Kandungan ASI Ekslusif Sangat Dibutuhkan Oleh Bayi

Kandungan ASI Ekslusif Sangat Diperlukan oleh Bayi. ASI Ekslusif penting untuk tumbuh kembang bayi secara optimal. Berdasarkan hasil Penelitan membuktikan bahwa Bayi yang diberi ASI Ekslusif memiliki tingkat intelegensi yang lebih tinggi daripada yang tidak diberi ASI oleh ibunya.

Sebagian ibu masih ragu memberikan ASI Ekslusif pada buah hatinya. Pekerjaan dan rutinitas dikantor seringkali bikin ibu cepat lelah dan enggan memberikan ASI perah. Padahal ASI perah merupakan solusi alternatif untuk memenuhi kebutuhan ASI untuk bayi. Nah untuk memotivasi para ibu, uraian sehat akan membahas kandungan asi ekslusif dengan harapan agar ibu peduli memberikan ASI Ekslusif kepada bayi demi kesehatan dan kecerdasannya.

Kandungan ASI Ekslusif

Apa pentingnya ASI Ekslusif? ASI sangat penting karena kandungan gizi yang dimilikinya sangat dibutuhkan oleh bayi. Berikut ini merupakan kandungan ASI Ekslusif yang sangat penting bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak.

kandungan-asi-ekslusif

a. Protein

Meskipun kandungan protein ASI itu rendah, namun jenis asam amino yang membentuk protein ini sangat penting. Salah satu jenis asam amino yaitu Taurin. Berdasarkan hasil penelitian, Taurin bermanfaat untuk kecerdasan otak dan mata.

Anda dapat melakukan pengamatan sederhana ketika memasukkan cairan ASI perah kedalam kulkas, dimana akan terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian yang cair dan bagian yang menggumpal. Kandungan protein kasein adalah gumpalan putih, sementara bagian cair adalah air dadih.

Susu Sapi sulit dicerna oleh organ pencernaan bayi. Adapun ASI ekslusif mudah dicerna oleh buah hati anda.

b. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang terdapat dalam ASI. Karbohidrat bersumber dari Laktosa dan berperan untuk pertumbuhan bayi dan membuat bayi merasa kenyang.

Ibu tidak perlu khawatir bayi akan kelaparan dengan hanya diberikan oleh ASI, karena dalam ASI terdapat karbohidrat.

c. Lemak

ASI lebih mudah dicerna daripada susu sapi. ASI lebih mudah dicerna karena lemak yang ada dalam ASI dilengkapi enzim lipase yang mampu memecah lemak kedalam gelembung kecil sehingga nutrisi dapat mudah diserap oleh tubuh bayi.

Lemak adalah sumber energi untuk bayi, termasuk bayi prematur. Bayi prematur membutuhkan ASI Ekslusif sebagai sumber energi karena sistem pencernaannya masih lemah.

Kandungan lemak ASI berubah seiring waktu. Pada umumnya kandungan lemak rendah terjadi pada saat awal menyusui dan kandungan lemak tinggi terjadi saat akhir menyusui. Biasanya bayi bersemangat untuk mendapatkan foremilk rendah lemak lalu berlama-lama di cairan penutup tinggi lemak pada akhir menyusu. Sehingga bayi yang sering mendapatkan ASI akan lebih banyak memperoleh kalori.

Ada jenis lemak spesial yang terdapat dalam ASI untuk kecerdasan otak. Pada sebagian bayi baru lahir, sarafnya ditutupi oleh zat myelin yang berfungsi mengirimkan pesan ke syaraf otak dan seluruh organ tubuh. Untuk meningkatkan kualitas myelin, bayi memerlukan asam linoleat yang terdapat dalam Air Susu Ibu.

d. Vitamin

Vitamin ASI seringkali menjadi bahan pertanyaan ibu. ASI mengandung beberapa vitamin, yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Manfaat vitamin A untuk bayi yaitu untuk kesehatan mata, mendukung pembelahan sel, imunitas, dan pertumbuhan bayi. Vitamin B berperan untuk perkembangan sistem syaraf. vitamin C bermanfaat untuk penyerapan zat besi dan imunitas tubuh. Vitamin D bermanfaat untuk mencegah penyakit tulang. Meskipun vitamin D ini sangat sedikit dalam ASI, anda tak perlu khawatir karena dengan menjemur bayi pada pagi hari sudah cukup mendapatkan vitamin D alami dari sinar matahari. Vitamin E berfungsi untuk ketahanan dinding sel darah merah dan mencegah anemia hemolitik. Nah, vitamin K berfungsi mencegah pendarahan karena vitamin K ini berperan dalam faktor pembekuan. Yang perlu diperhatikan oleh Anda adalah besar kecilnya kandungan vitamin ASI dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumi oleh ibu. Oleh sebab itu, ibu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi sehingga bisa menghasilkan ASI berkualitas baik.

e. Mineral

Berbeda halnya dengan vitamin, kandungan mineral ASI relatif tidak terlalu dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi ibu. Mineral ASI lebih berkualitas dan mudah diserap oleh bayi daripada mineral yang terdapat dalam susu formula.

Kandungan mineral yang terdapat dalam ASI antara lain kalsium, fosfor, dan zat besi. Kalsium bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Fosfor bermanfaat untuk tulang, gigi, melancarkan buang air kecil, dan kesehatan otak. Adapun manfaat zat besi yaitu mencegah anemia dan menjaga kekebalan tubuh bayi.

Baca juga : Cara merawat bayi yang baru lahir

Demikian informasi kandungan ASI ekslusif lengkap. Semoga menjadikan anda lebih termotivasi untuk memberikan ASI ekslusif pada bayi anda.




Artikel ini memuat topik:
kandungan asi ; kandungan asi eksklusif ;