Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil perlu diperhatikan oleh Anda demi kelancaran proses kehamilan dan persalinan. Dengan pemenuhan gizi yang cukup dan seimbang, maka risiko kesehatan yang mungkin terjadi bagi ibu hamil dan juga janin akan semakin kecil. Pada dasarnya gizi seorang ibu hamil hampir sama dengan gizi pada umumnya, meskipun ada asupan-asupan tambahan yang memang sangat dibutuhkan untuk kesehatan janin yang ada di dalam kandungannya.

makanan-ibu-hamil-ct

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil (© Shutterstock)

Asupan makanan sehat untuk ibu hamil akan semakin meningkat seiring dengan usia dan perkembangan janin yang ada di dalam rahim, semakin bertambah besar dan tua kehamilan maka semakin banyak pula gizi kehamilan yang harus dipenuhi terutama menginjak trimester kedua. Pada trimester kedua ini yaitu saat kehamilan berusia 13 minggu hingga 27 minggu pertumbuhan janin sedang berjalan sangat cepat terutama pertumbuhan otak dan susunan syarafnya.

Makanan yang baik untuk ibu hamil dapat memberikan efek positif bagi kesehatan ibu dan janin hingga proses kelahiran kelak. Banyak sekali kasus kelahiran bayi prematur atau kelainan-kelainan bayi yang baru dilahirkan akibat kurangnya asupan gizi pada masa kehamilan.

Kebutuhan gizi ibu hamil tidak jauh berbeda dengan gizi kebanyakan orang pada umumnya, namun ada beberapa kebutuhan nutrisi yang memang harus ditingkatkan seperti protein, asam folat, kalsium dan vitamin karena seorang ibu hamil juga harus memberikan asupan yang baik juga untuk janin yang akan dilahirkannya. Oleh karena itu seorang wanita hamil harus didorong untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan kontrol berat terhadap penambahan berat badan selama kehamilan. Kenaikan berat badan ideal selama kehamilan yaitu berkisar antara 12-15 Kg.

Agar perkembangan dan pertumbuhan janin berjalan dengan lancar, seorang ibu hamil harus mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung nilai gizi. Makanan sehat yang banyak mengandung gizi yang baik untuk kehamilan adalah :

1. Sereal
Makanan sehat untuk ibu hamil yang pertama adalah sereal. Pada waktu hamil terutama pada awal kehamilan terkadang sarapan seringkali menjadi masalah rasa mual yang timbul akibat kehamilan seringkali menghambat ibu hamil mengkonsumsi makanan pada pagi hari. sehingga sereal adalah pilihan tepat yang dapat dijadikan alternatif menu sarapan pagi hari bagi ibu hamil. Selain dapat mengatasi gangguan mual, serela juga kaya akan zat gizi seperti karbohidrat, vitamin B dan kalsium yang sangat diperlukan untuk mendukung kesehatan janin. Selain itu, kandungan gandum utuh dari sereal banyak mengandung serat yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil.

2. Buah-buahan
Buah-buahan juga merupakan makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk pemenuhan ibu hamil. Kandungan vitamin dan berbagai macam mineral yang terdapat pada berbagai jenis buah-buahan memang memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan ibu dan juga janin. Contoh buah-buahan yang sangat baik dikonsumsi untuk gizi ibu hamil adalah jeruk yang banyak memiliki kandungan vitamin C yang dibutuhkan untuk menambah sistem imunitas dan dapat mencegah terjadinya infeksi, selain jeruk pisang dan alpukat juga merupakan pilihan buah yang tepat untuk mencukupi gizi kehamilan. Kandungan kalium yang terdapat pada pisang dapat digunakan sebagai tambahan energi untuk ibu hamil, buah pisang juga sangat baik untuk sistem saluran pencernaan karena daging buahnya sangat mudah dicerna. Alpukat juga salah satu pilihan tepat untuk gizi kehamilan alpukat yang merupakan salah satu sumber lemak nabati yang diperlukan oleh tubuh. lemak yang terkandung dalam alpukat ini bermanfaat untuk membantu perkembangan dari otak janin, selain itu alpukat juga banyak mengandung asam folat dan vitamin B kompleks yang baik untuk membantu perkembangan tulang belakang pada janin.

3. Sayuran
Dalam menyususun makanan sehat, bahan makanan yang harus ada adalah buah dan sayur. Sayur memang memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan seseorang karena di dalam sayur terdapat berbagai macam mineral dan zat gizi yang tidak dapat ditemukan dalam bahan makanan yang lainnya. Dari berbagai jenis sayuran yang terdapat didunia ini ada beberapa jenis yang sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang sedang hamil. Brokoli, labu siam, kacang panjang, terung ungu dan jagung adalah diantaranya sayuran-sayuran tersebut memang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti kandungan asam folat yang terkandung di dalam terung ungu. Asam folat ini adalah nutrisi yang sangat penting untuk pemenuhan gizi bagi ibu hamil, asam folat ini bergunan untuk mengurangi risiko kecacatan yang terjadi pada bayi lahir.

4. Ikan salmon
Ikan salmon merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk pemenuhan gizi kehamilan. Kandungan omega-3 yang tinggi pada ikan salmon sangat baik untuk janin dan ibu hamil. Selain itu menurut penelitian ikan salmon juga memiliki kandungan merkuri yang lebih sedikit dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya.

5. Susu
Susu juga merupakan pelengkap makanan sehat yang sangat baik untuk kehamilan. Di dalam susu terdapat beberapa kandungan mineral dan yang paling utama adalah kandungan kalsium yang terdapat pada susu. Kalsium bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin dan dapat mengurangi risiko terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis pada ibu hamil. Selain itu susu juga mengandung mineral lainnya seperti vitamin A, vitamin D, vitamin C dan vitamin B2 dan B3. Jika merasa mual dengan susu maka sekarang tidak usah khawatir lagi karena sekarang telah hadir berbagai macam produk susu beraneka rasa sehingga tidak membuat ibu merasa nyaman ketika meminumnya.

Baca juga:
Cara menjaga kehamilan trimester pertama
Cara menjaga kehamilan trimester ketiga
cara menjaga berat badan saat hamil

Selain bahan makanan diatas sebenarnya masih terdapat bahan makanan sehat Untuk ibu hamil lainnya yang sangat baik untuk dijadikan asupan gizi kehamilan. Perlu disadari juga bahwa perkembangan dan pertumbuhan anak pada masa dewasa itu ditentukan oleh gizi yang dia terima pada saat masih dalam kandungan. Semoga informasi uraian sehat diatas bermanfaat bagi pembaca.