Makanan Yang Mengandung Sumber Protein Tinggi

Daging sudah sejak lama dikenal sebagai makanan yang mengandung sumber protein tinggi. Protein terdiri dari asam amino yang dapat diproduksi dan ada juga yang tidak dapat diproduksi. Asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh disebut asam amino essensial yang bisa kita dapat dari makanan. Protein hewani mengandung 9 asam amino essensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya makanan protein hewani mengandung lemak yang tinggi, tapi bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsinya. Solusinya adalah mengkonsumsi daging dan susu yang rendah lemak, agar mendapatkan protein hewani dengan takaran yang sesuai.

Sumber protein dibagi menjadi 2 yaitu protein hewani dan protein nabati. Makanan yang mengandung sumber protein hewani artinya makanan tersebut berasal dari hewan, sedangkan makanan yang mengandung sumber protein nabati artinya bersumber dari tumbuh-tumbuhan. (Baca juga: Fungsi protein penting bagi kesehatan tubuh)

Daftar Makanan Sumber Protein Tinggi

sumber-protein

Makanan Yang Mengandung Sumber Protein

Berikut daftar makanan yang mengandung sumber protein tinggi :

1. Read meat

Daging sapi, kambing, domba, dan unta adalah makanan yang mengandung sumber protein hewani yang tinggi. Selain mengandung protein, daging-daging tersebut juga memiliki sejumlah zat besi yang dapat mencegah anemia

2. White meat

Salah satu daging ini adalah daging ayam, ayam mengandung lemak dan juga kolesterol. Lemak ayam lebih banyak terdapat pada kulit dan paha ayam.

3. Ikan

Ikan adalah makanan yang mengandung sumber protein tinggi. Beberapa macam jenis ikan gindara punya kadar lemak yang rendah. Jadi anda tak perlu khawatir dengan lemak yang ada pada ikan. Ikan yang memiliki banyak lemak adalah ikan salmon dan tuna. Tetapi, lemak ikan tuna dan salmon adalah lemak baik omega tiga yang bermanfaat untuk kesehatan.

4. Susu dan olahannya

Protein yang ada pada whole milk mencapai 80 persen, dan sisanya 20 persen merupakan protein whey. Protein whey mudah diserap oleh tubuh. Namun bagi anda yang memiliki riwayat penyakit lactose intolerance jangan mengkonsumsi susu, karena akan menyebabkan diare.

5. Telur

Telur adalah makanan kaya protein yang mudah dijumpai dimana saja. Salah satu sumber protein yang ada pada telur adalah biological value (BV), semakin tinggi BV ini maka protein akan semakin mudah diserap oleh tubuh kita. BV yang paling tinggi pada telur mencapai 100 mg.

6. Ikan teri

Ikan teri ternyata memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Kandungan protein 100 gram ikan teri segar mencapai 10 persen. Selain protein, ikan teri juga mengandung kalsium.

7. Udang

Udang adalah seafood yang mengandung protein dan kalsium. Dalam 100 gram udang terdapat 20.3 gram protein. Artinya jika kita konsumsi 100 gram udang itu sudah mencukupi kebutuhan protein harian sebesar 41 persen. Selain itu, udang juga memiliki kandungan protein kompleks dengan adanya asam amino lengkap yang terdiri dari asam asparat, asam gulamat, isoleucine, leucine, glycine, valine, arginine, dan lysine.

8. Keong Mas

Keong Mas mengandung omega 6 dan omega 9. Dari hasil uji proksimat protein yang terdapat pada keong mas adalah 16-50 persen. Biasanya keong mas ini diolah menjadi bahan masakan untuk resep sate, sambal, pepes ataupun kecap keong.

9. Tahu

Tahu mengandung sumber protein nabati yang tinggi. Selain protein, tahu juga mengandung kalsium dan dan zat besi. Manfaat makan tahu adalah mencegah anemia, menurunkan kadar kolesterol, sumber nutrisi protein, dan kesehatan kardiovaskular.

10. Kacang polong

Kacang polong, buncis atau kacang panjang memiliki sumber protein nabati yang tinggi. 1 cangkir kacang-kacangan ini memiliki kandungan protein 12-15 gram.

Semoga informasi makanan yang mengandung sumber protein tinggi di atas dapat bermanfaat bagi anda. Baca juga uraian sehat tentang makanan sumber vitamin E.




Artikel ini memuat topik:
berapa persen kandungan protein udang ; berapakadar protein pada makanan ; berapapersen protein telur ; protein yang mencapai 80 mg ;

Tags: