Makanan Yang Mengandung Sumber Vitamin B

Makanan yang mengandung sumber vitamin B bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin B merupakan jenis vitamin yang larut dalam air dan berperan dalam metabolisme sel. Tadinya vitamin B ini hanya memiliki 1 kandungan saja, namun seiring berkembangnya teknologi komposisi kimia maka vitamin ini sekarang dibedakan menjadi : Vitamin B1 (tiamin), Vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B3 (niasin = asam nikotinat dan nikotinamida), Vitamin B5 (asam pantotenat), Vitamin B6 (pridoksin), Vitamin B7 (vitamin H atau biotin), Vitamin B9 (vitamin M dan B-c, asam folat) dan Vitamin B12 (kobalamin). Nah 8 vitamin tersebut disebut dengan vitamin B kompleks.

Sumber Vitamin B

Beberapa makanan yang mengandung sumber vitamin B adalah sebagai berikut :

sumber-vitamin-b-ma

Sumber Vitamin B ( manfaatalami.com )

1. Vitamin B1
Manfaat vitamin B1 sangat penting untuk memori dan fungsi otak, selain itu juga membantu memproduksi energi. Makanan yang mengandung vitamin B1 ini adalah biji-bijian yang masih terdapat kulit ari, kecambah, gandum, sayuran, kacang-kacangan, kering, ercis dan yang lain. Seperti kacang polong, beras merah, selada air, asparagus, bayam, kubis brussel, kembang kol, kacang brazil.

Jika kita kekurangan vitamin ini, anda akan terkena beri-beri, penurunan berat badan, gangguan emosi, gangguan sensorik, lemah, nyeri pada anggota tubuh, detak jantung tidak teratur dan edema. Kekurangan vitamin ini juga akan mengakibatkan amnesia.

2. Vitamin B2
Manfaat vitamin B2 itu sangat penting bagi kesehatan rambut, kulit, mata dan untuk memproduksi energi. Makanan yang mengandung sumber vitamin B2 harus dijauhkan dari sinar matahari secara langsung. Kita dapat menemukan sumber vitamin B2 pada hati sapi, daging sapi, salmon liar, ayam, almond, bayam, brokoli, asparagus, telur dan jamur.

Kekurangan vitamin B2 ini akan mengakibatkan bibir pecah-pecah, sensitif akan sinar matahari, radang pada lidah, sakit tenggorokan, hyperemia dan edema mukosa faring dan lisan.

3. Vitamin B3
Manfaat vitamin B3 itu penting untuk kesehatan otak, kulit, dan regulasi darah. Vitamin ini dapat mengatur kadar kolesterol. Vitamin B3 terdapat pada daging sapi, ayam, kalkun, kacang lima, salmon liar, lentil dan asparagus.

Apabila kita kekurangan vitamin B3 dan dibarengi dengan kekurangan tripofan akan berakibat pellagra, dermatitis, agresi, kelemahan, insomnia, kebingungan mental serta diare.

4. Vitamin B5
Manfaat vitamin B5 yaitu untuk menjaga kesehatan kulit, rambut dan sistem saraf, selain itu vitamin ini membantu menghasilkan hormon kortisol atau hormon anti-peradangan. Vitamin B5 dapat ditemukan pada ayam, telur, brokoli, alpukat, kacang, kacang polong, jamur dan ubi jalar.

Kekurangan vitamin B5 akan berakibat pada kesehatan wajah seperti jerawat dan paresthesia.

5. Vitamin B6
Manfaat vitamin B5 yaitu berfungsi dalam memproduksi sel darah merah dan sistem darah agar tetap sehat. Meminimalisir gejala atau sindrom pramenstruasi. Vitamin B6 banyak ditemukan pada daging sapi, ayam, beras coklat, kalkun, salmon liar, kacang hijau, bayam, kentang, collard greens, pisang dan alpukat.

Kekurangan vitamin B6 akan berakibat microcytic, depresi, dermmatiitis, hipertensi, retensi air dan kadar homosisten akan meningkat.

6. Vitamin B7
Manfaat dari Vitamin B7 ini yaitu untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku, pencegahan glukosa. Vitamin ini bisa anda temukan di dalam hati, telur, kacang, kacang polong kedelai, oatmeal, mentega, buah pisang dan juga jamur.

Jika kekurangan vitamin B7 akan mengakibatkan gangguan pertumbuhan dan gangguan neurologis pada bayi.

7. Vitamin B9
Penting untuk wanita yang sedang hamil untuk perkembangan bayi, kesehatan jantung dan mental. Sumber vitamin B9 ada pada brokoli, kubis, asparagus, kacang-kacangan, oatmeal.

Kekurangan vitamin B9 akan berakibat anemia makrositik dan peningkatan kadar homosistein, menyebabkan cacat lahir.

8. Vitamin B12
Vitamin B12 bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem saraf, produksi energi dan sel darah. Dapat ditemukan pada daging sapi, hati sapi, ayam, kalkun, salmon liar, susu, keju dan telur.

Kekurangan vitamin B12 akan mengakibatkan anemia makrositik, kurangnya memori dan kognitif.

Dengan memperhatikan asupan makanan yang mengandung sumber vitamin B komplek maka semoga kesehatan anda tetap terjaga.




Artikel ini memuat topik:
makanan yang mengandung vitamin b ; makanan yg mengandung vitamin B ; buah yg mengandung vitamin B ; gambar buah yang mengandung vitamin B ; sayuran yang mengandung vitamin b ;