Gejala Penyakit Diabetes Yang Perlu Diwaspadai

Apa itu diabetes? Penyakit diabetes atau diabetes melitus atau kencing manis adalah kelainan sistem insulin karena kelebihan kadar glukosa darah. Akibat gaya hidup tidak sehat, banyak masyarakat menderita diabetes. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui gejala penyakit diabetes.

Ada dua jenis diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Kedua tipe tersebut disebabkan oleh kelebihan glukosa dalam darah. Yang menjadi perbedaan jenis diabetes tersebut adalah penyebab, gejala, dan cara mencegah penyakit diabetes.

Penyakit diabetes tipe 1 disebabkan oleh faktor keturunan, ganggungan imunitas, gaya hidup tidak sehat. Diabetes tipe 2 banyak terjadi pada orang dewasa yang kondisi tubuhnya tidak cukup mampu memproduksi insulin sehingga kadar gula darah tinggi.

diabetes

Sayangnya gejala diabetes tipe 2 lebih sulit diketahui sebelum ada hasil diagnosis dokter. Untuk mengetahui apakah tubuh kita terkena penyakit diabetes atau tidak, pembaca bisa melihat tanda-tanda atau gejala diabetes tipe 2 dibawah ini.

Gejala Penyakit Diabetes

1. Sering buang air kecil

Penderita diabetes sering merasa ingin buang air kecil atau beser meskipun tidak minum terlalu banyak. Jika anda mengalami hal ini, konsultasi segera ke dokter untuk mengetahui masalah kesehatan anda.

2. Berat badan turun

Sebagian orang ingin menurunkan berat badan. Namun berat badan turun karena disebabkan oleh penyakit diabetes tentu membuat anda tidak tenang. Penurunan berat badan terjadi karena tubuh tidak lagi mampu menyerap glukosa dengan baik.

3. Nafsu makan tinggi

Bertambahnya nafsu makan menjadi tanda-tanda penyakit diabetes. Bertambahnya nafsu makan terjadi karena terdapat gangguan metabolisme sehingga nutrisi dari setiap makanan yang kita konsumsi tidak terserap dalam tubuh.

4. Gangguan fungsi saraf

Banyak penderita diabet mengalami gejala berupa mati rasa, terutama pada jari lengan dan kaki. Mati rasa terjadi karena peningkatan kadar gula darah yang membuat saraf menjadi rusak.

5. Problem kulit

Penyakit diabetes dapat mempengaruhi sirkulasi darah dan kelenjar keringat. Disfungsi yang terjadi dapat menyebabkan kulit bersisik, gatal, kering, maupun iritasi. Selain itu warna kulit menjadi lebih gelap dibagian sekitar leher akibat insulin yang menghasilkan banyak pigmen.

6. Cepat lelah

Penderita diabetes sering beser sehingga waktu tidur menjadi terganggu. Sehingga esok harinya tubuh merasa mudah lelah dalam menjalani aktivitas dan mudah emosi.

7. Cepat haus

Karena sering buang air kecil maka kondisi cairan tubuh pun berkurang sehingga penderita diabetes mudah cepat kehausan. Tentu saja bagi anda yang memiliki diabet harus segera minum agar tidak mengalami dehidrasi.

8. Proses pemulihan luka lambat

Penderita diabetes memiliki proses pemulihan luka yang lebih lambat karena kelebihan kadar gula darah yang menyebabkan sistem kekebalan turun melemah.

9. Sakit gusi

Dari pengalaman penderita diabetes umumnya merasakan rentan bermasalah dengan gusi seperti gusi menjadi merah dan gusi bengkak. Dalam kasus khusus malah ada penderita yang merasa terjadi penyusutan pada gusi.

10. Keputihan

Menurunnya sistem imun pada wanita penderita diabetes menyebabkan rentan terserang jamur dan bakteri. Beberapa penyakit kewanitaan seperti keputihan akibat infeksi jamur patut anda waspadai.

Demikian informasi gejala penyakit diabetes, semoga bermanfaat bagi pembaca.