Ciri-Ciri Kanker Tulang

Ciri-ciri kanker tulang. Kanker tulang adalah tumor pada tulang yang dapat menyebabkan hancurnya tulang yang normal. Secara umum kanker tulang terbagi menjadi dua jenis yaitu kanker tulang sekunder dan kanker tulang primer. Pengertian dari kanker tulang sekunder adalah kanker tulang yang disebabkan oleh sel-sel kanker dari organ lain yang menyebar (metastatis) ke tulang seperti kanker paru-paru, kanker hati, kanker payudara, dan jenis kanker lainnya. Sedangkan kanker tulang primer adalah kanker tulang yang belum diketahui secara pasti penyebabnya, dan kasus kanker tulang primer ini masih jarang terjadi dibandingkan dengan kanker tulang sekunder.

Ciri-Ciri Kanker Tulang

kanker-tulang-osteosarcoma

Gambar Kanker Tulang Osteosarcoma (©Medindia)

Ciri-ciri kanker tulang terdiri dari beberapa fase penting yaitu :

1. Rasa sakit

Nyeri yang terjadi pada leher dan punggung merupakan ciri-ciri kanker tulang yang paling umum terjadi. Rasa sakit yang akan dirasakan secara terus menerus disertai dengan adanya gejala-gejala lainnya dan rasa nyeri pada tulang bagian belakang bisa saja akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Namun apabila peradangan maupun iritasi dalam jumlah kecil maka rasa sakit hanya terasa di bagian belakang saja. Dan jika kanker tersebut menekan saraf, rasa sakit akan berdifusi ke dahan yang terkait. Kanker tulang menyebabkan ketidaknyamanan pada tubuh.

2. Rasa lemah

Apabila kanker tulang menekan saraf penderita, maka penderita kanker ini akan mengalami kelemahan. Sebagian besar hal ini disebabkan oleh gangguan pada impuls dari tulang belakang. Jika terjadi peradangan besar di belakang, akan terjadi gangguan komunikasi antara otak dengan kaki. Akibatnya, penderita akan mengalami gangguan dalam berjalan, meraih sesuatu, berpegangan maupun membawa.

3. Kepekaan terhadap rangsangan berkurang

Kanker tulang belakang berpengaruh terhadap sensasi sentuhan atau rangsangan. Sumsum tulang belakang merupakan pusat saraf, apabila terjadi peradangan atau tekanan di daerah ini dapat mengakibatkan pengaruh sensasi atau pengaruh terhadap rangsangan. Objek mungkin tidak dapat merasakan dingin maupun panas saat disentuh.

4. Inkontinensia

Gejala atau ciri-ciri kanker tulang ini hampir sama dengan gejala pada kelemahan, karena adanya tekanan pada saraf tertentu dalam tulang belakang yang bertanggung jawab sebagai pengontrol kinerja kandung kemih dan juga usus. Jika terjadi gangguan pada impuls, maka orang tersebut akan kehilangan kontrol terhadap kantung kemih mereka dan juga usus mungkin juga dengan keduanya.

5. Kelumpuhan

Seiring dengan berkembangnya kanker tulang maka penderita kanker tulang dapat mengalami kelumpuhan. Kelumpuhan ini dapat terjadi sesuai dengan tingkat keparahan kanker tulang pada penderita. Apabila kanker tulang sudah menekan saraf tertentu dimungkinkan anggota tubuh yang sudah terserang akan mengalami kelumpuhan.

Pencegahan penyakit kanker tulang dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat yang baik dengan menghindari rokok baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif, menghindari minuman beralkohol, menghindari makanan yang mengandung banyak lemak. Jika anda mempunyai ciri-ciri kanker tulang di atas, segera periksakan ke dokter agar segera mendapatkan penanganan medis.




Artikel ini memuat topik:
kanker tulang ; cancer tulang ; kanker tulang belakang ;