Jenis Penyakit Kelainan Pada Tulang

Jenis penyakit kelainan pada tulang – Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat memiliki peran penting. Fungsi tulang itu sendiri bagi tubuh adalah untuk memberi bentuk tubuh dan sebagai alat gerak pasif. Selain itu tulang memiliki fungsi sebagai pelindung organ vital misalnya melindungi otak. Tulang memiliki banyak persendian karena tulang berfungsi sebagai alat gerak.

Jenis Penyakit Kelainan Pada Tulang

kelainan-tulang-skoliosis

Kelainan Tulang Skoliosis

Kelainan atau gangguan pada tulang dapat terjadi karena berbagai hal. Aalah satunya adalah patah tulang yang disebabkan oleh kecelakaan. Ada juga kelainan tulang yang terjadi akibat infeksi, gangguan persendian, kesalahan sikap, dan gangguan fisiologis.

Berikut ini ada beberapa jenis penyakit kelainan pada tulang :

1. Penyakit yang merusak rangka tulang

a. Osteoporosis
Penyakit osteoporosis adalah gangguan pada kesehatan tulang yang disebabkan oleh kurangannya zat kapur (kalsium) di dalam tubuh. Penyakit ini menyebabkan tulang mudah patah ataupun retak. Biasanya penyakit ini menyerang kaum wanita yang berusia lanjut.

Untuk mencegah penyakit osteoporosis, dianjurkan untuk memakan makanan yang baik untuk tulang seperti makanan yang mengandung vitamin D dan juga kalsium. Bahan makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium terdapat pada susu dan ikan.

b. Polio
Penderita pada polio akan mengalami kelumpuhan yang menyebabkan tulang mengecil, penyakit ini dapat dicegah dengan memberikan vaksin polio pada saat masih berusia di bawah lima tahun.

c. Rematik
Penyakit rematik adalah penyakit yang menyebabkan nyeri pada persendian. Penyakit ini biasanya menyerang pada pergelangan tangan, kaki, maupun siku.

d. TBC Tulang
Kuman tuberculosis (TBC) dapat juga menyerang tulang, sehingga tulang akan menjadi lemah hingga bernanah yang menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

2. Sikap tubuh

Sikap tubuh yang salah mengakibatkan dampak yang buruk terhadap bentuk rangka tulang. Ada rangka yang mudah mengalami gangguan yaitu tulang belakang atau tulang punggung. Berikut ini gangguan yang ada pada tulang belakang :

a. Lordosis, tulang punggung yang terlalu bengkok ke depan.
b. Kifosis, tulang punggung yang terlalu bengkok ke belakang.
c. Skoliosis, tulang punggung yang terlalu bengkok ke kanan atau ke kiri.

3. Kelainan atau gangguan pada tulang akibat dari kecelakaan

a. Fraktur (patah tulang), terputusnya kontinuitas tulang yang ditentukan sesuai jenis dan luas retak atau patah pada tulang yang utuh.
b. Urai sendi, terlepasnya ujung-ujung tulang dari sendi

4. Infeksi

Gangguan pada tulang yang diakibatkan oleh infeksi yaitu :
a. Artritis eksudatif. Akibat peradangan pada selaput sendi.
b. Artritis sika. Akibat kekurangan minyak synovial (pelumas sendi)
c. Sakit sendi yang disebabkan oleh infeksi yang menghasilkan nanah akibat serangan dari penyakit kelamin syphilis maupun gonorea.
d. Sendi yang terasa kaku yang diakibatkan oleh beberapa penyakit yang kronis.
e. Penyakit polio pada anak-anak yang disebabkan oleh virus akan menyebabkan abnormal pada tulang dan tulang mengecil.

Itulah beberapa jenis penyakit kelainan tulang yang patut anda waspadai. Baca juga: Penyebab pengapuran sendi




Artikel ini memuat topik:
kelainan pada tulang ; kelainan tulang ; gangguan pada tulang ; penyakit tulang ; kelainan kelainan pada tulang ; penyakit kelainan tulang ; penyakit kelainan pada tulang ; kelainan dan penyakit pada tulang ;