Keluhan-keluhan Ibu Hamil Yang Harus Diwaspadai

Keluhan-keluhan Ibu Hamil yang harus diwaspadai – Perempuan yang sedang hamil sering kali mengeluh yang terkadang merepotkan dirinya sendiri maupun keluarga sekitar. Keluhan pada saat kehamilan terjadi karena pada masa kehamilan banyak sekali perubahan yang dialami oleh seorang wanita. Perubahan tersebut sebenarnya merupakan proses adaptasi dari tubuh untuk menyesuaikan diri dengan adanya janin di dalam kandungan, meskipun demikian akibat perubahan-perubahan itu banyak keluhan dan gangguan baik secara fisik maupun psikologis dari wanita itu sendiri.

Meskipun setiap wanita hamil memiliki keluhan yang berbeda-beda tergantung dari kondisi kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungannya. Namun ada beberapa keluhan umum yang seringkali dirasakan oleh ibu hamil.

Keluhan-Keluhan Ibu Hamil

keluhan-ibu-hamil-morning-sickness-ct1

Ilustrasi Keluhan Ibu Hamil Morning Sickness (© Shutterstock)

Beberapa keluhan ibu hamil yaitu :

Mual dan muntah pagi hari (Morning sickness)

Meskipun tidak semua wanita hamil mengalami morning sickness tetapi tidak jarang juga wanita mengeluhkan ini ketika dirinya sedang hamil bahkan morning sickness juga kerap kali dijadikan tanda umum adanya janin di dalam perut seorang wanita.

Morning sickness sebenarnya adalah istilah untuk perasaan mual dan muntah terutama pada pagi hari dan dialami pada masa trimester pertama kehamilan. Meskipun belum dapat dipastikan dengan pasti apa penyebab dari munculnya morning sickness ini tetapi ada beberapa hal yang diduga menjadi penyebab timbulnya rasa mual dan muntah pada pagi hari ini.

Perubahan hormonal yang terjadi pada masa kehamilan memicu peningkatan aktivitas dari hormon kehamilan. Meningkatnya aktivitas hormon progesteron dan munculnya hormon HCG (Human Choroinic Gonadotrophin) diduga menjadi penyebab terjadinya morning sickness. Aktivitas dari hormon progesteron ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada wanita hamil sehingga fungsi saluran pencernaan tidak berjalan dengan lancar sehingga menyebabkan rasa mual sedangkan pelepasan hormon HCG pada aliran darah dapat memicu timbulnya rasa mual dan muntah. Biasanya untuk mengatasi morning sickness ini wanita hamil menyiasatinya dengan memakan biskuit pada pagi hari sesudah bangun tidur.

Baca juga :
Makanan sehat untuk ibu hamil
Cara mengatasi mual saat hamil

Keluhan kehamilan yang juga sering dialami adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil, sehingga harus bolak-balik ke kamar mandi. Kesulitan mengontrol buang air kecil ini disebut juga dengan istilah inkontinensia.

Penyebab dari sering buang air kecil saat hamil adalah karena volume darah dalam tubuh mengalami peningkatan akibatnya, cairan yang harus disaring oleh ginjal menjadi lebih banyak sehingga produksi urine yang dihasilkan juga banyak. selain itu, ukuran rahim yang semakin membesar akan mendesak kandung kemih yang letaknya dibawah rahim sehingga daya tampung kandung kemih menjadi kecil jadi harus sering dikosongkan.

Susah Buang Air Besar (Sembelit)

Sulit BAB atau sembelit adalah kelainan sistem pencernaan sehingga feses sulit untuk dikeluarkan. Susah BAB pada ibu hamil terjadi karena peningkatan hormon progesteron. Fungsi hormon progesteron sendiri berfungsi untuk mengedurkan otot-otot pada rahim sang ibu. Namun hormon progesteron juga terkadang mengendurkan otot pada dinding usus sehingga terjadi pengerasan pada feses sehingga mengakibatkan sembelit. Tentu saja susah BAB yang terus-menerus bisa menyebabkan wasir dan kenyamanan Ibu hamil pun menjadi terganggu.

Cara mengatasi susah buang air besar (BAB) pada ibu hamil yaitu dengan memperbanyak asupan air. Selain itu makanan berserat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran pun jangan dilupakan. Anda juga bisa melakukan olahraga khusus ibu hamil untuk mencegah sembelit menjadi lebih parah.

Sakit Kepala dan migrain

Sakit kepala dan migrain menjadi salah satu keluhan-kelihan yang dirasakan oleh ibu hamil. Penyebab Sakit kepala ibu hamil bisa disebabkan oleh kelelahan dan perubahan hormon.

Untuk itu beristirahatlah yang cukup dan jangan terlalu memaksakan diri melakukan aktivitas yang menuntut energi ekstra. Melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti membaca atau mendengarkan musik klasik bisa untuk membuat pikiran anda menjadi rileks. Ibu hamil hendaknya tidak bergerak secara cepat dan tiba-tiba karena bisa menyebabkan pusing.

Perubahan Warna Kulit

Sebagian ibu hamil merasakan terjadi perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Selain itu terdapat garis coklat yang muncul dari pusar hingga ke bawah yang disebut linea negra atau garis hitam. Wajah ibu hamil juga terkadang berubah warna menjadi kecoklatan yang disebut chloasma atau melasma atau topeng kehamilan (pregrancy mask).

Hal ini karena perubahan hormon mempengaruhi melanosit. Stretch mark yang terjadi pada perut, paha, dan payudara juga terjadi karena ukuran tubuh ibu hamil yang mengalami pembesaran. Sayangnya keluhan ini tidak bisa dicegah. Wajah ibu hamil lebih berminyak dan muncul jerawat daripada biasanya karena perubahan hormon yang terjadi pada saat kehamilan. Untuk meminimalisir dampak tersebut, ibu hamil harus menjaga kebersihan kulit agar tetap sehat.

Sakit Punggung

Sakit punggung pada masa kehamilan merupakan keluhan yang sering dialami oleh wanita hamil. Menurut penelitian sebanyak tiga perempat wanita hamil mengalami keluhan sakit punggung, jadi anda tidak usah khawatir karena itu adala hal normal yang terjadi. Adanya pertumbuhan janin di dalam rahim, menyebabkan rahim menjadi semakin besar dan memberikan pengaruh pada melemahnya otot-otot perut, mengubah postur serta memberikan tekanan pada punggung anda. selain itu perubahan hormon kehamilna dapat menyebabkan kelongaran yang terjadi pada sendi dan ligamen pada tulang panggul anda ke tulang belakang, hal tersebut dapat membuat anda merasa kurang stabil dan menyebabkan rasa sakit terutama pada bagian punggung.

Cepat Lelah

Perubahan hormon pada saat kehamilan mempengaruhi banyak aspek sehingga terjadi rasa lelah yang diakibatkan karena organ-organ seperti jantung, ginjal, dan paru-paru bekerja ekstra karena harus mendukung kehidupan janin.

Bertambahnya berat badan juga menjadi beban ekstra tersendiri pada ibu hamil, sehingga dalam melakukan aktivitas sehari-harinya, ibu hamil cenderung cepat lelah. Kelelahan ini perlu dihindari karena akan mempengaruhi aspek fisik dan emosional yang akan mengakibatkan rasa tertekan pada ibu hamil.

Untuk itu asupan nutri untuk ibu hamil seperti protein, vitamin, karbohidrat, dan mineral yang cukup sangat diperlukan untuk menopang aktivitas kesehariannya.

Sesak nafas

Sering mengalami sesak nafas saat hamil juga hal umum yang sering dialami oleh sebagian besar wanita hamil. Lagi-lagi penyebab dari gangguan pernafasan yang satu ini adalah perubahan hormon yang terjadi saat masa kehamilan.

Pada masa kehamilan hormon estrogen dan progesteron akan meningkat sehingga selaput hidung membengkak dan mengering dan jika anda dalam kondisi flu maka itu dapat menyebabkan sesak, pertumbuhan bayi yang mulai membesar di dalam rahim anda juga dapat menjadi penyebab sesak nafas. Janin yang mulai membesar akan mulai menempati ruang yang lebih luas dan mendorong diafragma akibatnya, kapasitas paru-paru untuk menyimpan udara lebih kecil.

Insomnia

Keluhan kehamilan yang terakhir adalah sering mengalami masalah gangguan tidur (insomnia). Hampir semua wanita yang sedang hamil pasti mengalami keluhan susah tidur. Gangguan tidur pada masa kehamilan ini dapat dikatakan sebagai dampak akhir dari berbagai keluhan saat kehamilan yang dirasakan.

Perubahan fisik dan hormon menimbulkan rasa tidak nyaman dalam diri wanita yang sedang hamil. Perut yang mulai membesar akan menyebabkan posisi tidur yang anda gunakan tidak nyaman sehingga anda akan merasa sulit untuk tidur.

Keluhan kehamilan lainnya yang sering menjadi penyebab anda sulit tidur adalah frekuensi buang air besar yang meningkat, pada saat hamil ginjal akan bekerja lebih keras sehingga menghasilkan urine yang lebih banyak dari pada biasanya selain itu, posisi janin yang menekan kandung kemih menyebabkan frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering dari pada biasanya.

Mengalami mimpi buruk selama kehamilan juga kerap kali terjadi pada wanita yang sedang hamil akibat dari adanya gangguan emosional sehingga akan mempengaruhi kualitas tidur anda.

Baca juga :
Cara menjaga kehamilan trimester pertama
Cara menjaga kehamilan trimester ketiga

Dari keluhan-keluhan ibu hamil yang harus diwaspadai diatas tentunya salah satu atau beberapa keluhan pernah anda rasakan saat masa kehamilan. Yang paling penting untuk mengatasi keluhan-keluhan tersebut adalah kondisi kesehatan baik secara fisik maupun mental harus tetap terjaga dengan baik. Bersyukur atas nikmat karunia Tuhan sehingga Anda diberi kesempatan memiliki seorang anak dapat meningkatkan optimisme ibu hami melalui masa-masa kehamilan yang penuh perjuangan. Demikian artikel kehamilan tentang keluhan yang dirasakan saat hamil, semoga bermanfaat.




Artikel ini memuat topik:
keluhan ibu hamil ; hamil ; ibu hamil ; keluhan saat hamil ; keluhan hamil tua ; feses berwarna hitam saat hamil ; keluhan ; rasa sakit yang sering dialami ibu hamil ;