Macam-macam Jerawat

Macam-macam Jerawat – Selama ini mungkin kita hanya tahu satu jenis jerawat yaitu jerawat yang muncul di wajah. Tetapi sebetulnya ada beberapa jenis jerawat dengan karakteristik yang berbeda-beda. Dengan mengetahui macam-macam jerawat maka pengetahuan Anda bertambah sehingga penanganan yang tepat menjadi solusi ketika penyakit kulit ini mendatangi Anda.

jerawat-dahi-pipi-ct

Jerawat Dahi Pipi (┬ęShutterstock)

Macam-Macam Jerawat

Jerawat Biasa atau jerawat klasik
Jerawat biasa atau jerawat klasik adalah jerawat yang sering menyerang remaja puber atau orang yang sedang menstruasi atau stres sehingga terjadi perubahan hormon. Ciri-ciri jerawat klasik adalah tonjolan berwarna merah muda yang muncul karena tersumbatnya pori-pori kulit akibat infeksi bakteri yang bernama propionibacterium. Bakteri ini menghuni pada saluran kelenjar sebaceous yang mengalami penyumbatan atau pada daerah asam lemak pada kantung kelenjar minyak didalam pori kulit.

Komedo
Komedo adalah pori-pori yang tersumbat yang disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi dari kelenjar minyak berlebihan yang terjadi pada kulit. Komedo seringkali muncul pada area sekitar hidung dan dagu. Kemunculan komedo bagi sebagian orang akan terasa mengganggu penampilan fisik karena wajah terlihat kurang segar. Komedo terdiri atas dua jenis yaitu whitehead dan blackhead.

Ciri-ciri blackhead komedo berbentuk seperti pori-pori yang membesar dengan titik yang berwana kehitam-hitaman. Warna hitam yang muncul diakibatkan oksidasi diudara sehingga blackhead komedo disebut juga sebagai komedo terbuka.

Ciri-ciri whitehead komedo yaitu berada di balik lapisan kulit ari yang tersumbat akibat kotoran dan lemak. Tampilan fisik jenis komedo ini adalah benjolan-benjolan kecil di bawah kulit. Whitehead komedo disebut juga sebagai komedo tertutup karena berada di dalam. Untuk menghilangkan whitehead komedo lebih sukar dibandingkan blackhead komedo.

Jerawat Batu
Jerawat batu merupakan jerawat yang sering meninggalkan bekas bopeng atau kulit menjadi cekung. Jerawat batu merupakan jerawat besar yang berkumpul di wajah dengan efek peradangan dan menimbulkan rasa sakit. Biasanya jerawat batu muncuk karena faktor keturunan atau genetis. Orang yang memiliki faktor genetis atau keturunan untuk berjerawat batu biasanya memiliki kelenjar minyak yang berlebihan, pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal, dan mempunyai respon yang berlebihan terhadap peradangan kulit sehingga meninggalkan noda bekas jerawat.

Baca juga : Faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah.

Sangat penting bagi kita untuk memahami karakteristik dari macam-macam jerawat supaya kita dapat menjaga kesehatan dan kecantikan wajah dengan lebih baik.