Mainan Bayi Usia 3 Bulan

Mainan Bayi Usia 3 Bulan dapat meningkatkan kemampuan panca indera dan kecerdasannya. Meskipun bayi usia 3 bulan gerakannya masih sangat terbatas, tetapi rasa penasaran ingin meraih benda yang menarik sudah muncul. Orang tua yang baik harus memfasilitasi kebutuhan bayinya dengan membelikan permainan yang tepat dan bermanfaat.

Tips membeli mainan bayi usia 3 bulan yaitu perhatikan faktor keamanannya. Belilah mainan dengan bahan yang tidak kasar, tidak tajam, dan ukurannya tidak kecil. Mainan dengan bahan kasar akan dapat melukai kulit bayi yang masih sensitif. Sedangkan mainan yang terlalu kecil akan mudah tertelan oleh si kecil.

Pilihlah corak warna warni untuk mainan bayi usia 3 bulan. Selain dapat dijadikan sebagai mainan, mainan warna warni juga mampu menghibur bayi saat rewel. Jika terdapat asesoris, maka pastikan asesorisnya menempel kuat. Hindari mainan yang dapat menghasilkan bunyi suara terlalu keras, karena dikhawatirkan merusak indera telinganya.

Mainan Bayi Usia 3 Bulan

Berikut aneka mainan edukatif untuk bayi usia 3 bulan yang dapat dibeli di toko mainan anak.

mainan-bayi-usia-3-bulan

a. Mainan yang Digantung

Mainan yang digantung sangat cocok untuk ditempatkan diatas box atau tempat tidur bayi. Anda bisa mengajaknya bermain dengan cara menggoyangkan mainan tersebut sehingga suara gemerincingnya menarik perhatian si kecil. Ketika bayi menggerakkan tangannya, berikan kesempatan padanya untuk meraih mainan tersebut.

b. Gelang Berbunyi

Gelang gemerincing menjadi salah satu favorit permainan bayi sepanjang masa. Mainan gelang gemerincing berfungsi melatih panca indera dan gerakan anggota lengan.

c. Mainan untuk digigit (Theeters)

Mainan untuk bayi 3 bulan lainnya yaitu mainan untuk digigit (Theeters). Mainan Theeters dapat menstimulus pertumbuhan gigi bayi. Namun anda harus lebih ekstra memperhatikan kebersihan dan keamanan mainan tersebut. Bersihkan mainan tersebut dengan cara mencuci dan menjemurnya secara rutin.

d. Mainan dengan bentuk favorit

Meskipun bentuk favoritnya boneka, tapi pilihlah bentuk favorit mobil, bola, atau binatang untuk bayi laki-laki. Sedangkan untuk bayi perempuan pilihannya lebih banyak. Pada saat anda bermain, ceritakan mengenai karakter favorit tersebut. Meskipun bayi belum bisa merespon, tapi akan dapat menstimulus perkembangan alat indera pendengarannya.

e. Mainan warna warni kontras

Mainan warna wani kontras akan dapat menarik perhatian bayi 3 bulan. Fungsi mainan warna warni kontras yaitu dapat menstimulus indera penglihatan dan mengembangkan kemampuan motoriknya. Tempatkan beberapa mainan warna warni kontras box bayi agar dapat dimainkan oleh buah hati anda.

Baca juga :

Pemilihan mainan bayi usia 3 bulan yang tepat secara langsung akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi. Selain itu peran orang tua dalam menemani, bercerita, dan mendongeng akan membuat bayi merasa senang. Nikmatilah momen bahagia anda bermain dengan bayi usia 3 bulan dan jangan lupa abadikan lewat kamera. Demikian artikel uraian sehat, semoga bermanfaat.




Artikel ini memuat topik:
mainan bayi 3 bulan ; mainan untuk bayi 3 bulan ; mainan bayi 4 bulan untuk digigit ; mainan untuk anak 3 bulan ; mainan bayi umur 3 bulan ; mainan bayi ; permainan anak cowo berusia 3 bulqn ; mainan bayi 3 bulan keatas ;