiliki kandungan vitamin C 116 mg per cangkir dan 15 kalori saja. Sedangkan paprika hijau memiliki kandungan vitamin C 51 mg dan paprika kuning memiliki kandungan 124 mg per 100 gr.

4. Kiwi

Satu buah kiwi memiliki kandungan vitamin C 70 mg dan 50 kalori, selain itu kiwi tinggi akan kalium dan flavonoid. Biasanya kiwi dimakan mentah, tetapi juga enak jika dijadikan jus.

5.Buah berry

Buah berry yang dimaksud adalah raspberry, stroberi dan blackberry. Buah-buah ini memiliki gizi tinggi, mengandung senyawa folat, serat dan fitokimia dan kaya vitamin. Berries membantu meningkatkan memori, mencegah kanker dan jantung. Stroberi mengandung serat dan antioksidan untuk mengontrol kolesterol. Dan blackberry memiliki kandungan vitamin C 180 mg per porsi per 100 gr, mengandung kalium zat besi dan vitamin B5.

6. Pepaya

Kandungan vitamin C yang terdapat didalam satu buah pepaya berukuran sedang adalah sebesar 182 mg vitamin C, yang sudah setara dengan dua kali kebutuhan vitamin C harian tubuh. Selain vitamin C, Pepaya juga mengandung vitamin A, Kalium dan Serat.

7. Jambu Biji

Jambu Biji kaya vitamin C dimana dalam 100 gram buah jambu biji memiliki kandungan nutrisi vitamin C sebesar 228 mg. Kandungan nutrisi lain yang terdapat dalam jambu biji antara lain asam folat, mangan, kalium, dan serat.

8. Tomat

Buah tomat merah kaya akan vitamin C, dimana dalam setiap 100 gram tomat mengandung 100 mg vitamin C.

Baca juga :

Itulah makanan yang mengandung sumber vitamin C tinggi. Semoga bisa menginspirasi kesehatan keluarga anda dalam mencukupi kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh.




Tags: