Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Wajah

Faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah ada bermacam-macam. Salah satu penyebab timbulnya jerawat yang sering terjadi karena kotoran yang menyumbat pori-pori wajah dan apabila jerawat tersebut dikeluarkan secara paksa oleh tangan akan menyebabkan infeksi dan akan menimbulkan bekas dikemudian hari. Setiap orang yang memiliki bentuk jerawat yang berbeda-beda satu sama lain. Ada yang berbentuk bulat kecil ada pula yang berbentuk seperti bisul besar. Berbagai bentuk jerawat yang muncul kesemuanya tergantung dari peradangan yang terjadi pada pori pori wajah. Jerawat dapat mempengaruhi kondisi psikis bagi setiap orang yang mengidapnya. Orang yang jerawatan biasanya cenderung minder dan tidak percaya diri. Apalagi bagi orang yang mempunyai mental yang lemah, pasti dia akan (mungkin) mengalami stres dan frustasi. Tak jarang, mereka akan menaruh perasaan negatif terhadap orang yang berpapasan dengannya dan melihat wajahnya yang penuh jerawat.

jerawat-dahi-pipi-ct2

Jerawat Di Dahi Dan Pipi (┬ęShutterstock)

Sebenarnya, jerawat memang bisa diobati, namun, jika sudah terlanjur banyak, akan terasa susah sekali untuk menghilangkannya secara total. Oleh karena itu, alangkah baiknya mencegah wajah kita dari jerawat. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Lantas apa faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah Anda ? Simak uraian sehat dibawah ini.

  1. Memakan makanan yang mengandung lemak dan kalori yang tinggi.
    Mengkomsumsi makanan yang berkalori dan lemak yang tinggi mudah menyebabkan jerawatan. Contoh makanan yang mengandung kalori dan lemak yang tinggi adalah lemak (gajih), kuning telur ayam, makanan yang digoreng, kacang kacangan dan masih banyak lagi.
  2. Sering menyentuh wajah dengan tangan kotor
    Menyentuh kulit wajah dengan tangan kotor bisa menyebabkan jerawatan. Alasannya, karena kulit wajah sangat sensitif. Apalagi jika tangan kita kotor, tentunya bakteri yang ada di tangan kita dapatberpindah pada wajai kita. Oleh sebab itu, bersihkan dulu tangan anda sebelum menyentuh kulit wajah anda.
  3. Kosmetik
    Penyebab jerawat selanjutnya adalah kosmetik. Kosmetik memiliki banyak zat yang mungkin tidak cocok untuk kulit wajah anda. Parahnya, jika menggungakan kosmetik yang tidak cocok untuk wajah anda, selain menyebabkan jerawat, hal ini juga dapat menyebabkan komedo dan kulit kemerahan. Oleh sebab itu, jika ingin menggunakan kosmetik, pilihlah kosmetik dengan bijak atau dengan saran dokter.
  4. Stres
    Stres juga dapat menyebabkan jerawat. Ini dikarenakan, pada saat stres kandungan androgen dari tubuh akan meningkat. Androgen atau testoid adalah hormon steroid yang merangsang atau mengendalikan perkembangan dan pemeliharaan karakteristik pria dengan mengikat reseptor androgen yang juga merupakan aktivitas organ seksual dan pertumbuhan karakteristik seksual sekunder pria.
  5. Merokok
    Tidak hanya menyebabkan penyakit kanker dan paru paru, merokok juga dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Asap rokok yang terkena pada wajah dapat menyebabkan komedo yang berujung pada jerawat
  6. Faktor keturunan
    Umumnya, jerawat dapat menjangkit wajah kita karena faktor genetika atau keturunan.biasanya, jika seseorang memiliki orang tua yang jerawatan, maka kemungkinan besar Ia akan ikut jerawatan saat menginjak usia remaja.
  7. Perubahan hormon
    Akibat perubahan aktivitas hormon bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Remaja yang sedang puber, wanita yang sedang menstruasi, konsumsi pil KB.
  8. Debu dan Polusi udara
    Bagi sahabat Uraian Sehat yang tinggal di kota-kota besar harus rutin membersihkan wajah karena debu dan polusi bisa menyebabkan jerawat apabila wajah Anda tidak atau jarang dibersihkan.
  9. Rambut kotor
    Rambut yang kotor dan berminyak bisa menimbulkan jerawat pada wajah kesayangan Anda. Membersihkan rambut itu perlu dilakukan secara rutin minimal dengan shampo sehingga meminimalisir potensi penyebab jerawat. Rambut yang kotor dan berminyak apabila menempel pada wajah yang kotor dan berminyak bisa menjadi penyebab jerawat.

Baca juga uraian sehat lainnya : Macam-macam Jerawat

Dari paparan diatas banyak sekali faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Dari hal yang sepele pun ternyata bisa menjadi penyebab jerawatan yang mengganggu kepercayaan diri seseorang.




Artikel ini memuat topik:
penyebab timbulnya jerawat pada pria ; penyebab timbulnya jerawat ; penyebab tumbuhnya jerawat ; apakah asap rokok dapat menyebabkan jerawat ; apasih faktor timbul nya peyebab jerawat ; faktor faktor timbulnya jerawat ; faktor penyebab timbulnya jerawat ; faktor yang mempengaruhi jerawat ;