Makanan Sehat Untuk Ginjal

Makanan Sehat Untuk Ginjal penting bagi kesehatan. Fungsi ginjal sebagai alat eksresi yaitu mengeluarkan sisa penyaringan darah berupa urine. Fungsi ginjal lainnya yaitu menyaring darah, mempertahankan keseimbangan asam basa, mengeksresikan zat-zat yang merugikan tubuh. Betapa besar peran organ tubuh kita ini sehingga harus kita jaga kesehatannya.

ginjal-ct

Ginjal (┬ęShutterstock)

Makanan Sehat Untuk Ginjal

1. Putih telur

Jika ginjal bermasalah maka Anda lebih membutuhkan protein dengan kandungan fosfor yang rendah. Bagian dari telur yang mengandung protein namun rendah fosfor adalah putih telur. Yang perlu diingat bagi orang yang bermasalah dengan ginjalnya jangan makan terlalu banyak kuning telur. Substitusikan kuning telur dengan putih telur.

2. Ikan

Lemak omega tiga yang terdapat pada ikan merupakan anti inflamasi yang sangat baik untuk kesehatan ginjal Anda. Ikan juga kaya protein dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

3. Kubis

Kandungan phytochemical dalam sayuran kubis mampu mencegah radikal bebas penyebab penuaan diril. Selain itu, mengkonsumsi kubis juga baik bagi kesehatan ginjal Anda.

4. Jus

Baik jus buah maupun jus sayur dapat membantu proses pemecahan limbah makanan. Jus sayur berfungsi sebagai dialisis atau pencuci darah yang baik.

5. Bawang Putih

Bawang putih merupakan makanan yang kaya anti oksidan yang dapat menghambat penuaan dini, mengurangi kadar kolesterol, peradangan, dan menyehatkan ginjal Anda.

6. Bawang Merah

Bawang merah selain berfungsi sebagai penawar racun juga mampu membersihkan dan menyehatkan fungsi ginjal.

7. Buah Beries

Buah beries meliputi stroberi, raspbery, bluebery, cranberry sangat baik bagi ginjal karena mengandung anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kandung kemih.

8. Paprika Merah

Paprika merah memiliki kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, asam folat, dan serat yang baik untuk kesehatan ginjal Anda.

9. Kecambah

Kecambah mampu membersihkan ginjal dan mengurangi potensi batu ginjal.

10. Apel

Apal adalah buah yang baik untuk detoksifikasi dan membersihkan ginjal. Mengkonsumsi apel secara rutin baik bagi anda sekaligus mencegah penuaan dini.

11. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung anti inflamasi yang berkhasiat pada kesehatan ginjal.

Demikian 11 makanan sehat untuk ginjal, semoga bermanfaat bagi pembaca.