Makanan Yang Mengandung Sumber Vitamin A (Retinol)

Makanan yang mengandung sumber Vitamin A yang cukup tinggi adalah sayuran dan buah. Salah satu nutrisi penting bagi kesehatan adalah vitamin yang terdiri atas vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Vitamin-vitamin tersebut memiliki manfaat masing-masing yang berguna untuk menjaga kesehatan dan menangkal penyakit.

Vitamin A sangat penting menjaga kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah menjaga kesehatan mata. Vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan memiliki peran penting bagi kesehatan. Dalam vitamin A terdapat senyawa seperti retinol, retinil pelmitat dan retinil astetat.

Sebelum membahas kandungan vitamin A pada sayuran dan buah, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu akibat jika seseorang kekurangan vitamin A. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan beberapa penyakit seperti :

  • Hemeralopia, karena menurunya sel basilus pada saat senja.
  • Kerusakan pada retina.
  • Kornea mata mengering karena terganggu kelenjar air mata.
  • Kornea mata rusak karena kekurangan minyak meibom.
  • Kulit tangan dan kaki bersisik.
  • Pendarahan pada selaput usus, ginjal dan juga paru-paru.
  • Proses pertumbuhan berhenti.

Daftar Makanan Yang Mengandung Sumber Vitamin A Tinggi

Berikut ini makanan yang mengandung vitamin A (retinol) yang tinggi yaitu :

  1. Wortel
    wortel

    Wortel

    Sayuran ini biasanya sangat disukai oleh kelinci, karena itu kelinci memiliki penglihatan yang tajam. Sayuran ini memiliki kandungan vitamin A, berguna untuk menurunkan hipertensi, wortel juga dapat menghilangkan nyeri karena menstruasi, selain itu juga wortel adalah salah satu bahan campuran untuk makanan seperti sup.

  2. Cabai merah
    cabai-merah

    Cabai Merah

    Cabai tidak hanya dapat memberikan rasa pedas ataupun bumbu dapur saja. Karena cabai mengandung vitamin A yang tinggi, tidak sedikit orang yang suka dengan rasa pedas penglihatannya sangat bagus.

  3. Bayam
    Tidak hanya wortel, bayam juga mengandung beta karoten di dalamnya. Mengandung zat besi yang baik bagi kesehatan tubuh kita.
  4. Tomat
    Sayuran yang memiliki warna merah ini kaya akan vitamin A dan C yang baik bagi kesehatan tubuh kita.
  5. Buah Pepaya
    Selain murah, buah pepaya memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, mencukupi 29% vitamin A pada tubuh dengan satu buah pepaya.
  6. Buah naga
    Buah naga ini memiliki harga yang sedikit mahal, demi mendapatkan vitamin A yang cukup, sampai-sampai buah ini diberi julukan buahnya orang-orang kaya.
  7. Buah Apel
    Tidak hanya mengandung vitamin B komplek dan vitamin C, tapi apel juga mengandung vitamin A juga, yang sangat penting untuk tubuh kita.
  8. Pisang
    Bukan hanya harganya yang murah dan dapat ditemui di pasaran, pisang memiliki kandungan vitamin A yang bagus bagi tubuh. Tetapi jangan makan pisang yang terlalu matang, karena gizi yang ada di dalamnya akan berkurang.
  9. Sereal
    Sereal juga mengandung vitamin A adalah sereal yang terbuat dari jagung kuning dan gandum.
  10. Umbi-umbian
    Umbi-umbian adalah salah satu makanan lain yang memiliki kandungan vitamin A yang baik bagi tubuh, jenisnya yaitu ubi kuning, ubi kukus, ubi jalar merah, ubi rambat merah.
  11. Hati sapi
    100 gram hati sapi memiliki kandungan lebih dari 300% dari asupan vitamin A untuk setiap harinya.
  12. Susu olahan
    Olahan susu, seperti keju juga memiliki kandungan vitamin A yang baik bagi tubuh.

Usahakan jangan sampai anda kekurangan vitamin A, karena jika anda sampai kekurangan vitamin ini akan beresiko terkena penyakit serius. Demikian info kesehatan kali ini yang mengetengahkan topik makanan yang mengandung sumber vitamin A (retinol). Semoga bermanfaat bagi pembaca.