Dapatkah Usia Muda Terkena Penyakit Stroke?

Umumnya penyakit stroke menghampiri orang dewasa dan lansia. Dapatkah usia muda terkena penyakit stroke? Apa saja gejala stroke untuk penderita yang masih muda? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kejadian penyakit stroke menghampiri usia muda adalah mungkin. Dengan demikian usia muda dapat terkena penyakit stroke. Pada zaman sekarang, penderita penyakit stroke usia muda cenderung bertambah dari waktu ke waktu. Penambahan ini seiring dengan meningkatnya penyakit hipertensi, diabetes, obesitas, dan kolesterol tinggi (dislipidemia). Penyakit-penyakit tersebut adalah faktor utama resiko penyebab penyakit stroke.

Selain itu, kelainan arteriovenous malformasi juga dapat menyebabkan stroke. Apa itu arteriovenous malformasi? arteriovenous malformasi adalah suatu kelainan pembuluh darah di otak yang mengakibatkan terjadinya berbagai mikroaneurisma (seperti penggelembungan pembuluh darah dan menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih tipis, menggelembung, dan rentan pecah) pada pembuluh darah otak. Pecahnya aneurisma menyebabkan pendarahan yang berakhir pada stroke.

Dapatkah Usia Muda Terkena Penyakit Stroke

Dapatkah Usia Muda Terkena Penyakit Stroke? (Gambar istock)

Beberapa gejala penyakit stroke adalah BE FAST, singkatan dari:

  • Balance atau keseimbangannya mengalami gangguan.
  • Eyes atau ata mengalami gangguan penglihatan.
  • Facial drop atau lumpuh wajah sebagian.
  • Arm weakness atau kelemahan tungkai.
  • Speech difficulties atau kesulitan bicara atau bicara pelo.
  • Time atau waktu terjadi tiba-tiba atau mendadak.

Jika anda memiliki satu atau beberapa gejala stroke tersebut diatas maka segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat. Yang perlu ditekankan adalah stroke adalah terjadi secara tiba-tiba atau akut.

Jadi jika anda mengalami tanda-tanda tersebut diatas namun tidak terjadi secara tiba-tiba maka kemungkinan anda menderita kelainan syarat. Untuk itu, periksakan diri anda ke dokter ahli saraf (neurologist). Nanti dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mendiagnosis kemungkinan anda menderita kelainan syaraf atau tidaknya. Sebab pada dasaranya ada beberapa gejala yang mirip dengan penyakit stroke. Pemeriksaan seperti CT Scan pada umumnya membantu mendiagnosis gangguan saraf pada seseorang.

Kesimpulan untuk pertanyaan dapatkah usia muda terkena penyakit stroke? Jawabnya adalah dapat atau mungkin. Sebagaimana penjelasan diatas, usia muda tak menghalangi kemungkinan menderita penyakit stroke. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan anda dengan menghindari faktor penyebab penyakit stroke. (Uraian Sehat)