Makanan Yang Mengandung Sumber Kalium Tinggi

Makanan yang mengandung sumber kalium. Kalium adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu makanan yang menjadi sumber kalium adalah pisang. Kandungan kalium dalam buah pisang mencapai 594 mg untuk tubuh.

Fungsi kalium adalah mengatur tekanan darah, menjaga kesehatan fungsi saraf, otot, dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kebutuhan harian kalium orang dewasa setiap hari sebesar 4700 mg. Jumlah kebutuhan kalium akan lebih banyak lagi bagi atlet dan orang sakit. Apabila anda sampai kekurangan kalium, maka akan menimbulkan dampak kekurangan kalium yaitu badan terasa mudah lelah, kram otot, dan pusing. Oleh sebab itu jangan lupa konsumsi makanan yang mengandung sumber kalium agar tubuh tetap sehat.

Makanan Yang Mengandung Kalium

Beberapa makanan yang mengandung sumber kalium tinggi yaitu:

makanan-kalium

Makanan Yang Mengandung Sumber Kalium

1. Pisang

Pisang mengandung kalium sebesar 594 mg kalium.

2. Wortel

1 buah wortel yang mentah mengandung kalium 689 mg. Wortel dapat dikonsumsi dengan cara dijus dan dimasak.

3. Tomat

1 buah tomat mentah yang berukuran kecil mengandung 909 mg kalium.

4. Ubi jalar

Selain memiliki banyak vitamin, ubi jalar memiliki kandungan kalium yang tinggi. 1 buah ubi jalar ukuran sedang, memiliki kandungan kalium hingga 542 mg.

5. Alpukat

Tidak hanya memberi lemak sehat, buah Alpukat juga mengandung sumber kalium sebesarĀ  487 mg yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Yoghurt

Yoghurt adalah sumber postasium, satu porsi yoghurt atau 8 ons mengandung kalium sebesar 839 mg.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat, protein dan kalium sekitar 1189 mg pada setiap cangkir. Kacang jenis edamame mengandung kalium 970 mg dan kacang lentil mengandung kalium 731 mg.

8. Ikan salmon

3 ons ikan salmon panggang atau dikukus memiliki kandungan kalium hingga 319 mg, ikan salmon ini baik untuk kesehatan jantung.

9. Daging yang dimasak

3 ons daging ini mengandung kalium 224 mg, daging ini juga salah satu sumber protein.

10. Kerang laut

Kerang laut bermanfaat dalam menjaga tekanan darah, membantu fungsi jantung, dan metabolisme tubuh.

11. Kurma

Tidak hanya sebagai sumber serat dan juga karbohidrat, satu buah kurma mengandung kalium 167 mg.

12. Aprikot kering

Buah ini berasal dari utara Cina, buah ini mengandung kalium. 1 porsi buah aprikot kering mengandung kalium 257 mg.

13. Cantaloupe

Buah ini disebut juga dengan melon jingga, 1 porsi buah melon jingga atau 134gr ini memiliki kandungan kalium 358 mg.

14. Pepaya

Buah ini sangat mudah ditemukan di pasaran dan harganya juga terjangkau. 1 potong buah pepaya ukuran 2,5 cm mengandung kalium sebesar 264 mg.

15. Kentang

Kentang panggang memiliki kandungan kalium hingga 751 mg. Dan selain kalium, kentang juga mengandung antioksidan dan beta karoten yang berguna untuk mata, mencegah penuaan dini. Selain itu, kentang juga cocok untuk diet sehat.

16. Bayam

Selain mengandung zat besi, bayam juga mengandung kalium yang diperlukan oleh tubuh. Satu cangkir bayam mengandung kalium mencapai 839 mg.

Ciri makanan kaya kalium yaitu umumnya memiliki kadar lemak dan kalori yang rendah.Dari daftar makanan sumber kalium diatas, anda dapat mengkonsumsi salah satu makanan yang anda sukai. Konsumsilah makanan yang mengandung sumber kalium setiap hari agar kebutuhan kalium harian anda tercukupi. Semoga informasi kesehatan ini dapat bermanfaat bagi pembaca uraian sehat.




Artikel ini memuat topik:
makanan yang mengandung kalium ; bahan makanan sumber kalium ; buah apa yg mengandung kalium ; kalium adalah ; makanan kalium ; makanan tinggi kali ; minuman yang mengandung kalium ;

Tags: