Gejala Penyakit Cacingan dan Ciri-cirinya

Gejala penyakit cacingan dan ciri-cirinya – Penyakit cacingan pada umumnya menyerang anak-anak namun juga dapat menyerang orang dewasa. Anak-anak lebih rentan untuk terkena penyakit cacingan dikarenakan mereka masih belum memahami bagaimana cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Apalagi saat mereka sedang bermain, mereka akan lebih asik bermain tanpa mempedulikan kebersihan. Resiko anak kecil terserang penyakit ini semakin besar jika sang anak tidak menyadari akan kebersihan apalagi jika di tambah sang orang tua juga menyepelekan kebersihan anaknya. Orang dewasa sudah paham akan kebersihan sehingga jumlah orang dewasa yang terkena penyakit cacingan ini minim atau lebih kecil dari jumlah anak-anak yang terkena penyakit cacingan. Oleh karena itu peran orang tua sangat diperlukan untuk mengurangi resiko meningkatnya penyakit cacingan ini.

penyakit-cacingan

Ilustrasi Penyakit Cacingan

Ada empat jenis cacing yang biasanya terdapat dalam tubuh manusia yaitu Cacing Gelang (Ascaris Lumbricoides), Cacing kremi Enterobius vermicularis), Cacing tambang (Ancylostoma duodenale dan Necator americanus), Cacing cambuk (trichinella spiralis), dan Cacing pita (Taenia saginata dan Taenia solium).

Gejala Penyakit Cacingan

Kebanyakan orang tua juga tidak mengetahui anaknya menderita penyakit cacing ini. Oleh karena itu, orang tua harus tahu apa saja yang menjadi gejala dan ciri-ciri penyakit cacingan itu sendiri.

Ciri-ciri orang cacingan yang dapat anda lihat secara umum adalah wajah terlihat tampak pucat, kurang semangat atau gairah, badan terasa lesu, perut tampak buncit sedangkan tubuhnya sendiri kurus. Nafsu makan bertambah atau tetap namun berat badan tidak mengalami peningkatan. Gangguan lambung akan sering terjadi, seperti diare, sering buang air besar (BAB) dan juga perut mules. Penderita penyakit cacingan akan sering mengalami batuk dan juga sering menggaruk-garuk bagian anus. Bayi yang terkena penyakit ini akan sering gelisah dan menangis pada malam hari.

Penyakit cacingan mempunyai beberapa jenis dari cacing yang menginfeksinya. Gejalanya pun berbeda-beda. Untuk penyakit cacingan kremi, gejalanya adalah di bagian vulva atau anus akan terasa gatal, ketika malam hari rasa gatal ini akan semakin parah karena cacing kremi akan keluar pada malam hari untuk menaruh telur. Cacing kremi biasanya menaruh telur di dekat anus. Bagi anda yang mengalami penyakit cacingan, yakni cacing gelang harus sangat di waspadai karena cacing ini tidak memiliki gejala dan cacing gelang ini mampu berpindah pindah dari organ yang satu ke yang lainnya. Dan untuk penyakit cacingan berupa cacing pita, anda akan merasakan sakit di perut.

Orang yang terkena penyakit cacingan akan sulit untuk dapat dideteksi. Oleh karena itu untuk melakukan pencegahan dari masalah ini maka anda harus rajin dan teratur mengonsumsi obat cacingan. Anda dapat meminum obat cacingan 6 bulan sekali. Jika anda mengetahui bahwa anda terkena penyakit cacingan sebaiknya segeralah ke dokter agar cepat di tangani. Untuk obat penyakit cacing sendiri terdapat 2 jenis. Yang pertama adalah obat pyrantel pamoat, obat ini digunakan untuk mengobati cacingan yang jenisnya belum diketahui. Yang kedua adalah obat mebendazole, obat ini juga digunakan untuk mengobati penyakit cacingan yang jenisnya belum diketahui. Adapun untuk dosis sesuai takaran yang telah diberikan dalam label obat tersebut atau bilamana perlu sesuai dengan petunjuk dokter.

Jika Anda atau keluarga Anda memiliki penyakit cacingan ini maka semua anggota keluarga yang lain juga arus ikut mengonsumsi obat penyakit cacingan tersebut. Hal ini untuk mencegah anggota keluarga yang lain tertular penyakit cacingan ini. Karena dalam satu lingkungan yang digunakan secara bersama-sama itu sangat mudah penyakit cacingan menular ke anggota keluarga yang lain. Demikian artikel uraian sehat mengenai gejala penyakit cacingan dan ciri-cirinya yang wajib anda ketahui sehingga keluarga anda akan terhindar dari penyakit ini. Semoga melalui artikel kesehatan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi pembaca. Salam sehat.