Efek Samping Obat Tidur Jika Dikonsumsi Jangka Panjang

Efek samping obat tidur jika dikonsumsi jangka panjang – Bagi para penderita insomnia haruslah berhati-hati dalam penggunaan obat tidur. Penderita insomnia terkadang memilih mengkonsumsi obat alternatif untuk sekedar tidur lebih nyenyak. Memang setelah mengkonsumsi obat tidur, penderita insomnia atau penyakit susah tidur akan dapat tidur lebih nyenyak dan nyaman. Akan tetapi jika terlalu banyak mengkonsumsinya apalagi untuk jangka panjang, ini dapat menyebabkan adanya efek samping obat tidur yang tidak baik untuk kesehatan tubuh pada si penderita. Seperti dalam sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi obat tidur dalam jangka panjang akan dapat berakibat buruk terhadap si pengguna bahkan dapat menyebabkan kematian.

obat-tidur-ct

Ilustrasi Cepat Lelap Dengan Obat Tidur (┬ędoctoroz)

Penelitian yang di lakukan para ahli dari California juga menemukan kasus orang yang mengkonsumsi obat tidur 18 pil dalam setahun itu sama saja akan beresiko mengalami kematian 3,6 kali lebih tinggi bila di bandingkan orang yang tidak mengkonsumsi pil tidur sama sekali. Bila mengkonsumsi pil tidur 18 sampai 123 dalam satu tahun, resiko kematian akan meningkat 5 kali lipat. Untuk mengetahui lebih lanjut efek samping obat tidur jika dikonsumsi jangka panjang, nah berikut ini beberapa penjelasannya.

Dampak Negatif Obat Tidur

Bagi anda penderita insomnia yang terlalu sering mengkonsumsi obat tidur dalam keseharianya untuk memulaskan tidur dan mengkonsumsi dalam jangka panjang, biasanya akan ada gejala-gejala dan itu merupakan efek samping yang di timbulkan dari obat tidur atau pil yang biasa anda konsumsi.

Gejala yang akan timbul yaitu :

1. Mulut akan terasa kering.
2. Akan merasakan kantuk yang lebih pada keesokan harinya.
3. Akan mudah bingung.
4. Akan jadi pelupa.
5. Sakit kepala atau pusing
6. Otot akan terasa nyeri-nyeri.
7. Perut akan terasa sembelit
8. Dan akan mengalami insomnia lanjutan.

Obat atau pil tidur akan menyandu
Akan lebih parahnya lagi obat atau pil yang di konsumsi akan membuat anda kecanduan dan anda akan ketergantungan dengan obat tersebut. Dan situasi ini akan membuat anda ribet dan tidak baik untuk kesehatan si penderita.

Gejala lain yang dapat di timbulkan
Gejala lain yang dapat terjadi jika penderita mengkonsumsi obat tidur kemudian anda berhenti mengkonsumsi dengan tiba-tiba, biasanya akan menimbulkan mual, berkeringat, dan tubuh akan gemetaran.

Obat lain
Dengan mengkonsumsi obat lain seperti obat penenang, pereda rasa sakit dan anti depresan, juga akan dapat menyebabkan candu dan ketergantungan yang dapat memperburuk kesehatan tubuh si penderita insomnia. Dan jika kondisi ini menjadi lebih buruk sebaiknya dengan segeralah hubungi dokter, untuk mengetahui masalah yang terjadi pada kesehatan tubuh penderita insomnia tersebut.

Baca juga:
Efek samping minum teh hijau setiap hari
Efek samping minum kopi

Itulah efek samping obat tidur jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Untuk itu, disarankan agar mencari solusi menangani insomnia dengan cara-cara yang alami agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh secara keseluruhan. Semoga informasi tersebut di atas bisa bermanfaat.(Uraian Sehat)




Artikel ini memuat topik:
efek obat tidur ; efek samping obat tidur ; efek samping obat penenang ; efek samping minum ohat racikan untuk tidur ; terlalu sering minum obat tidur ; bahaya monum obat tidur ; bolehkah obat tidur dikomsumsi tiap hari ; Efek obat tdur ;