Ibuprofen: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Ibuprofen adalah jenis obat yang termasuk kedalam kelompok anti peradangan non-steroid (nonsteroidal anti-inflammatory drug). Manfaat ibuprofen yaitu dapat meredakan demam, nyeri, dan peradangan (inflamasi). Contoh penyakit yang dapat diatasi dengan obat ini antara lain artritis, nyeri otot, migrain, nyeri haid, sakit gigi, keseleo, nyeri pasca operasi, demam, dan pegal karena flu.

Cara kerja Ibuprofen yaitu dengan menghentikan enzim Sikloosigenase yang berimbas pada terhambatnya sintesis Prostaglandin. Prostaglandin adalah zat yang bekerja pada ujung syaraf yang sakit.

ibuprofen

ibuprofen (Image Wikipedia)

Yang perlu diketahui adalah ibuprofen hanya mengurangi gejala dan bukan menyembuhkan sumber penyebab penyakitnya. Obat ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa. Bentuknya dapat berupa tablet, kapsul, dan cairan.

Obat ini diproduksi oleh sejumlah merk yang mana penggunaannya sesuai resep anjuran dari dokter.

Dosis

Dosis penggunaan ibuprofen tergantung pada seberapa parah level nyeri atau rasa sakit yang dialami oleh pasien. Jangan melebihi dosis maksimal untuk orang dewasa yakni 2.400 mg selama 24 jam. Berikut dosis penggunaan ibuprofen.

  • Usia 3-6 bulan. Dosis 50 mg (2.5 ml). Frekuensi 3x.
  • Usia 6-12 bulan. Dosis 50 mg (2.5 ml). Frekuensi 3-4x.
  • Usia 1-4 tahun. Dosis 100 mg (5 ml). Frekuensi 3x.
  • Usia 4-7 tahun. Dosis 150 mg (7.5 ml). Frekuensi 3x.
  • Usia 7-10 tahun. Dosis 200 mg (10 ml). Frekuensi 3x.
  • Usia 10-12 tahun. DOsis 300 mg (15 ml). Frekuensi 3x.
  • Usia >12 tahun. Dosis 200-400 gram. Frekuensi 3-4x.

Sebelum mengkonsumsinya anda perlu membaca aturan pakai atau dosis yang ada pada label kemasan.

Ibuprofen dianjurkan diminum setelah makan. Jika anda lupa minum obat sesuai jadwal, segera minum obatnya jika jadwal dosis selanjutnya masih lama. Jangan pernah men-double-kan dosis yang diminum dengan tujuan mengganti dosis yang terlewat.

Efek Samping

Setiap obat ada potensi efek samping, begitu juga dengan obat ini. Efek samping ibuprofen adalah sebagai berikut:

Demikian informasi terkait obat ibuprofen. Apa manfaatnya, bagaimana cara kerjanya, dosis dan efek sampingnya. Semoga bermanfaat.




Artikel ini memuat topik:
manfaat ibuprofen ; obat ibuprofen ; fungsi ibuprofen ; kegunaan ibuprofen ; khasiat ibuprofen 400 mg ; ibuprofen adalah ; ibuprofen 200 mg obat apa ; ibuprofen obat apa ;