Mainan Bayi Usia 4 Bulan

Mainan bayi usia 4 bulan berfungsi memberikan perspektif baru tentang kehidupan melalui suara, warna, dan bahan yang berbeda-beda. Mainan bayi yang dipilih harus menunjang kemampuan umur 4 bulan, yaitu mampu menggerakkan anggota tubuh, mampu berbaring terlentang, mampu ditengkurapkan, dan menggerakkan jari-jemarinya.

Bayi yang berumur 4 bulan sudah lebih aktif daripada sebelumnya, sehingga orang tua sebaiknya memilih Mainan bayi usia 4 bulan sesuai dengan perkembangan buah hati anda. Tips dalam membeli mainan bayi untuk usia 4 bulan yaitu memastikan keamanan mainan. Hindari mainan rapuh yang dapat melukai bayi. Selain itu pastikan bahan cat mainannya tidak mudah pudar atau luntur.

Mainan Bayi Usia 4 Bulan

Berikut ini merupakan mainan edukasi untuk bayi usia 4 bulan yang telah disesuaikan dengan perkembangan si kecil. Anda dapat membeli mainan untuk bayi usia 4 bulan di toko mainan anak ataupun toko online.

mainan-bayi-usia-4-bulan

a. Mainan Menggantung Yang Berbunyi

Mainan bayi usia 4 bulan yang menggantung, berbunyi, dan warna warni akan dapat menarik perhatian si kecil. Mainan ini menstimulus kemampuan indera penglihatan sekaligus kemampuan otak dan pergerakan anggota tubuh. Carilah mainan yang ringan dan ikatlah dengan kuat agar tidak menimpa bayi anda.

b. Mainan Ikat

Mainan ikat adalah jenis mainan yang diikatkan pada tangan dan kaki bayi. Usahakan agar ikatan tidak terlalu kuat yang dapat membuat kulit bayi memerah dan menghambat peredaran darahnya.

c. Alat Musik

Salah satu alat musik yang disukai oleh bayi adalah piano. Mainan Piano khusus bayi berfungsi mengenali aneka nada suara. Biarkan bayi anda meraih dan menekan piano. Setelah piano tersebut berbunyi, ceritakan tentang nada suaranya. Meskipun bayi belum dapat merespon, namun indera pendengarannya akan berusaha menangkap suara anda.

d. Cermin Plastik

Bayi akan tertawa riang saat anda mengajaknya bermain cermin plastik sambil berkata “Ciluk Ba”. Selain permainan “ciluk ba”, cermin plastik juga dapat diberikan pada bayi untuk dapat mengenali dirinya sendiri.

e. Mainan Merangkak

Bayi usia 4 bulan memiliki keinginan kuat untuk meraih benda-benda menarik dengan cara menggerakkan tangan, kaki, dan merangkak. Mainan merangkak dapat mestimulus keterampilan motoriknya.

f. Bola

Mainan bola dengan corak warna warni kontras akan disukai bayi laki-laki maupun perempuan. Pilihlah bola dengan ukuran sedang. Jika bola terlalu kecil, maka bayi yang penasaran akan memasukkan kedalam mulutnya. Adapun jika bola terlalu besar akan menyulitkan si kecil untuk bergerak.

Baca juga :

Bayi usia 4 bulan sedang lucu-lucunya bermain. Permainan bayi yang dipilih pun harus sesuai dengan perkembangan usianya. Semoga dengan daftar mainan bayi usia 4 bulan dari uraian sehat diatas dapat membantu anda dalam memilih mainan edukasi yang tepat untuk perkembangan buah hati anda.




Artikel ini memuat topik:
mainan bàyi 4 bulan ; mainan untuk bayi 4 bulan ; mainan bayi usia 4 bulan ; mainan bayi usia ; mainan buat bayi 4 ; mainan anak cewe umur 4 bulan ; mainan bayi 4 bulan yang aman ; mainan bayi perempuan 10 bulan ;