Kandungan Buah Mengkudu dan Nutrisi Didalamnya

Kandungan Buah Mengkudu yang penting bagi kesehatan tubuh. Tanaman Mengkudu biasanya ada di dataran rendah dengan ketinggian mencapai 1500 mdpl. Pohon ini memiliki tinggi dari 3-8 meter dengan bunga bongkol yang berwarna putih. Buah mengkudu termasuk dalam buah majemuk dengan warna hijau bintik-bintik ketika masih muda dan akan berubah warnanya menjadi putih dan bintik-bintik hitam ketika sudah masak.

Sejak zaman dahulu mengkudu digunakan sebagai obat herbal tradisional. Setiap daerah di Indonesia memanfaatkan buah mengkudu untuk kesehatan dengan cara yang berbeda-beda, bahkan di negara lain pun lain lagi dalam menggunakan buah mengkudu tersebut.

Adapun kandungan buah mengkudu adalah zat anti kanker, zat anti bakteri, senyawa terpenoid, asam arkobat, xereonine, scopeletin dan nutrisi yang lengkap yang berguna dalam tubuh manusia. Dari setiap kandungan yang ada pada buah mengkudu memiliki khasiat yang berbeda-beda. Selanjutnya akan kita bahas khasiat mengkudu yang bagus untuk kesehatan.

Kandungan Buah Mengkudu

Kandungan Buah Mengkudu

Berikut beberapa manfaat atau khasiat buang mengkudu bagi kesehatan :

1. Mineral

Dalam mengkudu terdapat zat nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh manusia diantaranya adalah mineral penting protein dan vitamin. Salah satu mineral yang terdapat dalam mengkudu adalah selenium yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain dari itu, di dalam mengkudu juga terdapat beberapa jenis senyawa, diantaranya adalah magnesium, trace elemens, antra quinines, arginine, sosium, xeronine, plant sterois, lycine dan masih banyak lagi senyawa lainnya.

2. Terpenoid

Zat terpenoid sangat membantu dalam proses pemulihan sel-sel tubuh dan sintesis organik. Selain itu berfungsi sebagai zat anti bakteri yang sangat efektif dalam mematikan bakteri yang di sebabkan infeksi. Di dalam terpenoid terdapat beberapa zat, antara lain bacillus subtilis, protens morganii, pseudomonas aeruginosa, escherichia dan staphylococcus.

3. Scolopetin

Senyawa scolopetin berfungsi sebagai anti alergi dan anti peradangan yang sangat efektif.

4. Zat Anti Kanker

Dalam zat anti kanker pada buah mengkudu berfungsi untuk melawan sel-sel abnormal dengan efektif.

Dengan meninjau beberapa zat dan senyawa yang ada pada mengkudu dan manfaat yang ada di dalamnya, maka khasiat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh manusia, diantaranya adalah :

  1. Zat scopoletin berguna untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang sudah mulai menyempit dan juga dapat berguna untuk memperlancar dalam peredaran darah. Selain itu zat ini memiliki sifat anti alergi dan dapat berfungsi sebagai pembunuh beberapa bakteri.
  2. Zat antibakteri bermanfaat dalam tubuh untuk mematikan bakteri yang disebabkan karena infeksi.
  3. Sebagai obat pencegah kanker yang efektif dengan menggunakan zat anti kanker yang ada pada buah mengkudu.
  4. Berguna dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  5. Dapat mengatasi alergi dan peradangan.
  6. Bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit.
  7. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  8. Berfungsi sebagai obat batuk herbal tradisional.
  9. Dapat menyembuhkan penyakit perut.
  10. Bermanfaat untuk mengobati penyakit kuning.
  11. Dapat diolah sebagai bahan pembuatan obat sakit influenza, demam dan masuk angin.
  12. Dapat mengatasi kulit yang bersisik.

Untuk mendapatkan khasiat buah mengkudu seperti disebutkan diatas, bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Untuk menyembuhkan batuk
    Buah mengkudu direbus dengan air sampai mendidih. Setelah itu saring hasil rebusan dan airnya bisa langsung di minum.
  • Untuk obat sakit perut
    Menggunakan daun mengkudu yang telah di bersihkan dan di haluskan. Seduh dengan air hangat dan tambahi sedikit garam kemudian saring dan bisa langsung untuk di minum.

Semoga informasi kandungan buah mengkudu untuk kesehatan tubuh dapat bermanfaat. Baca juga artikel uraian sehat lainnya agar wawasan kesehatan anda menjadi bertambah.