Efek Samping Minum Teh Hijau Setiap Hari Secara Berlebihan

Efek samping minum teh hijau setiap hari secara berlebihan mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Dari semenjak jaman dahulu teh menjadi salah satu tumbuhan yang banyak dibudidayakan di berbagai Negara di dunia. Karana teh merupakan tumbuhan yang dapat di olah menjadi minuman untuk kesehatan. Selain dari itu teh juga memiliki beberapa jenis dan salah satu dari jenis tersebut adalah teh hijau. Dinamakan teh hijau karena bila di seduh akan berwarna hijau, dan berbeda dengan teh lain yang bila di seduh akan berwarna merah kecoklatan.

teh-hijau

Teh Hijau

Dengan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, teh menjadi salah satu minuman yang banyak di cari. Akan tetapi jika terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi teh hijau akan dapat menimbulkan dampak negatif teh hijau bagi kesehatan tubuh. Untuk mengetahui secara lebih dalam mengenai efek samping yang dapat di timbulkan bila kita mengkonsumsi teh hijau ini, simaklah beberapa efek samping minum teh hijau di bawah ini.

Dampak Negatif Minum Teh Hijau Secara Berlebihan

1. Dapat menaikkan asam lambung
Bagi penderita asam lambung sebaiknya anda harus dapat mengatur pola minum teh hijau dengan baik dan jangan terlalu sering dan banyak mengkonsumsinya. Lebih bagusnya hindarilah minum teh hijau, karena teh hijau banyak memiliki kandungan tannin. Tannin adalah zat yang dapat memicu lambung untuk lebih banyak memproduksi asam lambung. Akan tetapi jika anda tidak memiliki gejala penyakit asam lambung, minuman teh hijau akan aman bila mengkonsumsinya.

2. Dapat mengganggu ginjal
Bagi anda yang sedang mengkonsumsi obat atau sedang dalam penanganan medis, janganlah anda mengkonsumsi obat bersamaan dengan minum teh hijau. Hal ini dikarenakan akan dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih berat dan bisa saja akan menyebabkan masalah pada ginjal anda. Sehingga bukannya penyakit yang sedang anda derita akan sembuh, malah dapat memperparah bila anda minum obat bersamaan dengan teh hijau.

3. Dapat mengganggu sekresi hormon
Jika anda secara berlebihan mengkonsumsi teh hijau, maka akan dapat mengganggu sekresi hormon dalam tubuh. Oleh sebab itu maka janganlah terlalu banyak dalam mengkonsumsi teh hijau dan minimal 2 cangkir dalam setiap harinya.

4. Dapat mengganggu penyerapan zat besi
Selain itu juga dengan terlalu banyak dan berlebihan dalam mengkonsumsi teh hijau ini akan dapat memperburuk kemampuan darah dalam menyerap nutrisi dan zat besi untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Baca juga :
Efek samping minum kopi

5. Dapat menyebabkan insomnia
Efek samping minum teh hijau hampir sama seperti dengan kopi, karena kaya akan kandungan kafein yang ada di dalamnya. Kandungan kafein yang terdapat dalam teh hijau dan juga kopi memiliki kadar yang sangat tinggi dan sangat berbahaya bagi anda yang memiliki pantangan terhadap kafein, yang dapat menyebabkan terkenanya insomnia.

Selain itu juga dengan berlebihan mengkonsumsi teh hijau bagi ibu hamil tidak baik karena dapat mengganggu kesehatan janin. Semoga informasi Uraian Sehat tentang efek samping minum teh hijau di atas dapat memberikan manfaat penggemar teh.




Artikel ini memuat topik:
efek samping minum teh hijau ; efek samping teh hijau ; efek samping teh hijau tong tji ; efek samping minum teh hijau setiap hari ; efek teh hijau ; efek minum teh hijau ; bahaya teh hijau ; efek dari teh hijau ;