Efek Samping Minum Kopi Jika Dikonsumsi Berlebihan

Efek samping minum kopi jika dikonsumsi secara berlebihan – Kopi merupakan salah satu minuman favorit umat manusia, terlebih lagi saat ini minuman kopi sudah mengalami inovasi dimana kini banyak sekali dijumpai varian minuman kopi dengan berbagai macam rasa yang dimilikinya seperti rasa mocca, rasa susu, dan lain-lain. Jadi tak heran jumlah penggemar minum kopi bertambah dari tahun ke tahun. Banyak yang beranggapan apabila minum kopi akan membuat tubuh lebih fresh dalam menjalankan aktifitas keseharian dan membuat rasa kantuk jadi hilang. Namun perlu juga diketahui bahwa ada dampak negatif minum kopi yang dapat mengganggu tubuh manusia bilamana dikonsumsi secara berlebihan seperti dapat menyebabkan susah buang air besar atau constipation, dapat menyebabkan gigi menjadi kuning dan karang gigi.

kopi

kopi

Selain dari dampak negatif tersebut di atas masih ada beberapa efek samping minum kopi jika dikonsumsi secara berlebihan antara lain adalah :

1. Dapat meningkatkan asam lambung.

Walaupun banyak memiliki manfaat, kopi juga dapat membuat seseorang meningkat kegelisahanya. Dosis yang terkandung pada kopi yang terlalu banyak juga tidak bisa diterima oleh semua orang. Bahkan dengan tingkat keasaman yang tinggi, kopi dapat menyebabkan asam lambung meningkat.

2. Dapat menyebabkan gangguan mata.

Dengan kandungan kafein yang tinggi, kopi juga dapat mengganggu kesehatan mata kita atau disebut dengan exfoliation glaucoma. Jika anda mengkonsumsi minuman kopi dalam sehari sampai tiga kali, dapat meningkatkan gangguan pada glaucoma.

Seperti yang di ungkapkan oleh Jae Hee Kang, bagi anda yang memiliki riwayat glaukma sebaiknya anda menghindari minum kopi. Perlu anda ketahui bahwa pada seseorang yang memiliki riwayat keluarga glukoma, mereka dapat beresiko terjangkitnya penyakit glaucoma. Oleh karena itu harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi kopi. Harus di kurangi atau lebih baiknya menghindar dari minuman kopi. Gejala yang akan terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan pada mata atau glaucoma adalah penekanan pada bola mata yang dapat menyebabkan kerusakan syaraf-syaraf pada mata. Dan dapat menyebabkan buta secara permanen. Apalagi jika anda mengkonsumsi minuman kopi secara berlebihan.

3. Akan meningkatkan detak jantung.

Dengan memiliki kandungan kafein yang tinggi, kopi dapat mempengaruhi system kordiovaskular seperti peningkatan tekanan darah dan peningkatan detak jantung. Dan efek samping minum kopi ini akan terjadi jika anda terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi kopi. Selain itu juga menurut penelitian, dengan mengkonsumsi kopi secara berlebihan pada ibu hamil juga dapat meningkatkan resiko keguguran.

Baca juga:
Efek samping minum teh hijau

Akan tetapi tidak semua orang akan mengalami dampak negatif kopi seperti yang disebutkan di atas. Bagaimanapun sesuatu yang berlebihan itu tidak baik dalam kesehatan. Semoga informasi Uraian Sehat di atas bisa menambah referensi anda mengenai efek samping minum kopi jika dikonsumsi berlebihan.