Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

Fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia sangat diperlukan dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Karbohidrat merupakan sumber kekuatan atas tubuh karena zat karbohidrat adalah zat yang dapat meningkatkan atau memberi energi bagi tubuh selain lemak dan protein. Dan senyawa tersebut akan kita dapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat setiap hari.

Apabila kita melihat fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia, maka sudah dapat dipastikan bahwa jika fungsi utama karbohidrat diketahui secara baik maka setiap orang akan memperhatikan asupan karbohidrat setiap hari yang diperoleh melalui makanan.

Fungsi Karbohidrat

sumber-karbohidrat

Apa fungsi karbohidrat ? Fungsi utama karbohidrat seperti yang telah kita bahas diatas adalah sebagai sumber energi. Namun masih terdapat banyak fungsi dari karbohidrat lainnya yaitu :

a. Menjaga Metabolisme Tubuh

Kegunaan karbohidrat bagi tubuh manusia yaitu peranannya dalam menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, atau menjadi penyeimbang asam dan basa pada tubuh kita. Selain itu juga dapat untuk memperbaiki jaringan-jaringan sel/organ tubuh atau regenerasi.

b. Proses Oksidasi Lemak

Karbohidrat berfungsi sebagai pencegahan akan terjadinya ketidaksempurnaan proses oksidasi pada lemak.

c. Pengisi Ulang Energi

Fungsi utama karbohidrat bagi tubuh manusia adalah sebagai isi ulang energi dalam tubuh. Dalam setiap 1 gram karbohidrat akan menghasilkan 4 kalori yang akan menjadi energi positif dalam tubuh kita.

d. Melancarkan pencernaan

Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat juga diketahui memiliki serat yang cukup. Fungsi serat adalah membantu proses sistem pencernaan menjadi lancar dan sehat.

e. Pemanis Alami

Dengan kandungan disakarida dan monosakarida pada karbohidrat akan menjadikan sebagai pemanis alami, karena pada dasarnya sifat karbohidrat adalah manis.

f. Mengoptimalkan kinerja protein

Peran karbohidrat penting dalam mengoptimalkan kinerja protein atau sebagai pengantinya. Karena jika tubuh kekurangan karbohidrat maka protein yang akan menggantikan perannya menjadi energi dalam tubuh untuk menunjang aktivitas kehidupan sehari-harinya.

g. Memberi Efek Kenyang

Dengan kandungan selulosanya, karbohidrat dapat memberikan efek kenyang.

h. Mencegah Ketosis

Keistimewaan dari karbohidrat juga dapat mencegah terjadinya ketosis. Apa itu Ketosis ? Ketosis adalah suatu kondisi dimana karbohidrat tidak lagi dapat berfungsi untuk mensuplai energi dan sudah digantikan peranannya oleh protein dalam mensuplai energi.

Makanan Sumber karbohidrat

Untuk memperoleh manfaat karbohidrat diatas, maka kebutuhan asupan karbohidrat mesti diperhatikan melalui makanan. Nah, dibawah ini terdapat beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat yaitu :

a. Ubi

Ubi merupakan makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat karena dalam ubi terkandung beberapa zat-zat seperti zat besi, beta karoten, serat, vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C.

b. Beras Merah

Dalam beras merah terdapat kandungan senyawa seperti zat besi, serat, magnesium dan vitamin B kompleks.

c. Singkong

Golongan dari umbi akar ini memiliki nutrisi yang seimbang seperti beras merah.

d. Kentang

Kentang memiliki kandungan nutrisi yang dapat mengenyangkan secara cepat dan juga memiliki kandungan potasium yang dapat membangkitkan energi.

e. Jagung

Jagung merupakan makanan pokok pengganti beras yang berguna sebagai pembangkit energi dan dalam kandunganya juga terdapat senyawa yang baik untuk tubuh seperti zat asam folat.

Selain makanan sumber karbohidrat diatas, masih banyak lagi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, diantaranya adalah gandum, pisang dan lain sebagainya.

Itulah kegunaan karbohidrat untuk kesehatan. Semoga informasi uraian sehat mengenai apa yang menjadi fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia dapat bermanfaat bagi pembaca.




Artikel ini memuat topik:
fungsi karbohidrat ; fungsi karbohidrat bagi tubuh ; kegunaan karbohidrat ; fungsi dari karbohidrat ; fungsi karbohidrat dalam tubuh ; Apa fungsi karbohidrat ; Fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia ; fungsi karbohidrat adalah ;