Mainan Bayi Usia 6 Bulan

Pemilihan mainan bayi usia 6 bulan yang tepat dapat membantu menstimulus kecerdasan otak, gerakan anggota tubuh, dan sebagai media pembelajaran. Mainan edukasi diperlukan oleh bayi usia 6 bulan, karena bayi sedang dalam fase masa pertumbuhan yang lebih aktif daripada sebelumnya. Jari lentiknya sudah mulai mencoba untuk menggenggam benda-beda yang disodorkan padanya. Bayi 6 bulan memiliki keinginan untuk mengambil benda-benda yang ada disekelilingnya, terutama warna yang mencolok seperti merah dan kuning. Selain itu, bayi usia enam bulan juga suka memindahkan dan terkadang memungkul benda/mainan dengan satu atau dua kali gerakan sambil memperlihatkannya kepada anda.

Tips dalam memilih mainan bayi usia 6 bulan yang utama adalah perhatikan unsur keamanan baik dari segi bahan, ukuran, dan tekstur. Keawetan mainan bayi adalah pertimbangan kedua setelah faktor keamanan. Hindari mainan yang gampang rapuh karena dikhawatirkan dapat melukai bayi. Selalu bersihkan mainan bayi dengan alkohol untuk mencegah potensi masuknya organisme kedalam pencernaannya. Bayi 6 bulan memiliki rasa penasaran yang tinggi dan suka memasukkan mainan kedalam mulutnya. Selain itu pastikan agar tidak ada mainan bersuara keras yang dapat merusak indera pendengarannya.

Mainan Bayi Usia 6 Bulan

Berikut ini merupakan mainan edukasi untuk bayi usia 6 bulan yang sangat baik untuk melatih kecerdasan dan tumbuh kembang bayi.

mainan-bayi-usia-6-bulan

a. Rattle

Rattle merupakan salah satu mainan untuk bayi 6 bulan. Rattle terbuat dari bahan plastik, kain, atau karet yang lembut yang dapat merangsang pertumbuhan giginya. Rattle adalah mainan yang aman dan mudah dipegang oleh bayi. Manfaat mainan rattle yaitu bayi belajar mendengar dan menggerakan objek karena rangsangan bunyi.

b. Cermin Bayi

Bayi usia 6 bulan sangat tertarik jika anda memberikan cermin untuk bayi. Bayi akan tertarik melihat dirinya yang ada di cermin. Anda dapat memilih cermin plastik yang aman bagi bayi. Sesekali anda dapat mengajaknya untuk bercermin lalu mengajak bicara sambil mengajarkan hal yang baru.

c. Putar Musik

Ada banyak mainan bayi usia 6 bulan yang dapat menghasilkan alunan musik. Anda dapat mengajak si kecil untuk bermain dengan cara mencari letak sumber bunyi.

d. Alat Musik

Mainan bayi 6 bulan lainnya yaitu alat musik seperti piano kecil yang dapat merangsang gerakan motoriknya. Ketika bayi mulai memukul dan memijat mainan alat musik, maka bayi akan belajar untuk mengenali sumber bunyi.

e. Boneka Tangan

Mainan bayi usia 6 bulan yang sangat digemari yaitu boneka tangan. Anda dapat mengajak bayi bermain dengan boneka tangan dan coblah berkomunikasi dengannya sehingga kelak anak menjadi lebih cepat berbicara.

f. Mainan Lampu

Mainan lampu senter yang mampu mengeluarkan cahaya warna warni, akan menarik perhatian bayi 6 bulan untuk memainkannya. Mainan lampu dapat menstimulus kemampuan visualnya. Belilah mainan lampu yang tidak terlalu terang agar tidak menyilaukan matanya.

Nah itulah mainan untuk bayi 6 bulan. Semoga dengan mainan edukasi tersebut diatas dapat meningkatkan kecerdasan dan tumbuh kembang bayi usia 6 bulan. (Uraian Sehat)