Gejala Tipes Pada Anak

Tipes yang terjadi pada anak merupakan salah satu jenis penyakit yang harus diwaspadai. Gejala Tipes pada anak hampir mirip dengan demam berdarah sehinga terkadang membuat ibu menjadi waswas. Untuk itu, perlu diketahui gejala apa saja yang menandai bahwa buah hati anda terkena Tipes. Sebab jika penanganannya terlambat bisa berakibat fatal. Gejala penyakit Tipes pada anak yang paling umum dirasakan adalah panas tinggi yang cenderung mengalami peningkatan.

Anak-anak mempunyai resiko lebih tinggi terhadap penyakit typhus, karena penyakit ini bisa ditularkan melalui makanan yang dikonsumsi. Gejala Tipes pada anak disebabkan oleh bakteri yang hinggap melalui usus. Hal ini disebabkan anak-anak umumnya suka jajan di luar rumah, dimana kebersihannya kurang terjamin. Dari sinilah bakteri penyebab Tipes bisa mudah masuk.

Gejala Tipes Pada Anak

Tipes (typhus) merupakan penyakit yang harus diwaspadai. Apa gejala tipes pada anak? mari kita simak tanda-tanda penyakit tipes pada anak berikut ini :

gejala-tipes-pada-anak

1. Demam

Demam ialah gejala Tipes pada anak yang paling umum dialami. Suhu tubuh pada anak akan terus meningkat terlebih ketika malam hari, bahkan suhu tubuh bisa berada pada angka 40 derajat Celcius. Demam ini, biasanya disertai dengan pusing hingga menjadikan badan sangat lemas. Dan demam akibat Tipes yang dialami anak-anak akan terus mengalami peningkatan juga penurunan. Tidak jarang juga demam sampai membuatnya pingsan.

2. Sakit Perut, Mual Hingga Muntah

Tipes juga ditandai dengan sakit perut. Jika sang anak mempunyai riwayat menderita maag, maka pada bagian ulu hati akan terasa sakit atau pada perut bagian sebelah kiri. Gejala Tipus pada anak tersebut bisa dirasakan karena usus 12 jari tengah terinfeksi bakteri Salmonella Typhi.

Selain itu, gejala Tipes pada anak juga bisa ditunjukkan melalui berbagai masalah pencernaan, seperti diare dan sembelit. Anda perlu waspada jika anak mulai merasakan mual hingga muntah, sebab ini bisa jadi menandakan bahwa bakteri berkembang sampai ke organ hati serta limpa. Mual yang dirasa diakibatkan oleh lambung yang merasa tertekan karena terdapat pembengkakan pada limpa juga hati.

3. Lidah Berwarna Putih

Gejala Tipes pada anak ditandai dengan adanya perubahan warna di lidah, yaitu menjadi putih, namun pada ujung lidah berwarna merah. Kemudian, jika penderita menjulurkan lidahnya akan terlihat adanya getaran di lidah.

4. Denyut Nadi Menjadi Lambat

Jika pada umumnya terjadi peningkatan denyut jantung kala suhu tubuh juga meningkat dan panas, berbeda halnya pada penderita Tipes. Saat menderita Tipes, anak akan mengalami penurunan pada denyut nadi (melambat). Gejala Tipes pada anak ini diakibatkan adanya racun dari kuman pada Tipes.

5. Pola BAB Mengalami Perubahan

Karena adanya bakteri jahat di usus mengakibatkan pola buang air besar tidak beraturan. Misalnya saja, beberapa saat mengalami diare kemudian justru sama sekali tidak buang air besar. Atau sesekali diare dan bergantian dengan kesulitan dalam BAB.

6. Bau Mulut

Selain lidah putih, gejala sakit Tipus pada anak juga ditandai dengan bau mulut yang tidak enak.

Gejala tipes pada anak harus diwaspadai oleh para ibu. Penanganan harus cepat anda lakukan. Ketahui gejala-gejala tipes yang terjadi pada anak diatas dan segeralah membawa anak anda pada dokter. Semoga info kesehatan ini bermanfaat bagi pembaca.




Artikel ini memuat topik:
lidah anak saat tipes ; lidah anak yang terkena tipes ;