Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

Fungsi lemak bagi tubuh manusia penting untuk diketahui. Lemak berfungsi sebagai sumber energi utama selain protein dan karbohidrat yang dibutuhkan bagi tubuh manusia. Lemak berasal dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Jenis dan Fungsi Lemak

Lemak memiliki sifat zat organic hidrofobik sehingga akan sulit untuk bisa larut di dalam air. Apabila kandungan lemak dalam makanan yang dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh seperti perut buncit. Di dalam lemak terdiri dari oksigen, fosfor, karbon, hidrogen dan nitrogen. Dari komposisi unsur yang membentuknya, lemak dibagi kedalam 3 golongan yaitu :

  1. Lemak sederhana. Yaitu lemak yang berasal dari trigliserida seperti minyak dan lilin.
  2. Lemak campuran. Lemak yang terdiri dari senyawa bukan lemak dan lemak seperti fosfolipid, fosfatifikolin dan lipoprotein.
  3. Lemak asli. Lemak asli di bagi menjadi 2 yaitu asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh.

Dari kandungan yang terdapat dalam lemak akan memberikan banyak sekali fungsi lemak bagi tubuh manusia, diantaranya yaitu :

  1. Dapat melindungi tubuh dari perubahan suhu terlebih lagi terhadap suhu dingin sangat membantu dalam tubuh manusia.
  2. Dapat membantu dalam proses pelarutan vitamin di dalam tubuh.
  3. Merupakan salah satu sumber energi yang bisa digunakan dalam aktifitas keseharian manusia.
  4. Dapat berguna untuk alat pengangkut vitamin yang ikut terlarut dalam lemak sehingga tidak semua vitamin tercampur dengan lemak.
  5. Berguna sebagai alat perlindungan organ tubuh yang vital seperti lambung dan jantung.
  6. Dapat bermanfaat sebagai penahan dari kondisi lapar.
  7. Lemak sebagai sumber utama dalam proses pembentukan energi sehingga protein dalam tubuh bisa lebih hemat.
  8. Dapat berfungsi dalam proses penyusunan membrane sel dalam tubuh.
  9. Bermanfaat sebagai bahan dalam penyusunan vitamin dan hormon.
  10. Dapat berfungsi sebagai bahan dalam proses penyusunan hormon seks, asam kholat dan empedu.

Sumber Lemak

makanan-lemak

Dalam praktek kesehariannya, setiap manusia berbeda akan kebutuhan lemak di dalam tubuh. Sesuai dengan usia dan berat badan manusia, namun dalam setiap hari manusia normal sangat membutuhkan lemak sebanyak setengah sampai satu gram setiap satu kilogram dari berat badan manusia.

Agar lemak dalam tubuh tercukupi maka perlu mendapatkan asupan makanan yang mengandung sumber lemak sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Sumber makanan yang mengandung lemak dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Sumber lemak nabati seperti alpukat, kacang kenari, tumbuhan laut, minyak kelapa, kacang kedelai.
  2. Sumber lemak hewani seperti susu, telur, daging dan ikan laut.

Diatas telah kita ketahui apa itu fungsi lemak bagi tubuh manusia. Jadi jangan antipati terhadap makanan yang mengandung lemak karena ternyata tubuh kita memerlukan lemak dalam jumlah tertentu. Baca juga uraian sehat tentang fungsi vitamin yang penting untuk kesehatan.




Artikel ini memuat topik:
fungsi lemak ; fungsi lemak bagi tubuh ; fungsi lemak dalam tubuh ; kegunaan lemak ; manfaat lemak ; fungsi dari lemak ; fungsi lemak bagi tubuh manusia ; apa fungsi lemak ;

Tags: